Pembukaan Diklat di BKD Kabupaten Lamongan
Pembukaan Diklat di BKD Kabupaten Lamongan

Guna meningkatkan pengetahuan dan sikap petugas kesehatan dalam melaksanakan test HIV serta penerapan konseling/test HIV atas prakarsa petugas kesehatan maka Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan bekerjasama dengan Bagian Diklat BKD Lamongan melaksanakan Diklat PITC ( Provider Initiated Testing dan Counseling). Diklat dilaksanakan di ruang pertemuan “ Bina Krida Dyaksa” BKD Lamongan mulai tgl. 22 sd 27 Agustus 2016. Peserta berasal dari 12 Puskesmas dan 1 RSUD yaitu RSUD Ngimbang, dimana setiap instansi mengirimkan 3 peserta terdiri dari 1 org dokter, 1 orang perawat/bidan dan 1 orang tenaga laboratorium serta di tambah 1 orang pengelola HIV Dinas Kesehatan Kab. Lamongan, sehingga total peserta 40 orang. Diklat ini dirancang untuk tenaga kesehatan di layanan kesehatan primer dan sekunder untuk meningkatkan ketrampilan petugas dalam memprakarsai / menawarkan test dan konseling HIV.

Pengarahan Oleh Ibu drg. Fida Nuraida, M.Kes
Pengarahan Oleh Ibu drg. Fida Nuraida, M.Kes

Diklat PITC dilaksanakan dengan metode teori, penugasan/latihan kasus/diskusi kelompok dan praktek lapangan. Praktek Lapangan dilaksanakan di RSUD Ibnu Sina Gresik. Selama diklat peserta mendapatkan teori dan praktek tentang program pengendalian, manajemen, pengantar PITC, stadium klinis HIV, strategi testing HIV kebijakan PPIA, Kebijakan TB-HIV , system pencatatan dan pelaporan serta praktek expert trainer penawaran tes HIV.

Proses Diklat Praktek Lapangan
Proses Diklat Praktek Lapangan

Tindak lanjut dari diklat PITC ini diharapkan petugas yang sudah terlatih dapat melaksanakan metode PITC ini di tempat kerjanya sehingga dapat mendeteksi penderita HIV sedini mungkin sehingga mempercepat layanan perawatan, pengobatan dan tata laksana HIV.

Foto bersama peserta diklat usai acara Diklat PITC
Foto bersama usai acara Diklat PITC