SAMSUNG CAMERA PICTURES
SAMSUNG CAMERA PICTURES

“Dalam mempelajari strategi usaha yang terpenting adalah Anda harus melakukannya setelah menguasai ilmunya kalau hanya dipendam di otak ya tidak ada manfaatnya,” kata Syahrul Maulana Konsultan pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM ), Pelita UKM,  di hadapan puluhan pelaku UKM Lamongan di Aula Perpustakaan Umum Lamongan kemarin Sabtu, 13/8/2016.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Ya, hari itu Komunitas Perpuseru yang dimiliki Perpustakaan umum Lamongan memang sedang menghelat kegiatan seminar dan workshop strategi ber wirausaha bagi para wirausahawan kecil dan menengah di wilayah Kabupaten Lamongan. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya menjadikan perpustakaan tidak hanya menjadi tempat membaca namun lebih daripada hal itu, Perpustakaan harus bisa menjadi sarana masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya, salah satunya adalah pelatihan ini.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
SAMSUNG CAMERA PICTURES

 

Kegiatan yang menggandeng  Bank Jatim Tbk cabang Lamongan ini, menurut Ulwiyatur Rif’ah  dari Perpuseru Lamongan karena dirasa klop dengan visi perbankan yaitu menghidupkan dunia usaha. Selain bank Jatim perpuseru juga menggandeng Lily Bakery yang bergerak dalam bidang Roti dan Kue.

Beberapa peserta kelihatan antusias mengikuti  workshop yang nampak dari begitu dinamisnya kegiatan dengan begitu banyaknya interupsi pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta. Salah satu hal menarik yang ditanyakan oleh peserta adalah bagaimana kita mengelola uang yang dianggap sebagai keuntungan.

SAMSUNG CAMERA PICTURES
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Menurut Syahrul ,” apa yang disebut keuntungan adalah Pendapatan yang dianalogikan dalam sebuah ember yang harus ditumpahkan ke ember ember berikutnya secara berurutan yaitu ember Biaya rumah tangga, Ember modal, Ember biaya rutin usaha, Ember cadangan kelanggengan baru kalau semua bisa terisi itulah saatnya masuk ember terakhir yaitu Ember keuntungan.”

“ Nah, bila pendapatan belum memenuhi ember yang pertama tidak boleh digunakan untuk mengisi ember berikutnya,” tambahnya .

SAMSUNG CAMERA PICTURES
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Beberapa peserta sepertinya baru menyadari kiat kiat yang disampaikan oleh pemateri pagi itu. Selain itu  acara pagi itu juga mendatangkan pemateri dari unsur perbankan  yaitu Bapak Suharjanto Widhi Kepala Unit Microbanking Bank Jatim Lamongan, yang  memberikan tip tip segar dan keuntungan keuntungan menjadi  wirausahawan.  Yang tak kalah penting adalah pesan Pak Widhi bahwa bila sudah menjadi usahawan sukses jangan lupa bersedekah agar usahanya makin berkembang.

Di akhir acara para peserta pun berinisiatif saat itu juga saling menyumbang sebagai amal  perdana kegiatan pelatihan ini untuk disalurkan pada lembaga sosial terdekat. Sukses!

SAMSUNG CAMERA PICTURES
SAMSUNG CAMERA PICTURES