Pembukaan kegiatan pengobatan gratis dalam rangka hari kemerdekaan RI ke-71
Pembukaan kegiatan pengobatan gratis dalam rangka hari kemerdekaan RI ke-71

Acara bertajuk Pengobatan Massal dan Pemeriksaan Laboratorium ringan (meliputi pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan asam urat) Gratis dan pemberian bahan sembako kepada masyarakat miskin dalam Rangka HUT RI ke-71 tahun 2016, itu diselenggarakan di Balai Desa Lohgung, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

Proses pengobatan gratis
Proses pengobatan gratis

Acara ini merupakan salah satu kegiatan bakti social dalam rangka HUT RI ke 71 di kab.lamongan  kerjasama antara Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan , kecamatan brondong,Puskesmas Brondong.dan desa lohgung kec.brondong. Desa LOHGUNG adalah desa didaerah pesisir yang terletak di pojok barat laut kabupaten lamongan tersebut berbatasan langsung dengan Kabupaten Tuban, sehingga terkesan ‘terpencil’, untuk mengikis stigma ‘terpencil’ itu, Pemerintah Kabupaten Lamongan yang peduli akan pelayanan kesehatan seluruh msyarakat Lamongan , sehingga mengadakan kegiatan ini sebagai wujud perhatiannya terhadap masyarakat daerah terpencil.

Proses pengobatan gratis
Proses pengobatan gratis

Sambutan Camat Brondong, Bapak Sariyono SH, MM. Lebih lanjut beliau berpesan tentang : 1) program ODF (Open Defecation Free/Bebas Buang Air Sembarangan) yang dicanangkan dan menjadi target Bupati Lamongan Bapak Fadeli, bahwa ada bantuan untuk pembangunan jamban bagi keluarga tidak mampu yang masih belum mempunyai jamban 2) Membangun plesterisasi bagi rumah warga yang lantainya belum diplester ( masih tanah ) 3) Kecamatan Brondong Bebas Pasung penderita sakita jiwa , apabila ada yang dipasung masyarakat lohgung segera melaporkan ke Desa , Puskesmas , dan Kecamatan.

DSC_0121
Pemberian PMT untuk lansia

Sambutan dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan yang saat itu di wakili oleh bpk.Abd Qodir,S.Kep.Ns selaku kepala Seksi Yankesdaspen menegaskan bahwa Dinas Kesehatan sebagai bagian dari SKPD Pemkab Lamongan , Dinas Kesehatan sangat peduli dengan pelayanan kesehatan warga Lamongan, yang ditindak lanjuti dengan: 1) kegiatan pengobatan massal, pemeriksaan laboratorium ringan gratis dan pemberian bahan sembako kepada masyarakat miskin. Jenis kegiatan yang diberikan antara lain adalah pengobatan, pemeriksaan laboratorium ringan (meliputi asam urat, kolesterol, dan gula darah), pemberian bingkisan/santunan bahan sembako kepada masyarakat miskin sebanyak 10 orang, pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada ibu hamil dan balita masing-masing 5 sasaran. Kegiatan yang dihadiri sekitar 300 warga desa lohgung berlangsung lancar dan semarak , masyarakat sangat antusias dengan adanya kegiatan ini. 2) Mengingatkan kepada masyarakat desa lohgung apabila menderita sakit untuk datang ke fasilitas kesehatan yang tersedia diwilayah kecamatan Brondong. 3) Kegiatan ini tahun depan akan diupayakan untuk dilaksanakan kembali dengan jangkauan pelayanan yang lebih banyak.

IMG-20160823-WA0004
Pemberian PMT untuk lansia

Kepala Desa Lohgung Kecamatan Brondong menyampaikan atas nama masyarakat desa Lohgung pihak Pemerintahan Desa Lohgung mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian Pemerintah Kabupaten atas diberikannya Pelayanan Kesehatan Gratis yang diberikan kepada warga masyarakat Lohgung. Dan Pemerintahan Desa Lohgung akan berupaya untuk mendukung kegiatan Pemerintah Kabupaten Lamongan khususnya dibidang Kesehatan untuk menuju Lamongan Sehat. Serta membantu melaksanakan kegiatan pada bidang kesehatan sehingga tercapai derajat kesehatan yang lebih baik.

Kepala Puskesmas Brondong juga menyampaikan agar meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat lewat kegiatan Puskesmas Keliling , Posyandu dan Penyuluhan. Memberikan mutu pelayanan kesehatan yang lebih baik dan menyeluruh. Menghimbau kepada masyarakat untuk berperilaku hidup sehat. Dan meningkatkan kerjasama lintas program dan lintas sector dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat diwilayah kecamatan Brondong.