Sosialiasi Ibu drg.Fida Nuraida, M.Kes & Ibu Bupati
Sosialiasi Ibu drg.Fida Nuraida, M.Kes & Ibu Bupati

Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar  manusia, sehingga perlu senantiasa diusahakan agar setiap penduduk makin menyadari pentingnya kesehatan bagi dirinya dan lingkungannya, serta makin mampu untuk berperilaku hidup sehat. Untuk mencapai hal tersebut memerlukan usaha perbaikan dan peningkatan gizi masyarakat merupakan salah satu faktor yang menentukan kualitas hidup dan produktifitas.

Kekurangan gizi pada usia dini terutama masa – masa keemasan (Golden Age Periode) dapat menimbulkan gangguan serius pada proses tumbuh kembang anak, yang dimanifestasikan dalam bentuk gangguan fisik, mental dan intelektual, sehingga berakibat pada kualitas sumber daya manusia.

Upaya untuk mengatasi masalah pertumbuhan balita secara nasional telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka menengah Nasional 2015 – 2019 dengan disusunnya Rencana Aksi Pembinaan Gizi Masyarakat 2015 – 2019 yang mempunyai tujuan utama, yaitu meningkatkan kesadaran gizi keluarga dalam upaya meningkatkan status gizi masyarakat terutama ibu hamil, bayi dan balita serta usia produktif.

Pemberian Makanan Tambahan (PMT)
Pemberian Makanan Tambahan (PMT)

Salah satu sasaran RPJMN adalah penurunan prevalensi balita gizi kurang menjadi setinggi-tingginya 15 % dan menurunkan prevalensi balita gizi pendek menjadi setinggi-tingginya 32 % dan Prevalensi Balita Gizi Buruk sebesar 3,6 %. Prevalensi Balita Gizi Buruk Kabupaten Lamongan Tahun 2015 sebesar 1,47 % dibanding target 3,6 %.Peningkatan prevalensi gangguan gizi pada balita umumnya terjadi pada usia 6 bulan ke atas. Hal ini diperkuat dengan praktek pemberian Makanan Tambahan Pendamping ASI (MP – ASI) yang belum tepat pemberiannya.

Pemberian MP –ASI yang kurang tepat berdasarkan jumlah, jenis serta jadwal maupun proses persiapan makanan yang kurang higienis / tidak aman akan mengakibatkan banyak bayi dan anak – anak mudah terserang penyakit infeksi  (terutama diare) yang menyebabkan status gizi bayi dan anak – anak menurun, bahkan dapat menyebabkan kematian.Umumnya, anak yang mempunyai masalah gizi, nafsu makannya rendah, sehingga akan lebih mempersulit penanganan dan memperparah kondisinya.

Foto bersama Penerima PMT
Foto bersama Penerima PMT

Oleh karena itu pada tanggal 18 Agustus 2016 Dinas Kesehatan bekerja sama dengan TP-PKK Kabupaten Lamongan merumuskan kegiatan Peduli Gizi Balita ( PELITA LA ) agar masyarakat di Kabupaten Lamongan dapat mencapai status  derajat kesehatan yang maksimal. Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar  manusia, sehingga perlu senantiasa diusahakan agar setiap penduduk makin menyadari pentingnya kesehatan bagi dirinya dan lingkungannya, serta makin mampu untuk berperilaku hidup sehat. Untuk mencapai hal tersebut memerlukan usaha perbaikan dan peningkatan gizi masyarakat merupakan salah satu faktor yang menentukan kualitas hidup dan produktifitas.

Foto bersama Ahli Gizi Lamongan
Foto bersama Ahli Gizi Lamongan

Kegiatan tersebut meliputi Sosialisasi program PELITA LA Dinas Kesehatan bekerja sama dengan TP-PKK Kabupaten Lamongan, Praktek Masak oleh Kader Kesehatan / PKK bagi Ibu Balita, Pemberian Makanan Tambahan ( PMT ) Penunjang bagi Balita Gizi Kurang,Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Pemulihan bagi Balita Gizi Buruk dan Kegiatan Community Feeding Center (CFC) / Pos Pemulihan Gizi Desa.

Tujuan umum dari kegiatan ini adalah mencegah dan menurunkan Prevalensi Gizi Kurang dan Gizi Buruk di   Kabupaten Lamongan, dan tercapainya derajat gizi yang optimal untuk Balita di Kabupaten Lamongan.

Sedangkan tujuan khusus dari kegiatan ini adalah memberikan panduan kepada kader Kesehatan/ PKK dan Ibu Balita dalam memberikan MP-ASI balita, memberikan panduan praktis resep-resep makanan, tercapainya kesadaran dari masyarakat tentang pentingnya gizi untuk balita.

Pemberian buku pintar Gizi Pelita LA
Pemberian buku pintar Gizi Pelita LA
Pembacaan komitmen Pelita LA oleh Ibu Camat Kab.Lamongan beserta peserta
Pembacaan komitmen Pelita LA oleh Ibu Camat Kab.Lamongan beserta peserta
Penandatanganan komitmen oleh ketua TP-PKK & Kepala Puskesmas se-Kabupaten Lamogan
Penandatanganan komitmen oleh ketua TP-PKK & Kepala Puskesmas se-Kabupaten Lamogan
Penyematan Pin oleh Ibu Bupati Kab.Lamongan
Penyematan Pin oleh Ibu Bupati Kab.Lamongan