IMG_9029
Ibu drg.Fida Nuraida, M.Kes foto bersama Ibu Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lamongan

Di hari Kemerdekaan Indonesia ke-71 pada tanggal 19 Agustus tahun 2016 ini Kabupaten Lamongan mengadakan acara Lamongan Tempo Doeloe yang diadakan di Alun-alun Kota Lamongan, acara tersebut mengangkat tema tempo dulu, yakni tema dengan kegiatan ataupun pernak-pernik khas zaman dahulu. Berbagai macam pameran kebudayaan dan wisata – kuliner dari UKM, instansi pemerintah termasuk Dinas Kesehatan dan swasta, serta partisipasi dari komunitas di Kabupaten Lamongan, ikut memeriahkan jalannya acara.

IMG_9024
Ibu Bupati mencicipi makanan yang disediakan oleh Stand Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan

Stand-stand bernuansa tempo dulu, dinding dari anyaman bambu serta pernak – pernik seperti piring dan gelas terbuat dari gerabah, menambah nilai seni, keunikan, juga nuansa tempo dulu yang kental selama acara berlangsung. Terdapat pula jejeran kuliner khas yang siap untuk dimakan On The Spot. Mau serabih? Ada. Nogosari? Jemblem? Dan minuman beras kencur pun nggak ketinggalan untuk memanjakan lidah-lidah para pengunjung Lamongan Tempo Doeloe di stand Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan dan stand lainnya. Dan tentunya masih banyak kuliner tradisional lain yang sekarang ini mulai sulit ditemui dijajakan dalam acara tersebut.

IMG_9003
Bapak Sekda mencicipi jajanan di Stand Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan

Selain stand kuliner, di acara Lamongan Tempo Doeloe yang pada hari Kemerdekaan ini juga terdapat pameran budaya yang menyajikan tarian, nyanyian, serta permainan-permainan tradisional khas Lamongan Tempo Doeloe. Tidak hanya stand Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan saja tetapi stand yang lain juga seakan berlomba-lomba memamerkan karya terbaik mereka agar nggak ketinggalan eksis dalam perhelatan yang setiap tahun memadati Alun-Alun Lamongan dalam rangka memperingati perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia.

IMG_9039
Kostum Penjaga stand yang berpenampilan layaknya pahlawan bangsa

Nggak cukup gaya stand dan pernak-pernik saja yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan, gaya berpakaian penjaga stand pun seolah menyatu dengan nuansa tempo dulu. Para wanita dengan busana model kebaya dipadupadankan dengan bawahan jarik serta selendang khas tempo dulu yang rapi menutupi rambutnya, juga kaos putih oblong, bawahan celana kolor, dengan aksesoris ikat pinggang lebar serta peci yang duduk manis di atas kepala, bagi penjaga stand laki-laki, dan ada juga yang berpenampilan layaknya pejuang Indonesia yang telah memperjuangkan negaranya.

Acara tahunan ini terbilang sangat menarik antusiasme warga Lamongan dan dengan bertepatan dihari Kemerdekaan Indonesia, tentunya pengunjung dari Lamongan kota sampai Lamongan Pelosok pun akan rela berbondong-bondong demi bisa menikmati apa saja yang ada di Lamongan Tempo Doeloe tersebut. Apalagi suasana yang disajikan seakan membawa mereka pada nostalgia yang pasti akan sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

IMG_9007
Suasana tempo doeloe dari dalam stand

Dengan diadakan acara Lamongan Tempo Doeloe dan dengan kebersamaan yang digambarkan di dalamnya, Pemerintah Kabupaten Lamongan berharap masyarakatnya bisa “Guyub Rukun, Sak Iyek Sak Eko Proyo” (bersatu padu membangun daerah yang dicintai dan dibanggakan) sehingga tercipta Lamongan yang “gemah ripah loh jinawi toto tentrem kertoraharjo” (memiliki kekayaan alam berlimpah dan dalam keadaan tenteram). Warga Lamongan pun bisa mendapat pengalaman dan wawasan mengenai kebudayaan serta apa saja yang sudah menemani perjalanan Kabupaten Lamongan semasa ia berdiri.

MERDEKA.. MERDEKA.. DAN MERDEKA INDONESIA!!!