PRAKTER KEPERAWATAN OLEH MAHASISWA AKPER
Praktek Keperawatan Oleh Mahasiswa Akper

Lamongan, Belajar merupakan suatu aktifitas yang melibatkan semua system organ tubuh yang termasuk dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotor, adapun tujuan belajar adalah meningkatkan pengetahuan atau wawasan serta keterampilan dalam segala aspek kehidupan.

“Perubahan kearah lebih baik”, kalimat itu sering kita dengarkan diberbagai aspek kehidupan. Tujuannya tidak lain bahwa setiap orang atau kelompok atau masyarakat luas berharap dalam kehidupannya akan terjadi peningkatan dalam berbagai hal, bisa ilmu pengetahuan yang meningkat, status sosial yang meningkat dan sebagainya.

Prakter Keperawatan Oleh Mahasiswa Akper
Prakter Keperawatan Oleh Mahasiswa Akper

Pengelolaan yang ada di Akademi Keperawatan Pemerintah Kapubaten Lamongan juga mempunyai visi dan misi yang jelas untuk menuju kearah yang lebih baik kedepannya, apa lagi sekarang di Era MEA insan akademisi harus mampu mencetak atau menghasilkan lulusan yang berkarakter kuat dan mampu bersaing dipasar MEA.

AKPER Pemerintah Kabupaten Lamongan berupaya keras untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter dan memiliki pengetahuan serta keterampilan yang mampu menjawab tantangan MEA. Proses perkuliahan yang di berikan selalu mencakup 3 ranah yang menjadi satu kesatuan yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. System perkulihan dilakukan di ruangan dengan fasilitas multi media yang menunjang untuk peningkatakan penyerapan ilmu pengetahuan mahasiswa. Skill laboratorium dilakukan di ruang laboratorium masing-masing sesuai dengan pencapaian mata kuliah adengan fasilitas dan peralatan yang sesuai dengan SOP untuk masing-masing prasat.

Tes Tulis Keperawatan Oleh Mahasiswa Akper
Tes Tulis Keperawatan Oleh Mahasiswa Akper

Pada tanggal 4 & 5 Agustus 2016 Akper mengadakan Program Pembelajaran Skill Laboratorium untuk Tahun Akademik 2015 / 2016 yang telah dilakukan pada tiap tingkatan semester adalah pada semester dua Skill Laboratorium kelas mata kuliah dasar meliputi : pengukuran TTV, pemeriksaan fisik, pemberian injeksi IC, SC, IM dan IV, pemasangan Infus, pemasangan NGT, pemasangan cateter, dan perawatan luka.

Untuk semester empat skill laboratorium kelas terdiri dari 3 mata kuliah, 1) mata kuliah keperawatan maternitas meliputi : ANC, INC, PNC, 2) mata kuliah keperawatan anak meliputi : DDTK dan Imunisasi. Dan 3) mata kuliah gadar meliputi : pembidaian, airway, breating dan circulation serta  pengukuran CVP.

Semester empat mendapatkan porsi skill laboratorium plus BLS dari TIM BLS RSUD dr. Soetomo Surabaya, hal ini merupakan prasyarat dari RSUD dr. Soetomo Surabaya bahwa mahasiswa yang akan praktik klinik keperawatan (PKK) di RSUD dr. Soetomo Surabaya harus melalui 2 tahap uji, yaitu yang pertama harus memiliki sertifikat BLS yang dikeluarkan dari Tim Diklat IGD RSUD dr. Soetomo Surabaya, yang kedua harus lulus uji kompetensi skill laboratorium yang langsung di uji dari tim Diklat RSUD dr. Soetomo Surabaya di Lamongan.

Prakter Keperawatan Oleh Mahasiswa Akper
Prakter Keperawatan Balita Oleh Mahasiswa Akper

Semester enam mendapatkan porsi yang tidak kalah pentingnya, untuk semester enam bisa diikutkan yudisium akhir program bila yang bersangkutan telah lulus uji laboratorium komprehensif dengan metode OSCE yang materi ujinya mulai dari kompetensi tingkat 1, 2, dan 3.

Program yang telah disusun dan dilaksanakan itu bertujuan agar mahasiswa lulusan AKPER Pemerintah Kabupaten Lamongan mampu bersaing di pasar MEA. Semoga sukses untuk semua peserta didik (Mahasiswa / Mahasiswi) Akper Pemerintah Kabupaten Lamongan. Terus belajar, belajar dan belajar.