Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Lamongan pada tanggal 3 Agustus 2016 menggelar siding Senat Terbuka dengan agenda Wisuda, Angkat Sumpah Dan Pelantikan Lulusan Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Lamongan Tahun 2016 bertempat di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan.

IMG-20160805-WA0009

Acara tersebut diawali dengan wisudawan memasuki ruang siding dengan tertib disusul Senat Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Lamongan, Selanjutnya acara sidang di buka oleh ketua Senat Akademi (Direktur Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Lamongan). Sebelum dilakukan prosesi wisuda, Pembantu Direktur I Bidang Akademik membacakan laporan pendidikan, meliputi proses pembelajaran di Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Lamongan ditempuh selama 6 Semester dengan total 118 SKS melalui pembelajaran di kelas, laboratorium, dan praktik klinik/praktik lapangan. Bentuk evaluasi pembelajaran meliputi UTS, UAS, Ujian Komprehensif (OSCE) dan uji karya tulis ilmiah.

Berdasar SK Direktur Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Lamongan Nomor : 422.1/533/413.105.36/2016 sebanyak 124 orang dinyatakan lulus. Lulusan terbaik wisudawan tahun 2016 yaitu: Terbaik I dengan IPK (3,73) diraih sdr. Chintya Erlista Avidiana Rilla Sari, Terbaik II dengan IPK (3,70) diraih sdr. Linda Faizatuzzakiyyah dan Terbaik III dengan IPK (3,65) diraih sdr. Virdiana Anggraini.

Pada acara wisuda tahap 1 tersebut juga dilaksanakan orasi ilmiah oleh Prof. Dr. Nursalam, M.Nurs, (Hons) dengan tema Profesionalisme Perawat Menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Kunci untuk bisa mengoptimalkan tantangan perawat menuju MEA adalah 1) Mampu mengelola perubahan (Merubah Mindset) dan Self Reform (Reformasi Diri Sendiri), 2) Mampu bekerja sama dengan stake holder yang lain dalam meningkatkan kemampuan bersaing (sebagai tim: Together Everyone Avhieve More). 3) Spirit Fighting (Semangat Berkompetisi), 4) Meningkatkan nilai diri dan mempunyai karakter diri yang baik.

Acara tahap II dilaksankan Angkat Sumpah Perawat dan Pelantikan Lulusan Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Lamongan oleh DPW PPNI Provinsi Jawa Timur. Dalam acara sambutan Direktur Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Lamongan menyampaikan antara lain bahwa Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Lamongan telah terakreditasi oleh BAN PT dan secara periodic telah melakukan pelaporan melalui Pangkalan Data Perguruan Tinggi Kemenristek dan Dikti. Dan telah melakukan berbagai kemitraan baik tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional maupun Internasional, antara lain MoU dengan Emilio Equinaldo College, Trinity University Philipina serta SEAMOLEC yang telah memberikan dana penelitian dosen untuk kelas Edmudo.

IMG-20160805-WA0008
Sebagai sumbangsih kami menuju “Terwujudnya Lamongan yang sejahtera dan berdaya Saing, lulusan Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Lamongan tahun 2015 mengikuti Uji Kompetensi Nasional periode September 2015 yang diikuti oleh 34.531 peserta dari 489 Perguruan Tinggi di Indonesia salah satu putri Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Lamongan atas nama Aminatul Maghfiroh masuk 10 besar (7) terbaik Nasional. Teriring doa mudah-mudahan lulusan yang diwisuda hari ini bisa lulus seluruhnya dan mengukir kembali prestasi terbaik di tingkat Nasional.

Sebelum memberikan sambutan Bupati Lamongan Bapak H. Fadeli, SH, MM. Menyerahkan Penghargaan kepada lulusan terbaik wisuda tahun 2016 dan lulusan Uji Kompetensi terbaik Nasional periode September 2015 di damping oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan drg. Fida Nuraida, M.Kes serta ibu Hj. Machdumah, M.Pd, ibu Hj. Supanik, S.Kep.Ns, M.MKes, M.Kes selaku Direktur Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Lamongan.

Dalam sambutannya Bupati Lamongan Bapak H. Fadeli, SH, MM menyampaikan bahwa setelahIMG-20160805-WA0002 diwisuda hari ini jangan berpangku tangan, terus bekerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (Apabila tidak mempunyai biaya maka Pemerintah Kabupaten Lamongan siap membantu Beasiswa), jangan hanya ingin menjadi Pegawai Negeri (PNS) dimanapun anda bekerja harus bekerja dengan giat dan penuh motivasi tinggi sehingga apa yang dicita-citakan dapat tercapai. Saya percaya terhadap kemampuan lulusan Akademi Keperawatan Pemerintah Kabupaten Lamongan. Perawat dalam bekerja harus selalu fokus dan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pasien serta melupakan disiplin, ketekunan, semangat dan kegigihan. Selamat untuk Wali/Orang Tua Wisudawan dan Wisudawati, semoga anda sukses.