001aaapamer

Selama dua hari kedepan, berbagai produk unggulan dari 38 kabupaten dan kota se Jawa Timur tumplek blek dalm Pameran dan Gelar Dagang Produk Unggulan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) di Alun-alun Lamongan.

Pameran dalam rangka Hari Keluarga Ke 23 tingkat Jawa Timur itu dibuka Ketua Tim Penggerak PKK (TPPKK) Lamongan Makhdumah Fadeli, Selasa (19/7) di Pendopo Alun-alun Lamongan. Sementara puncak Hari Keluarga Ke 23 tingkat Jawa Timur direncanakan akan dibuka Gubernur Jawa Timur Soekarwo di tempat yang sama pada 20 Juli 2016.

“Pembangunan keluarga diantaranya dilakukan melalui program ketahanan dan pemberdayaan keluarga yang bertujuan untuk mensejahterakan ekonomi keluarga. Salah satu upayanya adalah melalui kelompok-kelompok UPPKS yang saat ini mengikuti pameran, “ kata Makhdumah Fadeli.

Harapannya, ujar isteri Bupati Lamongan tersebut, pameran dan gelar dagang ini dapat dijadikan bentuk nyata upaya itu dengan menitikberatkan pada usaha ekonomi produktif.

Makhdumah Fadeli juga menyebutkan Kelompok UPPKS di seluruh Jawa Timur saat ini mencapai 7.738 unit dengan jumlah anggota mencapai 125.720 orang. Sementara dari sejumlah besar anggota Kelompok UPPKS tersebut, sebanyak 82,96 persen terdata mengikuti Program KB.

“Mereka ini telah mendapatkan pelatihan dari SKPD terkait berupa kualitas kemasan, akses pemasaran dan permodalan. Sehingga mutu dan kualitas produk Kelompok UPPKS ini bisa bersaing, “ katanya menjelaskan.

Usai membuka pameran yang ditandai dengan pengguntingan pita, Makhdumah Fadeli didampingi pengurus TP PKK Lamongan dan Provinsi Jawa Timur meninjau seluruh stan pameran. Berbagai produk olahan makanan memang terlihat dikemas dengan baik dan menarik. Seperti manisan mangga dari Kabupaten Probolinggo dan abon ikan salmon dari Kabupaten Tulungagung.