01aaj01

Pemkab Lamongan tahun ini sudah menyiapkan anggaran setidaknya sebesar Rp  89.526.885.000 miliar untuk membangun berbagai infrastruktur, seperti jalan dan jembatan. Semua wilayah, baik di utara tengah maupun selatan akan menerima alokasi pembangunan tersebut.

Besaran anggaran pembangunan tersebut hanya yang akan dilaksanakan di Dinas PU Bina Marga saja. “Total anggaran untuk  infrastruktur jauh lebih besar dari Rp 89 miliar. Karena itu hanya anggaran yang akan dilaksanakan melalui Dinas  PU Bina Marga saja, “ ujar Kabag Humas dan Infokom Sugeng Widodo.

Menurut Sugeng, pembangunan infrastruktur, baik itu jalan, jembatan, maupun saluran drainase menjadi prioritas Pemkab Lamongan. Dengan harapan, sambung dia, infrastruktur yang baik akan membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Karena dengan infrastruktur yang baik, akses transportasi akan semakin lancar. Produk-produk pertanian akan semakin cepat terdistribusi dengan biaya transportasi yang semakin rendah. Termasuk industri kecil akan semakin mudah memasarkan produksinya, “ jelentreh Sugeng.

Ditambahkan olehnya, dana sebesar Rp  89.526.885.000 miliar termasuk diantaranya akan digunakan untuk membangun Jalan Poros Desa (Japordes) di 53 titik.

Selain itu juga akan digunakan untuk melakukan rehabilitasi dan pemeliharaan jalan dan jembatan. Diantaranya peningkatan Jalan Bakalrejo – Gondanglor dan  peningkatan Jl. Gampang-Pet’in. Sementara di ruas jalan Peti’in – Banjarwati, akan dilakukan pelebaran jalan dan pembangunan saluran drainase serta gorong – gorong

Sedangkan untuk pembangunan jembatan, diantaranya bakal dilaksanakan di Jembatan Penjalin Wulung Di Ruas Jalan Bluluk – Sukorame, Jembatan Mengkuli Ruas Jalan Tikung – Kembangbahu dan Jembatan Pataan II yang berada di Ruas Ngimbang-Sambeng.

Beberapa ruas jalan yang memerlukan pemasangan dinding penahan tanah juga mendapat perhatian. Seperti pembangunan Dinding Penahan tanah Desa Surabayan, Dinding Penahan tanah Desa Bandungsari serta pembangunan Dinding Penahan tanah Desa Latukan.