Menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEAN) di perlukan adanya kreatifitas dan inovasi semua produk kerajinan dan pengrajin dan masyarakat Kabupaten Lamongan. Hal ini tidak terkecuali juga pengrajin batiknya. Untuk memacu munculnya karya baru batik yang berkualitas dan mempunyai daya tark tersendiri maka tahun 2016 ini akan digelar lomba Desain Motif Batik Lamongan.
Kadinas Kopindag Dra. Gunadi, S Sos MSi mengatakan, saat mi sangat penting bisa muncul karya baru batik ash Lamongan yang mempunyai nilai seni tinggi dari masyarakat Kabupaten Lamongan dan lebih khusus para pengrajin batiknya. Karena dengan begitu produknya bisa bersaing di pasar tingkat MEA. “Kami akan menggelar lomba Desain Motif Batik Lamongan, dengan harapan bisa muncul karya-karya baru dengan tampilan yang bagus dan menawan, sehingga orang yang mehihat bisa tertarik untuk memilikinya,” harapnya.
Agar kalangan remaja khususnya pelajar SLIP dan SLTA tumbuh motivasinya untuk mencintai batik, juga akan digelar lomba katagoni pelajar, tambahnya. Sedangkan pelaksanaan lomba, tingkat umum direncanakan akan benlangsung awal April 2016 dan tingkat pelajar pada pertengahan bulan Maret 2016.
Hadiah yang disediakan berupa uang pembinaan untuk katagori umum juara I sebesar Rp. 6 juta, juara II Rp. 4 juta dan ke tiga sebesar Rp. 2 juta. Sedangkan katagori pelajar SLTA juara I sebesar Rp. 3juta,juara II Rp. 2juta dan juara III sebesar Rp. 1 juta. Pelajar SLTP juara I sebesar Rp. 2 juta, juara II Rp. 1,5 juta dan juara III Rp. 1 juta. Masing-masing ditambah trophy dan piagam

lomba copy