01umkm

Komitmen Bupati Lamongan untuk memberikan akses seluas-luasnya bagi usaha mikro dan kecil berbuah penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM RI AA Ngurah Puspayoga. Yakni penghargaan percepatan penerbitan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) kepada pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Penerimaan penghargaan yang diwakili Kepala Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Lamongan Gunadi saat Rakornas Bidang Koperasi dan UMK di Jakarta tersebut selanjutnya diterimakan kepada Pj Bupati Lamongan Wahid Wahyudi, Senin (28/12).

Wahid Wahyudi menyebut penghargaan tersebut akan menjadi inspirasi bagi jajaran Pemkab Lamongan untuk terus menumbuhkan inovasi bagi sejahteranya masyarakat Lamongan, khususnya bagi para pelaku usaha mikro dan kecil.

Menurut Wahid Wahyudi, usaha masyarakat harus dibantu dan didoronga gar bias maju dan bersaing. Salah satunya dengan memberikan fasiltas kemudahan dan kecepatan pelayanan perijinan.

Disampaikan terpisah oleh Gunadi, penghargaan tersebut diraih Bupati Lamongan terutama karena upayanya untuk mendorong percepatan penerbitan IUMK kepada pelaku UMK. Yakni dengan diterbitkannya Peraturan Bupati Lamongan nomor 24 tahun 2015 tentang Pelimpahan Sebagian Kewenangan Pelayanan Perijinan Kepala Daerah Kepada Camat.

Dengan adanya Perbup tersebut, proses perijinan bagi UMK bis alebih cepat sehingga membantu masyarakat untuk menjalankan usahanya.

Perijinan yang dilimpahkan itu adalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dengan ukuran maksimal 100 meter persegi, Izin Gangguan usaha mikro, Izin Penggilingan Padi yang daftar ulang, Surat Izin Usaha Perdagagan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) usaha mikro.

Selain itu, di bulan yang sama, Lamongan juga menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha dari Kementerian Perhubungan RI.