01ap01

Sebanyak 11.709 aparat keamanan gabungan dari lintas unsur siap mengamankan jalannya Pemilukada Lamongan 9 Desember 2015. Ribuan personel ini mengikuti apel terkahir pergeseran dalam rangka pengamanan Termpat Pemungutan Suara di Alun-alun Kota Lamongan, Selasa (8/12).

Disebutkan oleh Pj Bupati Lamongan Wahid Wahyudi saat memimpin apel, ribuan aparat gabungan itu terdiri dari668 personel Polres Lamongan dan jajaran Polsek, yang dibantu 100 personel Brimob bersama 75 personel dari Polda Jatim dan 75 personel bantuan dari Polres Bojonegoro.

Ditambahkan oleh Wahid Wahyudi, mereka juga akan dibantu oleh 210 personel TNI, 240 personel Satpol PP dan 7.784 personel Perlindungan Masyarakat (Linmas) untuk mengamanakan 2.557 TPS.

Di kesempatan itu Wahid Wahyudi kembali menegaskan himbauannya bagi segenap anggota Polri, agar menjaga komitmrn netralitas. “Juga agar tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dalam penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Lamongan tahun 2015. (jika dilakukan) ini dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri, “ pesan dia.

Pola pengamanan yang akan dilakukan berdasarkan mapping kerawanan akan dilakukan dalam tiga bentuk. Yakni pada TPS dengan kategori aman, di setiap 10 TPS akan dikawal 2 polisi dan 20 Linmas.

Kemudian untuk TPS dengan kerawanan tingkat 1, di setiap enam TPS akan dikawal 2 polisi dan 12 Linmas. Sedangkan di TPAS dengan tingkat kerawanan 2, di setiap empat TPS harus dikawal  delapan Linmas bersama empat polisi.