01hrg

Kamis (6/8) digelar Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-XXII dan Tasyakuran Atas Diterimanya Penghargaan Satyalancana Wirakarya Kencana oleh Bupati dari Presiden Jokowi di Pendopo Lokatantra.

Sebelumnya pada 1 Agustus 2015 yang lalu Bupati Fadeli menerima penghargaan tertinggi tingkat nasional bidang kependudukan dan keluarga berencana Satyalancana Wirakarya Kencana dari Presiden Jokowi.

Fadeli menyampaikan bahwa Kabupaten Lamongan patut dan pantas mendapatkan penghargaan tersebut.

“Penghargaan tersebut pantas diterima oleh Kabupaten Lamongan yang mampu berprestasi, yang tidak dibuat-buat. Ditinjau dari bidang keluarga berencana Kabupaten Lamongan memang sukses menurunkan laju pertumbuhan penduduk menjadi 0,02% dibawah laju pertumbuhan penduduk nasional 1,4% dan laju pertumbuhan penduduk propinsi Jawa Timur 1,2%,” Jelas Fadeli.

Kepala BPPKB Hamdani Azhari menyebutkan bahwa maksud dan tujuan digelarnya acara ini.

“Maksud dan tujuan digelarnya Peringatan Hari Keluarga Nasional ini adalah untuk meningkatkan komitmen pemerintah tentang pentingnya pembangunan keluarga melalui fungsi dan peran keluarga menuju keluarga yang sejahtera serta membuat gaung peringatan Hari Keluarga Nasional agar masyarakat mengenal dan mengingatnya seperti hari-hari penting lainnya”, jelasnya.

Beliau juga menyebutkan bahwa untuk memperingati Hari Keluarga Nasional ke XXII Kabupaten Lamongan melalui BPPKB telah melakukan berbagai lomba dan pada kesempatan yang sama diberikan hadiah pada para pemenang.

Juara I Lomba Keluarga Harmonis dimenangkan oleh Mas’ud Asvali dan Hartatik dari Desa Lembor Kecamatan Brondong yang juga meerupakan Juara II Tingkat Propinsi Jawa Timur. Juara I Lomba Kader BKB dimenangkan oleh Umu Qoiyimqh desa Banjarmadu Kecamatan Karanggeneng yang juga merupakan Juara Harapan I Tingkat Propinsi Jawa Timur.

Juara I Kader IMP dimenangkan oleh Sekaryati Desa Pelang Kecamatan Kembangbahu yang juga merupakan Juara Harapan II Tingkat Propinsi Jawa Timur. KB Lestari 20 tahun diberikan pada Sayati dari Desa Kdungrejo Kecamatan Sukorame, KB Lstari 15 Tahun pada Sudarneng Desa Bluluk Kecamatan Bluluk dan KB Lestari 10 Tahun pada Purwati Desa Sendangrejo Kecamatan Ngimbang.

Penghargaan juga diberikan pada Laillyatun Ni’mah dari SMAN Sukodadi yang meraih Juara I Karya Tulis Kategori Remaja Tingkat Propinsi Jawa Timur dan saat ini tengah mewakili di tingkat nasional. Serta Diajeng Ayu dari SMAN Sukodadi yang meraih Juara III pada kompetisi yang sama.

Tak hanya itu pada acara tersebut juga diberikan 2.500 sertifikat tanah dari BPN di Kecamatan Solokuro secara simbolis.

Acara tersebut diikuti oleh 814 peserta yang terdiri dari Perwakilan BKKBN Propinsi Jawa Timur, Forpimda, Kepala SKPD, Camat, Ketua TP PKK, dan Kader KB.