DSCI4947Guna meningkatkan peran kader pos pelayanan terpad (posyandu) dalam pelayanan kesehatan masyarakt, Dineas Kesehatan Propinsi Jawa Timur mengadakan Jambore Kader Taman Posyandu Propinsi Jawa Timur 2015. Sedikitnya 215 peserta mengikuti kegiatan yang berlangsung pada 19-22 Mei 2015 di Latkermas Murnajati, Lawang, Kabupaten Malang.

Jambore ini diisi dengan aneka lomba yang diikuti para kader posyandu terbaik dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Adapun lombanya meliputi lomba kader posyandu, kader PAUD, kader BKB, success story kader endamping taman posyandu, inovasi posyandu, dan karya kreasi kebersamaan. Ketua Pelaksana Jambore drg Vitria Dewi Msi mengatakan, lomba lomba ini dilaksanakan agar sesama kader posyandu dapat saling bertukar ilmu dengan kader dari daerah lain.

Koordinator acara dr inis Herlina menambahkan, demi kesinambungan program pembinaan kesejahteraan keluarga (PKK), pemerintah kabupaten/kota diharapkan memotivasi kader posyandu untuk lebih bersemangat di lapangan. Sebab , para kader ini bekerja tanpa pamrih. “Kader posyandu supaya berkoordinasi dengan PKK, petugas KB, dan puskesmas dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Jawa Timur Hj. Kirana Soekarwo berharap, melalui jambore ini, para kader posyandu di Jawa Timur semakin maju dan mampu meningkatkan kesehatan ibu, anak, bayi, dan balita. “Kita harus dapat menekan angka kematian bayi dan ibu hamil demi generasi muda yang berkualitas,” katanya.

DSCI4973Selain lomba dan kegiatan outbound, pada hari kedua juga ada pemberian materi motivasi yang disampaikan Dr. Umi Dayati MPd. Para kader posyandu perlu selalu menjaga motivasi agar pelayanannya kepada masyarakat benar-benar ikhlas dan sukarela. “Tidak jarang dijumpai kader yang drop out, tidak aktif lagi di posyandu. Tapi alhamdulillah, masih banyak kader yang tetap tulus, ikhlas, mengabdikan dirinya untuk masyarakat,” ujar Dr. Umi.

DSCI4983Dan bagaimana dengan kontingen dari Kabupaten Lamongan? Prestasi apa yang berhasil mereka raih? Berikut adalah laporan dari Ibu Erna Susilaningsih, staff seksi Promosi Kesehatan dan Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan yang ikut berangkat sebagai pendamping dan peserta dari kontingen Kabupaten Lamongan.

LAMONGAN SABET 2 GELAR JUARA

Hingar-bingar Jambore Kader Taman Posyandu Provinsi Jawa Timur telah usai. Kontingen Lamongan mempersembahkan 2 gelar juara yang memperebutkan Piala Ibu Gubernur Jatim, Ny. Dra. Hj. Nina Soekarwo, M.Si. Bangga dan haru bercampur jadi satu.

DSCI4964Keberangkatan kami ibarat maju Perang Badar. Dengan senjata yang seadanya, kami harus menghadapi lawan yang berbaju besi. Dengan persiapan yang hanya 10 hari tanpa didukung dana yang memadai, kami harus bertanding melawan 37 kabupaten dalam 6 macam lomba.

Keder juga melihat tetangga sebelah, Tuban, yang berseragam batik khas Tuban dan dilengkapi dengan 1 set training pack. Penampilan pentas seni mereka yang apik dengan dandanan yang serasi menunjukkan dukungan penuh dari pimpinan mereka. Terlebih lagi Sampang. Operet bertema Posyandu yang memikat disertai rombongan suporter yang cetar membahana membuat mereka semakin percaya diri. Sementara kami berangkat dengan segudang beban.

Untungnya kontingen Lamongan kompak. Kami mewarisi jiwa rumput liar yang tak kenal kata menyerah. Dengan modal kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas kami jadikan hambatan sebagai tantangan. Ada satu nasehat bijak yang menguatkan langkah kami.’Yakinlah apa yang yang Alloh berikan kepada kita adalah yang terbaik menurutNya. Dialah Yang Maha Mengetahui yang terbaik bagi hambaNya. Dan tidaklah Tuhanmu berlaku dhalim kepada hamba-hambaNya”

Seperti halnya Perang Badar yang penuh dengan keajaiban, kami merasakan tangan-tangan Tuhan sangat dominan mencampuri urusan kami. Pada puncak acara Tuhan menganugerahkan 2 gelar juara, yaitu :
1. Juara 2 Lomba Success Story Pendamping Taman Posyandu
2. Juara 2 Lomba Kreasi Kebersamaan

DSCI5016Terima kasih Ya…Alloh… Kau terima ketulusan kami membela Lamongan. Terima kasih juga kepada para pembina : Pak Djuwari Tarno Pak Iskandar, Bu Umuronah, Bu Niken, Bu Yudha T Lestiyorini sahabat-sahabat promkes yang rela jungkir balik demi kami : Mbak Alma Putri Masyuddin, Nur Nur Asiyah, Mas Purwanto. Tak lupa sun sayang buat suporter kami warga PKMK : Mbak Lilys Sri Lestari, Yuanita Setiyawan,, La La Mina, Dzulfie Yulie, Bunda Syifa, Fadilah, Dwi, Zizi. Senyum kalian membuat kami bersemangat. Tak ketinggalan buat sponsor kami Pak Haji Ghazelie Azam Rent Car.terima kasih dibantu ‘antar-jemput’ Lamongan-Malang.

Satu kata yang bisa kami haturkan untuk kota tercinta…
LAMONGAN….. MEGILAN….!