Adanya erupsi yang terjadi pada gunung kelud, maka perlu untuk mencari pengertian erupsi sebagai tambahan pengetahuan dalam penanggulangan bencana. Erupsi adalah fenomena keluarnya magma dari dalam bumi. Erupsi dapat dibedakan menjadi letusan (eksplosive eruption) dan erupsi non letusan (non eksplosive eruption). Jenis erupsi yang yang terjadi ditentukan oleh banyak seperti kekentalan magma, kandungan gas di dalam magma, pengaruh air tanah, dan kedalaman dapur magma (magma chamber). Kekentalan magma dan kandungan gas di dalam magma ditentukan oleh komposisi kimia magma.

Pada erupsi letusan, proses keluarnya magma disertai tekanan yang  sangat kuat sehingga melontarkan material padat yang berasal dari magma maupun tubuh gunung api ke angkasa. Pada erupsi non letusan, magma keluar dalam bentuk lelehan lava atau pancuran lava (lava fountain) gas atau uap air.

Dalam bahasa Indonesia kata erupsi sering diterjemahkan sebagai “letusan” sebenarnya terjemahan itu tidak sepenuhnya tepat, terjemahan tersebut hanya tepat untuk tipe erupsi letusan. (wahyuancol)