IKK Mantup

KEDUDUKAN KOTA MANTUP DALAM LINGKUP WILAYAH

Dalam lingkup yang lebih luas, Kota Mantup dengan wilayah sekitarnya membentuk suatu system perwilayahan yang pola pembangunannya saling berkaitan dengan satu yang lainya. Dengan demikian, pertumbuhan dan perkembangan Kota Mantup secara langsung maupun tidak langsung dipengaruhi oleh kedudukan kota didalam struktur pengembangan wilayah regional.
Kota Mantup sebagai Ibukota Kecamatan Mantup berada didalam wilayah administrative Kecamatan Mantup Kabupaten Daerah Tingkat II Lamongan.

Kota Mantup terletak ± 20 km Sebelah Selatan Kota Lamongan, dilalui oleh jalur jalan Lamongan-Mantup-Mojokerto dan Balongpanggang-Mantup sehingga lokasinya mempunyai akses yang cukup tinggi terhadap hubungan regional.

Wilayah administrasi Kota Mantup berdasarkan Perda No. 20 Tahun 1988 tentang Penetapan Batas Wilayah Kota meliputi wilayah seluas 425,60 Ha, yang mencakup 2 desa yaitu :

Desa Mantup seluas 303,74 Ha dan Desa Tugu seluas 121,86 Ha

Dengan batas-batasnya adalah sebagai berikut :

Seabelah Utara            : Desa Dumpiagung Kecamatan Kembangbahu
Seabelah Selatan        : Kali Ampo Desa Mantup
Seabelah Timur           : Desa Sumberagung
Seabelah Barat            : Perbukitan Desa Mantup.

Untuk lebih jelasnya mengenai lokasi dan posisi dari Kota Mantup dalam struktur regional Propinsi Jawa Timur, Kabupaten Daerah Tingkat II Lamongan dan Kecamatan Mantup, dapat dilihat pada peta IKK pada link dibawah:

 

Peta  1  IKK  Mantup dapat  klik  disini  [pdf]
Peta  2  IKK  Mantup dapat  klik  disini  [pdf]