Penyelenggaraan Pemerintahan Lamongan Terbaik Nasional

Kabupaten Lamongan ditasbihkan sebagai pemerintah daerah dengan penyelenggaraan pemerintahan terbaik di Indonesia. Itu seiring diterimanya Tanda Kehormatan Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha oleh Bupati Fadeli dari Presiden RI

Di bidang penyelenggaraan pemerintahan, penghargaan prestisius dan tertinggi adalah Tanda Kehormatan Samkarya Parasamya Purakarya Nugraha. Dan penghargaan ini hanya diberikan kepada daerah yang telah selama tiga tahun berturut-turut penyelenggaraan pemerintahannya masuk jajaran terbaik nasional.

Penghargaan itu diterima Bupati Fadeli melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo usai Upacara Peringatan Hari Jadi ke-72 Provinsi Jawa Timur 2017 di Halaman Tugu Pahlawan, Surabaya, Kamis (12/10).

Di tempat yang sama, Bupati Fadeli juga menerima penghargaan atas inovasi Kabupaten Lamongan mengembangkan pelayanan kesehatan jiwa pada pasung sehingga Lamongan menjadi daerah yang bebas pasung bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Prestasi tersebut tidak lepas dari kengototan kepala daerah asli Lamongan tersebut untuk menata manajemen pemerintahan Kabupaten Lamongan.

Termasuk dengan melakukan berbagai terobosan yang tidak terpikirkan sebelumnya. Dalam hal ini adalah mengkampanyekan program Lamongan Bebas Pasung.

Penerima penghargaan Tanda Kehormatan Samkarya Parasamya Purakarya Nugraha ini dinilai dinilai secara menyeluruh, melalui penilaian Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD), termasuk pada aspek kepala daerah sebagai pengambil kebijakan. Kemudian bagaimana kebijakan itu dilaksanakan dan capaiannya.

Sejak awal pemerintahannya, Fadeli getol melakukan penataan manajemen seluruh bidang pemerintahan, terutama pada fungsinya yang bersentuhan langsung dengan pelayanan pada masyarakat.

Di sisi anggaran, program utama juga diarahkan kepada bidang yang langsung bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat. Seperti pembangunan infrastruktur, pertanian, pendidikan dan kesehatan serta meningkatkan pendapatan dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

Sementara di sisi manajemen, Fadeli secara rutin memimpin sendiri evaluasi atas berbagai program yang sudah dan akan dijalankan. Itu dilakukannya dalam forum coffee morning yang gayeng namun tetap serius bersama seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam.

Fadeli mengungkapkan apa yang dicapai Kabupaten Lamongan ini tidak lepas dari peran aktif semua pihak. Termasuk terjaganya hubungan harmonis dengan DPRD dan Forkopimda sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik.

Kedepan, dia berharap dengan diterimanya Tanda Kehormatan Samkarya Parasamya Purnakarya Nugraha tersebut akan memberi dorongan semangat bagi seluruh jajaran Pemkab Lamongan untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat Lamongan.

“Penghargaan ini menunjukkan apa yang dikerjakan Pemkab Lamongan selama ini sudah berada di rel yang benar. Karena itu kami sampaikan kepada semua pihak yang telah turut menyukseskan pembangunan demi Lamongan yang lebih sejahtera dan berdayang saing, “ pesan dia.

Share post

Post A Comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.