Rkpd 2007

Excekutif Summary RKPD Tahun 2007

 

                Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lamongan Tahun 2007 merupakan Penjabaran RPJMD Kab. Lamongan Tahun 2006-2010, disusun melalui mekanisme musyawarah perencanaan pembangunan baik dari tingkat Desa, Kecamatan maupun Kabupaten, serta mengacu atau mensinkronisasikan dengan musyawarah perencanaan pembangunan tingkat propinsi maupun pusat. Hal ini mengandung maksud agar program-program pembangunan di Kabupaten Lamongan Tahun 2007 nantinya benar-benar sesuai dengan asprasi masyarakat  serta mendukung dan sejalan dengan program-program propinsi maupun pusat. Mekanisme penjaringan aspirasi masyarakat telah dikuatkan dengan Perda Nomor 01 Tahun 2005 tentang Tata Cara Musyawarah Perencanaan Pembanguanan.

                Maksud dan Tujuan disusunnya Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah(RKPD) Kabupaten Lamongan Tahun 2007 adalah :

 ·          Sebagai pedoman bagi Dinas/Instansi di lingkup Pemerintah Kabupaten   Lamongan dalam menyusun Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Lamongan ( RKPD).

 ·          Sebagai pedoman bagai Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam menyusun Kebijakan Umum APBD ( KUA ) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang nantinya untuk menyusun RAPBD.

 RKPD ditetapkan dengan Peraturan Bupati Lamongan Nomor 14 Tahun 2006 yang berisi Visi dan Misi Pemerintah Kab. Lamongan, Gambaran Umum Kab. Lamongan saat ini, program-program yang dilaksanakan dalam kurun waktu 1 (satu) tahun berjalan. Dalam mengukur tolak ukur kinerja keberhasilan  suatu kegiatan, maka RKPD Kab. Lamongan mengacu pada indikator keberhasilan pada Dokumen RPJMD Kab. Lamongan 2006-2010 beserta pagu indikatif per program sasaran sehingga keberhasilan dan kegagalan kegiatan yang dilaksanakan dapat ditentukan.

 Untuk tujuan keselarasan dan keterpaduan perencanaan pembangunan dengan pengelolaan keuangan negara maka Rencana Kerja Pemerintah daerah Kab. Lamongan Tahun 2007 diklasifikasikan menurut organisasi, fungsi, program dan kegiatan (PP Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah ). RKPD Kabupaten Lamongan memuat 36 program-program pembanguna yang diklasifikasikan menjadi 10 (sepuluh ) fungsi.

 (untuk lebih jelas dapat dilihat pada buku RKBD 2007)