Pemetaan Wilayah Pesisir & Laut

PEMETAAN WILAYAH PESISIR DAN LAUT UNTUK PENGEMBANGAN PERIKANAN

 

Kabupaten Lamongan memiliki sumberdaya perikanan yang cukup besar, khususnya perikanan budidaya tambak dan perikanan tangkap (laut). Wilayah ini sangat strategis termasuk sentra produksi perikanan di Jawa Timur. Produksi hasil perikanan di Kabupaten Lamongan sebagian besar mempakan hasil budidaya tambak dengan komoditi udang dan bandeng, juga perikanan tangkap dengan komoditi terbanyak adalah ikan layang, kuningan, tembang, tongkol, dan tengiri,.

 

Penentuan kebijakan yang berkaitan dengan pengelolaan wilayah pesisir dan laut untuk berbagai kegiatan seperti tambak, budidaya laut, industri, dan lain-lain selain didasarkan pada kepentingan Pemerintah, juga mempertimbangkan kebutuhan-kebutuhan masyarakat sebagai pengguna sumberdaya. Oleh karena itu potensi sumberdaya perikanan ini perlu dilakukan pengelolaan secara terpadu dan berkelanjutan dengan sebuah kegiatan pemetaan wilayah pesisir dan laut sebagai langkah awalnya.

 

Tujuan umum penelitian ini adalah pemetaan wilayah pesisir dan laut untuk pengembangan dan pengelolaan sumberdaya perikanan berdasarkan kapasitas dan daya dukung sumberdaya alam. (Halaman selanjutnya ......)  [ pdf ]

Gambar Pemetaan Wilayah Pesisir dan Laut dapat klik disini [ pdf ]