Struktur Organisasi

struktur 0

Adapun tugas Sekretaris DPRD, Kepala Bagian, dan Kepala Sub Bagian adalah sebagai berikut :

Sekretaris DPRD :

  Memimpin, melaksanakan koordinasi, pengawasan, pengendalian dalam menyelenggarakan kesekretariatan DPRD

 

Kepala Bagian Umum :

Menyelengarakan urusan, ketatausahaan, adminstrasi kepegawaian, Keuangan, Keprotokol, rumah tangga, perlengkapan; Dan mempunyai fungsi :

 

  1. Pelaksanaan urusan ketatausahaan DPRD dan Sekretariat DPRD;
  2. Pelaksanaan administrasi kepegawaian Sekretariat DPRD;
  3. Penyiapan sarana dan prasarana kegiatan DPRD dan Sekretariat DPRD;
  4. Pelaksanaan pengaturan, pemeliharaan, perawatan dan penggunaan barang-barang inventaris serta kendaraan dinas;
  5. Pelaksanaan urusan rumah tangga, keamanan/ketertiban kantor dan rumah dinas Pimpinan DPRD;
  6. Pelaksanaan pengadaan Barang dan Jasa;
  7. Pengumpulan laporan tahunan kegiatan DPRD dan Sekretariat DPRD;
  8. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris DPRD sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian :

 

  1. Melaksanakan pengelolaan surat menyurat, pengetikan, penggandaan dan tata usaha kearsipan;
  2. Menyiapkan surat dinas, undangan rapat-rapat dan kunjungan kerja;
  3. Melaksanakan penggandaan, distribusi surat-surat dinas, undangan rapat-rapat dan kunjungan kerja;
  4. Menyelenggarakan administrasi dan urusan kepegawaian Sekretariat DPRD;
  5. Menyiapkan dan menghimpun berkas keanggotaan DPRD;
  6. Menyiapkan surat perintah perjalanan dinas DPRD;
  7. Menyelenggarakan pembinaan dan pengendalian disiplin pegawai;
  8. Mengevaluasi, menyusun dan melaporkan Pengawasan Melekat (WASKAT) Sekretariat DPRD;
  9. Menyusun dan melaporkan penetapan kinerja serta Rencana Strategis (RENSTRA) Sekretariat DPRD;
  10. Mengevaluasi dan menyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Sekretariat DPRD;
  11. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Umum sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Kepala Sub Bagian Keuangan:

 

  1. Menghimpun data dan menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan anggaran keuangan;
  2. Melaksanakan pengelolaan keuangan termasuk pembayaran gaji DPRD dan pegawai Sekretariat DPRD serta hak-haknya;
  3. Menyusun laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan pengelolaan keuangan;
  4. Melaksanakan verifikasi pengelolaan anggaran belanja Sekretariat DPRD;
  5. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Umum sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Kepala Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan:

 

  1. Menyusun rencana dan menyiapkan kebutuhan rumah tangga DPRD, Sekretariat DPRD dan Rumah Dinas Pimpinan;
  2. Menyiapkan bahan kebutuhan peralatan akomodasi dan konsumsi kegiatan DPRD dan Sekretariat DPRD;
  3. Mengurus kendaraan dinas, mengatur dan menyiapkan pengemudi beserta bahan bakarnya untuk kegiatan DPRD dan Sekretariat DPRD;
  4. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait guna keamanan dan ketertiban gedung DPRD dan rumah dinas Pimpinan;
  5. Melaksanakan pengoperasian peralatan teknik penunjang kegiatan DPRD dan Sekretariat DPRD;
  6. Melaksanakan pemeliharaan dan pengawasan kebersihan di lingkungan gedung DPRD dan rumah Dinas Pimpinan;
  7. Menyediakan pelayanan kesehatan bagi anggota DPRD dan Pegawai Sekretariat DPRD;
  8. Melaksanakan pemeliharaan kendaraan dinas dan inventarisasi barang-barang Sekretariat DPRD;
  9. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kegiatan DPRD dan Sekretariat DPRD;
  10. Menyediakan Cinderamata dalam bentuk Plakat, karangan bunga atau bentuk lainnya untuk kegiatan DPRD dan Sekretariat DPRD;
  11. Memandu kegiatan yang diselenggarakan oleh DPRD dan Sekretariat DPRD;
  12. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Umum sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Kepala Bagian Persidangan

Menyelenggarakan pelayanan rapat-rapat DPRD dan administrasi rapat;

 

Dan mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan rapat-rapat yang diselenggarakan oleh DPRD;
  2. Penyusunan notulen/risalah rapat-rapat yang diadakan oleh DPRD;
  3. Penyiapan rancangan jadwal kegiatan dan rencana peninjauan DPRD;
  4. Pelaksanaan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Anggota DPRD;
  5. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris DPRD.

 

Kepala Sub Bagian Rapat dan Risalah :

 

  1. Menyusunan rancangan jadawal rapat-rapat paripurna DPRD;
  2. Menyiapkan bahan-bahan sidang atau rapat termasuk daftar hadir;
  3. Melaksanakan penggandaan dan distribusi bahan-bahan rapat;
  4. Mengatur tata tempat rapat bersama-sama dengan sub bagian terkait;
  5. Menyusun rancangan sambutan jalannya rapat Paripurna untuk Pimpinan DPRD;
  6. Menyusun dan menggandakan risalah rapat-rapat Paripurna DPRD termasuk Dokumen lainnya;
  7. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Persidangan sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

Kepala Sub Bagian Kegiatan Komisi

 

  1. Menyiapkan rancangan jadwal kegiatan rapat-rapat, kunjungan kerja/peninjauan Komisi;
  2. Menyiapkan surat-surat yang terkait dengan kegiatan Komisi;
  3. Menyiapkan permohonan rapat  dan kunjungan kerja/peninjauan Komisi;
  4. Menyiapkan bahan rapat  dan kunjungan kerja/peninjauan Komisi;
  5. Menyusun notulen/catatan rapat  dan laporan kunjungan kerja/peninjauan Komisi;
  6. Menyiapkan bahan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan kegiatan komisi;
  7. Melaksanakan inventarisasi dan tindaklanjut pengaduan masyarakat;
  8. Melaksanakan  tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Persidangan sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

Kepala Sub Bagian Kegiatan Alat Kelengkapan DPRD

  1. Menyiapkan surat-surat untuk kegiatan Pimpinan DPRD, Panitia Musyawarah, Panitia Anggaran, Badan Kehormatan, Panitia Legislasi dan Panitia Khusus DPRD;
  2. Menyusun rencana jadwal rapat-rapat, kunjungan kerja/koordinasi dan konsultasi  kegiatan Pimpinan DPRD, Panitia Musyawarah, Panitia Anggaran, Badan Kehormatan, Panitia Legislasi dan Panitia Khusus DPRD;
  3. Menyiapkan dan menggandakan bahan-bahan rapat Pimpinan DPRD, Panitia Musyawarah, Panitia Anggaran, Badan Kehormatan, Panitia Legislasi dan Panitia Khusus DPRD;
  4. Menyusun notulen hasil rapat Pimpinan DPRD, Panitia Musyawarah, Panitia Anggaran, Badan Kehormatan, Panitia Legislasi dan Panitia Khusus DPRD;
  5. Melaksanakan  tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Persidangan sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

Kepala Bagian Perundang-undangan dan Dokumentasi

Menyiapkan bahan untuk penyusunan Rancangan Peraturan Daerah dan Produk-produk DPRD, melakukan dokumentasi produk-produk hukum, pengadaan publikasi dan menerima informasi masyarakat serta mengelola perpustakaan;

 

Dan mempunyai fungsi :

  1. Pengumpulan bahan dalam rangka penyusunan Peraturan Daerah dan Produk DPRD;
  2. Pengumpulan bahan untuk penerbitan majalah, brosur, atau buku tentang kegiatan DPRD;
  3. Pengumpulan produk-produk DPRD untuk Dokumentasi dan mengkliping berita;
  4. Penyiapan dan pemeliharaan produk-produk DPRD serta produk hukum Pemerintah Kabupaten Lamongan;
  5. Pelayanan kepada masyarakat dan lembaga-lembaga pemerintah yang membutuhkan informasi mengenai produk-produk DPRD dan Kegiatan DPRD;
  6. Pengelolaan perpustakan Sekretariat DPRD;
  7. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris DPRD.

Kepala Sub Bagian Perundang-undangan :

  1. Menyiapkan bahan penyusunan produk hukum DPRD;
  2. Menyusun produk hukum DPRD;
  3. Menyiapkan bahan penyusunan dan pembahasan rancangan Peraturan Daerah;
  4. Menyimpan semua berkas pengajuan dan penyusunan rancangan Peraturan Daerah;
  5. Mengumpulkan bahan dan data peraturan perundang-undangan dalam rangka mengikuti perkembangan hukum dan perundang-undangan;
  6. Menyebarluaskan produk-produk hukum DPRD;
  7. Mengagendakan produk-produk hukum DPRD;
  8. Melaksanakan  tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Perundang-undangan dan Dokumentasi sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

Kepala Sub Bagian Dokumentasi, Publikasi dan Perpustakan :

  1. Mendokumentasikan dan mempublikasikan kegiatan DPRD;
  2. Mengumpulkan bahan penerbitan majalah, tabloit, pamlet atau buku tentang kegiatan DPRD;
  3. Mencermati berita atau persyaratan yang dimukakan oleh Pimpinan, Anggota DPRD dan pihak lain, kemudian melaporkan kepada Pimpinan DPRD terhadap pemberitaan media massa yang perlu mendapat tanggapan/tidaklanjut dari DPRD;
  4. Mempublikasikan kegiatan dan produk DPRD melalui media cetak dan elektronik;
  5. Mendistribusikan hasil dokumentasi dan penerbitan DPRD, kepada lembaga pemerintah dan masyarakat;
  6. Menyiapkan dan mendistribusikan kebutuhan bahan-bahan bacaan berupa surat kabar dan majalah yang diperlukan oleh DPRD;

 

  1. Mengatur dan mendampingi wartawan media cetak dan media elektronik dalam mendokumentasikan kegiatan rapat-rapat dan kunjungan kerja DPRD;
  2. Membuat laporan hasil kunjungan kerja untuk bahan pemberitaan media cetak dan elektronik;
  3.     Menyiapkan bahan atau naskah dalam rangka penyelenggaraan jumpa pers;
  4.     Menghimpun memori dan naskah dinas pidato DPRD;
  5. Menyiapkan bahan kerja sama timbal balik dengan pers dan instansi terkait;
  6.      Mengelola perpustakaan Sekretariat DPRD;
  7. Menyiapkan rencana kebutuhan buku-buku bacaan dan buku-buku peraturan perundang-undangan untuk Perpustakaan Sekretariat DPRD;
  8. Membuat daftar dan kode buku-buku perpustakaan Sekretariat DPRD;
  9. Mengumpulkan dan meninventarisasi buku-buku/bahan-bahan pustaka yang berasal dari Dinas/Badan/Lembaga/Instansi Lainnya;
  10. Melaksanakan kerjasama/koordinasi dengan Sub Bagian lain dalam lingkungan Sekretariat DPRD dan kerja sama dengan bagian Perpustakan di luar Sekretariat DPRD;
  11. Melaksanakan  tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Perundang-undangan dan Dokumentasi sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

 

Recent Posts

Sambutan Sekretaris DPRD

 

SELAMAT DATANG DI WIBESITE

SEKRETARIAT DPRD KAB. LAMONGAN

Dra. SULASTRI, M.Si.Dra. SULASTRI, M. Si.

          Sekretariat DPRD mempunyai tugas dan fungsi melayani aktifitas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lamongan secara keseluruhan baik administratif maupun kegiatan lain utamanya yang berkaitan dengan kegiatan Anggota Dewan, demi terwujudnya tujuan Meningkatnya Kinerja Legislatif dengan sasaran Meningkatnya aspirasi masyarakat yang ditindaklanjuti dan Meningkatnya kecepatan penyelesaian Raperda. Dalam pelaksanaan tugas telah melaksanakan kegiatan yang  ditetapkan mengacu Program-program pembangunan Kabupaten Lamongan berdasarkan Fungsi RPJMD Kabupaten Lamongan Tahun 2010-2015 yang diterapkan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2007. Pelaksanaan kegiatan  menunjukkan kelancaran dan sesuai dengan program kerja yang sudah ditetapkan.

 

SEKRETARIS

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

Dra. Sulastri, M. Si