KOMISI C MINTA KEJELASAN DARI KEMENTRIAN PEKERJAAN UMUM DI JAKARTA JALAN LINGKAR UTARA LAMONGAN MASIH TERKENDALA More »

Komisi B DPRD Kabupaten Lamongan Baru lalu (10/2) melakukan kunjungan di PT. Kebun Tebu Mas di Kecamatan Ngimbang More »

Komisi B DPRD Kabupaten Lamongan Baru lalu (3/1) melakukan kunjungan di Perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan pupuk organik More »

PEMPROV DKI JAKARTA MENJADI JUJUKAN KOMISI D KONSULTASI PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT More »

KEMENPAN SEBAGAI JUJUKAN KUNKER KOMISI A TINDAK LANJUT PEGAWAI HONORER K2 More »

 

Struktur Organisasi

struktur 0

Adapun tugas Sekretaris DPRD, Kepala Bagian, dan Kepala Sub Bagian adalah sebagai berikut :

Sekretaris DPRD :

  Memimpin, melaksanakan koordinasi, pengawasan, pengendalian dalam menyelenggarakan kesekretariatan DPRD

 

Kepala Bagian Umum :

Menyelengarakan urusan, ketatausahaan, adminstrasi kepegawaian, Keuangan, Keprotokol, rumah tangga, perlengkapan; Dan mempunyai fungsi :

 

  1. Pelaksanaan urusan ketatausahaan DPRD dan Sekretariat DPRD;
  2. Pelaksanaan administrasi kepegawaian Sekretariat DPRD;
  3. Penyiapan sarana dan prasarana kegiatan DPRD dan Sekretariat DPRD;
  4. Pelaksanaan pengaturan, pemeliharaan, perawatan dan penggunaan barang-barang inventaris serta kendaraan dinas;
  5. Pelaksanaan urusan rumah tangga, keamanan/ketertiban kantor dan rumah dinas Pimpinan DPRD;
  6. Pelaksanaan pengadaan Barang dan Jasa;
  7. Pengumpulan laporan tahunan kegiatan DPRD dan Sekretariat DPRD;
  8. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris DPRD sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian :

 

  1. Melaksanakan pengelolaan surat menyurat, pengetikan, penggandaan dan tata usaha kearsipan;
  2. Menyiapkan surat dinas, undangan rapat-rapat dan kunjungan kerja;
  3. Melaksanakan penggandaan, distribusi surat-surat dinas, undangan rapat-rapat dan kunjungan kerja;
  4. Menyelenggarakan administrasi dan urusan kepegawaian Sekretariat DPRD;
  5. Menyiapkan dan menghimpun berkas keanggotaan DPRD;
  6. Menyiapkan surat perintah perjalanan dinas DPRD;
  7. Menyelenggarakan pembinaan dan pengendalian disiplin pegawai;
  8. Mengevaluasi, menyusun dan melaporkan Pengawasan Melekat (WASKAT) Sekretariat DPRD;
  9. Menyusun dan melaporkan penetapan kinerja serta Rencana Strategis (RENSTRA) Sekretariat DPRD;
  10. Mengevaluasi dan menyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Sekretariat DPRD;
  11. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Umum sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Kepala Sub Bagian Keuangan:

 

  1. Menghimpun data dan menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan anggaran keuangan;
  2. Melaksanakan pengelolaan keuangan termasuk pembayaran gaji DPRD dan pegawai Sekretariat DPRD serta hak-haknya;
  3. Menyusun laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan pengelolaan keuangan;
  4. Melaksanakan verifikasi pengelolaan anggaran belanja Sekretariat DPRD;
  5. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Umum sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Kepala Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan:

 

  1. Menyusun rencana dan menyiapkan kebutuhan rumah tangga DPRD, Sekretariat DPRD dan Rumah Dinas Pimpinan;
  2. Menyiapkan bahan kebutuhan peralatan akomodasi dan konsumsi kegiatan DPRD dan Sekretariat DPRD;
  3. Mengurus kendaraan dinas, mengatur dan menyiapkan pengemudi beserta bahan bakarnya untuk kegiatan DPRD dan Sekretariat DPRD;
  4. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait guna keamanan dan ketertiban gedung DPRD dan rumah dinas Pimpinan;
  5. Melaksanakan pengoperasian peralatan teknik penunjang kegiatan DPRD dan Sekretariat DPRD;
  6. Melaksanakan pemeliharaan dan pengawasan kebersihan di lingkungan gedung DPRD dan rumah Dinas Pimpinan;
  7. Menyediakan pelayanan kesehatan bagi anggota DPRD dan Pegawai Sekretariat DPRD;
  8. Melaksanakan pemeliharaan kendaraan dinas dan inventarisasi barang-barang Sekretariat DPRD;
  9. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kegiatan DPRD dan Sekretariat DPRD;
  10. Menyediakan Cinderamata dalam bentuk Plakat, karangan bunga atau bentuk lainnya untuk kegiatan DPRD dan Sekretariat DPRD;
  11. Memandu kegiatan yang diselenggarakan oleh DPRD dan Sekretariat DPRD;
  12. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Umum sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Kepala Bagian Persidangan

Menyelenggarakan pelayanan rapat-rapat DPRD dan administrasi rapat;

 

Dan mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan rapat-rapat yang diselenggarakan oleh DPRD;
  2. Penyusunan notulen/risalah rapat-rapat yang diadakan oleh DPRD;
  3. Penyiapan rancangan jadwal kegiatan dan rencana peninjauan DPRD;
  4. Pelaksanaan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Anggota DPRD;
  5. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris DPRD.

 

Kepala Sub Bagian Rapat dan Risalah :

 

  1. Menyusunan rancangan jadawal rapat-rapat paripurna DPRD;
  2. Menyiapkan bahan-bahan sidang atau rapat termasuk daftar hadir;
  3. Melaksanakan penggandaan dan distribusi bahan-bahan rapat;
  4. Mengatur tata tempat rapat bersama-sama dengan sub bagian terkait;
  5. Menyusun rancangan sambutan jalannya rapat Paripurna untuk Pimpinan DPRD;
  6. Menyusun dan menggandakan risalah rapat-rapat Paripurna DPRD termasuk Dokumen lainnya;
  7. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Persidangan sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

Kepala Sub Bagian Kegiatan Komisi

 

  1. Menyiapkan rancangan jadwal kegiatan rapat-rapat, kunjungan kerja/peninjauan Komisi;
  2. Menyiapkan surat-surat yang terkait dengan kegiatan Komisi;
  3. Menyiapkan permohonan rapat  dan kunjungan kerja/peninjauan Komisi;
  4. Menyiapkan bahan rapat  dan kunjungan kerja/peninjauan Komisi;
  5. Menyusun notulen/catatan rapat  dan laporan kunjungan kerja/peninjauan Komisi;
  6. Menyiapkan bahan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan kegiatan komisi;
  7. Melaksanakan inventarisasi dan tindaklanjut pengaduan masyarakat;
  8. Melaksanakan  tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Persidangan sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

Kepala Sub Bagian Kegiatan Alat Kelengkapan DPRD

  1. Menyiapkan surat-surat untuk kegiatan Pimpinan DPRD, Panitia Musyawarah, Panitia Anggaran, Badan Kehormatan, Panitia Legislasi dan Panitia Khusus DPRD;
  2. Menyusun rencana jadwal rapat-rapat, kunjungan kerja/koordinasi dan konsultasi  kegiatan Pimpinan DPRD, Panitia Musyawarah, Panitia Anggaran, Badan Kehormatan, Panitia Legislasi dan Panitia Khusus DPRD;
  3. Menyiapkan dan menggandakan bahan-bahan rapat Pimpinan DPRD, Panitia Musyawarah, Panitia Anggaran, Badan Kehormatan, Panitia Legislasi dan Panitia Khusus DPRD;
  4. Menyusun notulen hasil rapat Pimpinan DPRD, Panitia Musyawarah, Panitia Anggaran, Badan Kehormatan, Panitia Legislasi dan Panitia Khusus DPRD;
  5. Melaksanakan  tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Persidangan sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

Kepala Bagian Perundang-undangan dan Dokumentasi

Menyiapkan bahan untuk penyusunan Rancangan Peraturan Daerah dan Produk-produk DPRD, melakukan dokumentasi produk-produk hukum, pengadaan publikasi dan menerima informasi masyarakat serta mengelola perpustakaan;

 

Dan mempunyai fungsi :

  1. Pengumpulan bahan dalam rangka penyusunan Peraturan Daerah dan Produk DPRD;
  2. Pengumpulan bahan untuk penerbitan majalah, brosur, atau buku tentang kegiatan DPRD;
  3. Pengumpulan produk-produk DPRD untuk Dokumentasi dan mengkliping berita;
  4. Penyiapan dan pemeliharaan produk-produk DPRD serta produk hukum Pemerintah Kabupaten Lamongan;
  5. Pelayanan kepada masyarakat dan lembaga-lembaga pemerintah yang membutuhkan informasi mengenai produk-produk DPRD dan Kegiatan DPRD;
  6. Pengelolaan perpustakan Sekretariat DPRD;
  7. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris DPRD.

Kepala Sub Bagian Perundang-undangan :

  1. Menyiapkan bahan penyusunan produk hukum DPRD;
  2. Menyusun produk hukum DPRD;
  3. Menyiapkan bahan penyusunan dan pembahasan rancangan Peraturan Daerah;
  4. Menyimpan semua berkas pengajuan dan penyusunan rancangan Peraturan Daerah;
  5. Mengumpulkan bahan dan data peraturan perundang-undangan dalam rangka mengikuti perkembangan hukum dan perundang-undangan;
  6. Menyebarluaskan produk-produk hukum DPRD;
  7. Mengagendakan produk-produk hukum DPRD;
  8. Melaksanakan  tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Perundang-undangan dan Dokumentasi sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

Kepala Sub Bagian Dokumentasi, Publikasi dan Perpustakan :

  1. Mendokumentasikan dan mempublikasikan kegiatan DPRD;
  2. Mengumpulkan bahan penerbitan majalah, tabloit, pamlet atau buku tentang kegiatan DPRD;
  3. Mencermati berita atau persyaratan yang dimukakan oleh Pimpinan, Anggota DPRD dan pihak lain, kemudian melaporkan kepada Pimpinan DPRD terhadap pemberitaan media massa yang perlu mendapat tanggapan/tidaklanjut dari DPRD;
  4. Mempublikasikan kegiatan dan produk DPRD melalui media cetak dan elektronik;
  5. Mendistribusikan hasil dokumentasi dan penerbitan DPRD, kepada lembaga pemerintah dan masyarakat;
  6. Menyiapkan dan mendistribusikan kebutuhan bahan-bahan bacaan berupa surat kabar dan majalah yang diperlukan oleh DPRD;

 

  1. Mengatur dan mendampingi wartawan media cetak dan media elektronik dalam mendokumentasikan kegiatan rapat-rapat dan kunjungan kerja DPRD;
  2. Membuat laporan hasil kunjungan kerja untuk bahan pemberitaan media cetak dan elektronik;
  3.     Menyiapkan bahan atau naskah dalam rangka penyelenggaraan jumpa pers;
  4.     Menghimpun memori dan naskah dinas pidato DPRD;
  5. Menyiapkan bahan kerja sama timbal balik dengan pers dan instansi terkait;
  6.      Mengelola perpustakaan Sekretariat DPRD;
  7. Menyiapkan rencana kebutuhan buku-buku bacaan dan buku-buku peraturan perundang-undangan untuk Perpustakaan Sekretariat DPRD;
  8. Membuat daftar dan kode buku-buku perpustakaan Sekretariat DPRD;
  9. Mengumpulkan dan meninventarisasi buku-buku/bahan-bahan pustaka yang berasal dari Dinas/Badan/Lembaga/Instansi Lainnya;
  10. Melaksanakan kerjasama/koordinasi dengan Sub Bagian lain dalam lingkungan Sekretariat DPRD dan kerja sama dengan bagian Perpustakan di luar Sekretariat DPRD;
  11. Melaksanakan  tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Perundang-undangan dan Dokumentasi sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*

twenty − 5 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>