Ziarah Makam Leluhur Lamongan

(Kamis - 26/05/2016) Ketua DPRD Kab. Lamongan Berziarah Ke Makam Leluhur Lamongan yang di pimpin oleh Wakil Bupati Lamongan berserta Forkompimda, Sekkab, MUI, Kapolri dan Para Pejabat di Lingkungan Pemkab More »

SEMARAK HARI JADI LAMONGAN KE-447 (Rabu - 25/05/2016) Pasamuan Agung dan Kirab Keliling Hari Jadi Lamongan Ke-447. More »

(Selasa - 24/05/2016) Komisi D DPRD Kab. Lamongan Menerima Kunjungan Kerja dari DPRD Kab. Nganjuk terkait Pelaksanaan BPJS Kesehatan More »

(Ahad - 22/05/2016) Pagelaran Wayang Kulit Di Halaman Kantor DPRD Kab. Lamongan Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Lamongan (HJL) Ke-447 Tahun 2016. More »

(Jumat - 20/05/2016) Sekretariat DPRD Kab. Lamongan Mengadakan Acara Khotmil Quran di Musholla Kantor DPRD Lamongan untuk Mengawali Kegiatan Hari Jadi Lamongan (HJL) Ke-447 Tahun 2016. More »

(Senin - 16/05/2016) Komisi D DPRD Kabupaten Lamongan Melakukan Hearing dengan Persatuan Guru di Gedung DPRD Kabupaten Lamongan Terkait Masalah Kejelasan Status dan Gaji More »

 

Ziarah ke Makam Sesepuh Lamongan Sebagai Penutup Peringatan HJL- 447

IMG_2824IMG_2873

Lamongan- Mengunjungi makam sesepuh Lamongan merupakan salah satu rangkaian acara pada Hari Jadi Lamongan (HJL) ke-447. Kegiatan mengunjungi makam ini dilakukan tepat pada Hari Jadi Lamongan Kamis (26/05/16) dan merupakan penutup dari serangkaian kegiatan HJL. Prosesi itu di pimpin Wakil Bupati Lamongan Kartika Hidayati mewakili Bupati Lamongan Fadeli yang secara bersamaan harus ke Jakarta memenuhi undangan Presiden Jokowi. Juga hadir dalam prosesi itu  Ketua DPRD H. Kaharudin dan anggota Forkompimda, Sekda Yuhronur Efendi, Ketua MUI KH.Aziz Choiri, serta para pejabat dilingkungan Pemkab Lamongan.

IMG_2850Ziarah diawali dimakam Mbah Sabilan, Mbah Sabilan merupakan seorang Patih dari Bupati ketiga Lamongan, Raden Panji Puspa Kusuma, pada sekitar tahun 1640-1665 yang memiliki dua orang putra, yakni Raden Panji Laras dan Panji Liris. Cerita Mbah Sabilan terkait erat dengan tradisi di Lamongan bahwa calon pengantin perempuan harus melamar calon pengantin laki-laki. Dilanjutkan dimakam Mbah Punuk, dan diakhiri di makam Mbah Ronggo Hadi atau Mbah Lamong, yang merupakan adipati pertama Lamongan yang bergelar Tumenggung Surajaya. Ketiga makam leluhur tersebut berada di wilayah kelurahan Tumenggungan Kota Lamongan.

IMG_2886Dalam sambutannya usai ziarah, Wabup Kartika berharap semangat para leluhur untuk membangun Lamongan bisa dijadikan inspirasi untuk bekerja keras demi sejahteranya masyarakat,” Ini tidak hanya sekedar ziarah, namun juga napak tilas para leluhur, terutama Mbah Ronggo Hadi. Semoga semangatnya dapat mewarnai perjuangan kita mendukung Bupati Fadeli menjadikan Lamongan tetap sebagai Kota Santri dan kental akan ajaran Agama Islam,“Tuturnya.

“Terimah kasih saya ucapkan kepada seluruh panitia dan semua yang terlibat dalam kegiatan ini. semoga atas dukungan dan apresiasinya, kedepan Lamongan selalu sejahtera, berkeadilan, berdaya saing, dan menjadi yang terbaik di Indonesia,’’ Imbuhnya. (Ans)

Semarak Hari Jadi Lamongan Ke-447 Pesamuan Agung dan Kirab Keliling di Hari Jadi Lamongan Ke-447

DSC06433_1DSC06458

 

Lamongan – Rangkaian peringatan Hari Jadi Lamongan (HJL) ke 447 digelar sangat meriah. Pada Rabu (25/5/16) diawali dengan pemasangan Oncer Sesanti Lambang Daerah oleh Ketua DPRD H. Kaharudin yang bertempat di Gedung DPRD Lamongan, kemudian dilanjutkan dengan Pasamuan Agung di Alun-Alun Kabupaten Lamongan.

DSC06442Dalam prosesi pasamuan agung itu, Bupati Lamongan Fadeli, Wabup Kartika Hidayati, Ketua DPRD H. Kaharudin, dan  SekDa Yuhronur Efendi serta semua anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Lamongan kompak mengenakan kostum ala Kasunanan era Tumenggung Surajaya.

Dalam Pesamuan Agung tersebut juga ditampilkan dua babak fragmen yang menceritakan sejarah Kabupaten Lamongan. Fragmen pertama dimulai dengan  menceritakan Penggalan lakon sejarah Lamongan, Hadi nama kecilnya. Rangga Hadi yang berasal dari Dusun Cancing Desa Sendangrejo di Ngimbang yang diceritakan menuntut ilmu agama kepada Sunan Giri III. Fragmen kemudian ditutup dilantiknya Rangga Hadi menjadi adipati di Lamongan dengan gelar Tumenggung Surajaya pada Hari Kamis Pahing 10 Dzulhijjah 976 H. Hari yang bertepatan dengan 26 Mei 1596 M inilah yang kemudian ditetapkan sebagai lahirnya Lamongan.

DSC06489Sementara fragmen kedua menuturkan cerita yang melegenda di Lamongan, kisah Raden Panji Laras dan Panji Liris, putra kembar Adipati Lamongan ke-3. Cerita ini mengisahkan bagaimana Raden Panji Laras dan Panji Liris mensyaratkan kepada putri Bupati Wirosobo, Dewi Andansari dan Dewi Andanwangi, agar membawa genuk berisi air penuh dan sajadah yang terbuat dari batu. Kedua syarat tersebut banyak dipercayai sebagai perlambang agar kedua putri Bupati Wirosobo ini untuk menjadi muslimah dahulu. Air dalam genuk itu sebagai analogi air untuk wudhu dan sajadah sebagai alas shalat.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh ketua DPRD Kabupaten Lamongan, H. Kaharudin, S.H.

DSC06490“ Saya atas nama pribadi dan DPRD, turut mengucapkan SELAMAT HARI JADI LAMONGAN YANG KE-447 SEMOGA KABUPATEN LAMONGAN MENUJU MAKMUR YANG BERKEADILAN DAN ADIL YANG BERKEMAKMURAN”. kata

  1. Kaharudin Ketua DPRD kabupaten Lamongan saat memulai sambutannya.

Selain itu beliau juga menuturkan, “ penting untuk refleksi kilas balik pengabdian kita sepanjang tahun yang sudah berjalan, dan sebagai wahana instropeksi terhadap pelaksanaan kinerja dan tanggung jawab dilingkup tugas kita masing-masing. Selain itu, peringatan Hari Jadi Lamongan juga memiliki peran sebagai rujukan dalam memacu semangat membangun daerah.” Imbuhnya.

Di akhir sambutannya beliau mengajak semua pihak dan seluruh stakeholder untuk bersama-sama turut mendukung program pembangunan daerah. dan dengan sinergi semua pihak serta dengan memohon berkah dan ridho Allah SWT, beragam persoalan daerah yang dihadapi saat ini, akan dapat diselesaikan dengan baik.

DSC06496Setelah itu,  Sambutannya kedua disampaikan oleh Bupati Lamongan, Bapak Fadeli menuturkan perkembangan Lamongan saat ini tidak bisa dilepaskan dari pendahulunya.” Rasa hormat dan terima kasih saya sampaikan kepada seluruh pendahulu-pendahulu saya yang telah ikut menancapkan pondasi yang kuat untuk membangun Lamongan yang berkelanjutan.”Tuturnya.

Dia juga menegaskan perlunya untuk terus melakukan kerja nyata dengan memperbaiki pelayanan kepada masyarakat dan meninggalkan cara yang lama yang tidak produktif. “ segala proses pelayanan yang berbelit-belit harus di potong. Semua proses pelayanan harus transparan dan tepat waktu sesuai yang dijanjikan,” pesan Fadeli Menandaskan.

DSC06515Usai pesamuan Agung dilanjutkan dengan kirab keliling kota Lamongan. Yang diikuti oleh Bupati, Wabup, Ketua dan Anggota DPRD, Anggota Forkompinda, serta Sekda dengan naik kerata kuda, kemudian disusul para pejabat yang terdiri dari Kepala SKPD, Camat dan Kepala Desa dengan naik Becak Lamongan (Bella).  (Ans/Fzr)

 

 

DSC06501DSC06504DSC06507

Kunjungan Kerja DPRD Kabupaten Nganjuk Terkait Program BPJS Ke DPRD Kabupaten Lamongan

DSC06357 DSC06321Lamongan – Selasa (24/05/2016) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kabupaten Lamongan menerima kunjungan kerja di Ruang Cadangan pada pukul 10.00 WIB dari komisi D DPRD Kabupaten Nganjuk. Kedatangan Rombongan DPRD Kabupaten Nganjuk tersebut diterima oleh Bpk, Ali Makfudl, S.Ag, S.H Ketua Komisi D (Bidang Kesejahteraan Sosial) DPRD Kabupaten Lamongan.

DSC06336Maksud dan tujuan dilaksanakan kunjungan kerja tersebut dalam rangka menambah wawasan dan referensi terkait pelaksanaan BPJS Kesehatan di Kabupaten Lamongan. Jumlah peserta kunjungan adalah sebanyak 12 anggota. Yang terdiri dari 9 anggota DPRD Kabupaten Nganjuk dan 3 anggota dari Staf Sekretariat DPRD Kabupaten Nganjuk. Yang dipimpin oleh Bapak Supardi selaku Ketua Rombongan. Selain itu juga di hadiri oleh jajaran SKPD Kabupaten Lamongan yaitu : Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan dan BPJS Kesehatan.

Dalam kunjungan kerja tersebut membahas tentang permasalahan pelayanan BPJS dan Jaminan Kesejahteraan Nasioanal (JKN). Dimana sudah bukan rahasia umum lagi kalau banyak sekali penggaduan masyarakat terkait pelayanan kesehatan dan juga pelayanan BPJS. Karena sering kali ditemui pemberian kartu BPJS salah sasaran atau tidak tepat, dimana masyarakat yang kaya mendapatkan jaminan kesehatan sedangkan masyarakat yang miskin malah tidak mendapatkan jaminan kesehatan, sehingga hal ini tentunya menyebabkan kecemburuan sosial. Banyaknya kasus salah  sasaran ini dikarenakan pendataan yang masih mengacu data tahun 2013 dan untuk yang menentukan mendapatkan program Jaminan Kesejahteraan Nasional (JKN) adalah dari Kementerian Sosial.

DSC06352Menurut Ibu drg. Fida Nuraida, M.Kes Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan Untuk mengatasi kecemburuan sosial terkait pelayanan kesehatan Pemerintah Kabupaten Lamongan mempunyai Program untuk masyarakat yang tidak tercover ke dalam BPJS atau JKN. Masyarakat yang tidak tercover bisa berobat secara gratis tanpa dipungut biaya asal mau di rawat di kelas 3 hingga sembuh secara gratis. Program Rawat Inap ini berlaku sejak tahun 2013, sedangkan Program Rawat Jalan ini sudah berlaku sejak tahun 2010.

Di Kabupaten Lamongan memiliki total 33 Pukesmas yang tersebar di 27 Kecamatan. 32 diantaranya sudah memiliki fasilitas dengan rawat inap dengan minimal memiliki 10 kamar, namun untuk Pukesmas di Kota Lamongan tidak ada fasilitas rawat inap dikarenakan di Kota lamongan terdapat RSUD Soegiri sehingga langsung dapat dirawat di RSUD. Sehingga untuk masyarakat yang ingin berobat dapat dilayani di pukesmas terlebih dahulu, namun jika pukesmas tidak mampu  melayani penyakit tertentu dapat memberikan rujukan ke Rumah Sakit.

Di kabupaten Lamongan juga terdapat Forum Kemitraan yang digunakan untuk berdialog dalam menyikapi permasalahan-permasalahan kesehatan, dalam forum ini biasanya di ikuti antara lain, Sekda, Penyedia Layanan Kesehatan, RSUD, BPJS, Komisi D DPRD Kabupaten Lamongan, Dinas Kesehatan dan instansi terkait, untuk menyelesaikan permasalahan dan mencari solusi bersama.

DSC06355BPJS merupakan Program dari JKN . BPJS merupakan jaminan kesehatan dengan prinsip asuransi sosial, iuran terjangkau manfaat luas. Adapun iuran BPJS yang harus dibayarkan tiap bulan antara lain : Kelas III : Rp. 25.000, Kelas II : Rp 51.000 dan Kelas I : Rp 80.000. (Ans/Fzr)

Semarak Hari Jadi Lamongan Ke-447 DPRD Kabupaten Lamongan Peringati dengan Pagelaran Wayang Kulit

DSC06307_1IMG_2579Lamongan – DPRD Kabupaten Lamongan Peringati Hari Jadi Kabupaten Lamongan yang ke-447. Ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam memperingati hari jadi Kabupaten Lamongan tersebut. Antara lain: Khotmil Qur’an yang dilaksanakan pada hari Jumat 20/05/2016 yang dipimpin oleh ibu Dra. Sulastri, M.Si Sekretaris DPRD yang diikuti oleh seluruh staf Sekretariat DPRD Kabupaten Lamongan dan juga oleh keluarga besar Dharma Wanita Sekretariat DPRD. Tujuan dilaksanakan kegiatan Qotmil Quran ini agar semua kegiatan di DPRD dapat berjalan dengan lancar dengan harapan semua mendapatkan rahmat, hidayah serta keselamatan di dunia dan akhirat bagi kita semua.

IMG_2594IMG_2597Pada Puncak kegiatan peringatan HJL ke-447 dilaksanakan pada hari minggu 22/05/2016 pukul 21.00 sampai selesai yakni dengan susunan acara antara lain: pembukaan yang di mulai dengan sambutan Ketua DPRD Bpk. H. Kaharudin, S.H dilanjutkan kegiatan bakti Sosial dengan membagikan bingkisan, Sambutan Bupati Lamongan Bpk. Fadeli,S.H, M.M dan dilanjutkan Doa oleh Bpk R.Imam Muklisin, M.Pd.I lalu dilanjutkan dengan pagelaran seni budaya campursari dan Wayang Kulit dengan Dalang Ki Budi Prayitno. Dalam kegiatan perayaan HJL dihadiri oleh ; Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Forkopimda dan anggota DPRD beserta istri, jajaran SKPD  dan Camat se Kabupaten Lamongan serta masyarakat umum.

IMG_2618Selain itu juga dilaksanakan kegiatan Bakti Sosial anggota DPRD Kabupaten Lamongan, kegiatan bakti Sosial ini sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat yang kurang mampu dan juga untuk menyisihkan sebagian dari harta mereka untuk kepedulian dan semoga niat baik dan tulus dapat memperoleh amal. Kegiatan Bakti Sosial ini dipergunakan dan di salurkan kepada panti Asuhan, Pondok pesantren dan Masyarakat Sekitar yang kurang Mampu. Agar dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Pagelaran Wayang Kulit ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Lingkungan DPRD Kabupaten Lamongan. Sebagai bentuk melestarikan kesenian tradisional dan kebudaayaan masyarakat, maka DPRD Kabupaten Lamongan mengadakan Pagelaran Wayang kulit Ki Dalang Budi Prayitno dengan menceritakan lakon Taman Maero Koco.

IMG_2610Kaharudin, S.H selaku Ketua DPRD Lamongan dalam sambutanya menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi terhadap semua kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka Hari Jadi Lamongan yang ke 447 . Semoga dengan rangkaian acara ini dapat bermanfaat dan diberi petunjuk dan ridho agar dapat terhindar dari musibah dan balak. Diakhir sambutanya beliau mengucapkan terimah kasih kepada semua anggota DPRD dan Sekretariat DPRD atas bantuan dan peran serta sehingga seluruh rangkaian kegiatan dan pagelaran dapat terlaksana dengan baik.

IMG_2622Bapak Fadeli, S.H, MM selaku Bupati Lamongan juga menyampaikan sambutannya tentang terwujudnya semua program di Pemerintahan Kabupaten Lamongan yang berjalan dengan baik. “Alhamdulillah, di Lamongan semua program-program telah berjalan dengan baik, aman dan lancar” tuturnya saat membuka sambutannya. Beliau juga mengajak seluruh masyarakat untuk mengevaluasi kinerja Pemerintah Kabupaten Lamongan yang sudah berusia 447 Tahun ini. Dan diakhir sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada tokoh Masyarakat, para Alim Ulama, pihak TNI, Polri yang terus menjaga situasi wilayah di Kabupaten Lamongan yang sudah Aman, Kondusif.

Dengan semangat peringatan Hari Jadi Lamongan ke-447 ini semoga dapat mewujudkan masyarakat Lamongan yang lebih Sejahtera dan  Berdaya Saing. (Ans/Fzr)

Khatmil Qur’an di Lingkungan Sekretariat DPRD Kabupaten Lamongan

DSC06060Keluarga besar Sekretariat DPRD  Kabupaten  Lamongan mengadakan  khatmil Qur`an pada Jumat (21/05/16) kemarin. Suasana nampak berbeda di lingkungan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lamongan, Seluruh karyawan dan karyawati menggunakan busana muslim serba putih. Lantunan Ayat Suci Al Quran terdengar di lingkungan DPRD sehingga suasana terlihat sangat religius.

DSC06072Kegiatan yang bertempat di Mushola DPRD ini, Pertama kali diadakan di Lingkungan Sekretariat DPRD dan di pimpin langsung oleh Ibu Dra. Sulastri, M.Si selaku Sekretaris DPRD  dengan harapan agar semua kegiatan di Sekretariat Dewan dapat berjalan lancar dan seluruh keluarga Besar Sekretariat DPRD mendapat Rahmat Serta Keselamatan Dunia dan Akhirat. Dalam kegiatan tersebut  turut hadir pula ibu-ibu Dharma Wanita Sekretariat DPRD yang bersama-sama  ikut dalam mengkatamkan Al-Qur’an. (Ans/erl)

Skip to toolbar