Pengaduan Pelayanan Publik RSUD Dr.Soegiri

Alur Tatalaksana Pengaduan Pelayanan Publik RSUD Dr.Soegiri

Keputusan Direktur Badan Pengelola RSD Dr. Soegiri Lamongan No. 188/423/SK/413.206/2006 Tentang : Pembentukan Tim Khusus Unit Pelayanan Informasi Publik dan Unit Pengaduan Bagi Masyarakat di Lingkungan Badan Pengelola RSD Dr. Soegiri Lamongan

Tugas Tim

  • Menyediakan kotak pengaduan dilengkapi dengan formulir / blangko pengaduan.
  • Bimbingan teknis pelayanan kepada petugas dan penyelesaian keluhan / komplain kepada masyarakat.
  • Mencatat pengaduan, penanganan komplain dan cara penyelesaiannya serta melaporkan kepada Bupati.
  • Melakukan monitoring dan evaluasi

alur komplain copy

Prosedur Tetap Pengaduan Pelayanan Publik RSUD Dr.Soegiri

  1. Setiap pengaduan yang masuk ke RSUD Dr Soegiri diterima oleh petugas melalui telpon No. (0322) 321718, 322582, maupun lewat kotak aduan maupun E-mail dan dicatat data pengadu dan isi pengaduan (nama, alamat dan telepon)
  2. Pengaduan dari masyarakat yang masuk akan dipilah, apabila pengaduan dari masyarakat tersebut dapat dijawab maka petugas penerima akan menjawab pengaduan masyarakat tersebut secara langsung. Dan apabila pengaduan dari masyarakat tidak dapat dijawab langsung maka pengadu (masyarakat) diminta menelepon ulang 10-60 menit kemudian.
  3. Petugas akan mencari informasi langsung menghubungi sumber informasi yang dikenal dan diketahui ( Dokter, paramedik, staf RSUD Soegiri ). Sehingga pengadu sewaktu menelepon ulang petugas sudah dapat menjawab.
  4. Setelah dikonsultasikan dengan koordinator pelayanan publik dan dapat menjawab langsung pengaduan dari masyarakat maka petugas dapat menyampaikan kepada pengadu.
  5. Dan apabila setelah dikonsultasikan dengan koordinator pelayanan publik juga tidak dapat menjawab maka, pengadu diminta untuk menunggu selama 1 – 3 x 24 jam.
  6. Selama menunggu 1 – 3 x 24 jam koordinator pelayanan publik akan mencarikan sumber informasi utama / supervisor PKRS & Humas.
  7. Setelah dari sumber informasi utama / supervisor PKRS & Humas atau dilakukan rapat koordinasi dari banyak bidang, jawaban akan disampaikan kembali ke koordinator pelayanan publik yang kemudian akan diinformasikan kepada petugas penerima pengaduan untuk disampaikan kembali kepada pengadu. Bagi pengaduan yang lewat media masa akan dibuat surat jawaban tertulis ke media yang bersangkutan. Untuk kelalaian tindakan medis akan ditangani oleh Komite Medis sendiri.
  8. Jawaban kepada pengadu / masyarakat harus disampaikan kembali maksimum dalam 5 x 24 jam. Jawaban yang tidak dapat diselesaikan dalam waktu 5 x 24 jam, baik pengaduan secara langsung, lewat telpon dan melalui media masa, maka pengadu dapat menindak lanjuti ke Komisi Pelayanan Publik.
  9. Untuk pengaduan yang tidak dapat diselesaikan akan diberikan kompensasi dengan perlakuan khusus sesuai kebijakan dari RSUD Dr.Soegiri / Instalasi masing-masing.
  10. Jawaban ditulis didalam form laporan yang sudah ditetapkan.
  11. Semua laporan dikirim ke PKRS tiap bulan, sebelum tanggal 5 bulan berikutnya.
  12. Semua pengaduan yang masuk Ke RSUD Dr.Soegiri baik secara langsung, lewat telpon maupun media masa beserta jawabannya akan dilaporkan ke Bupati tiap 1 bulan.

2 Responses to Pengaduan Pelayanan Publik RSUD Dr.Soegiri

  1. nova hapsari says:

    bagaimana protap tentang penyampaian keluhan terhadap bidang atu personal yg dikeluhkan?
    Jawab :
    Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat maka dilaksanakan kegiatan penerimaan pengaduan masyarakat dalam berbagai bentuk pengaduan baik secara tertulis maupun lisan dilakukan masayarakt umum maupun personal / internal salah satu bidang di Rumah Sakit itu sendiri adapun contoh SOP PENANGANAN PENGADUAN MASYARAKAT / PENGADUAN INTERNAL
    RUMAH SAKIT disini

    • rsud-soegiri rsud-soegiri says:

      Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat maka dilaksanakan kegiatan penerimaan pengaduan masyarakat dalam berbagai bentuk pengaduan baik secara tertulis maupun lisan dilakukan masayarakt umum maupun personal / internal salah satu bidang di Rumah Sakit itu sendiri adapun contoh SOP PENANGANAN PENGADUAN MASYARAKAT / PENGADUAN INTERNAL
      RUMAH SAKIT disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *