Tugas Pokok dan Fungsi

Pada Dinas Pekerjaan Umum Pengairan dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lamongan Nomor 03 Tahun 2008, tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kabupaten Lamongan, selanjutnya ditindak lanjuti dengan Peraturan Bupati Lamongan Nomor 29 Tahun 2008, tentang Kedudukan, Tugas, dan Fungsi Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Lamongan.

  • KEDUDUKAN TUGAS DINAS PU. PENGAIRAN

Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Kabupaten Lamongan mempunyai tugas pokok melaksanakan kewenangan otonomi Daerah Kabupaten dalam rangka pelaksanaan tugas disentralisasi di bidang Pekerjaan Umum Pengairan.

 

  • Fungsi

Dalam melaksanakan tugas, Dinas PU. Pengairan mempunyai fungsi terdiri dari sebagai berikut :

  1. Perumusan Kebijakan teknis bidang Pekerjaan Umum Pengairan ;
  2. Penyusunan, Perencanaan teknis Pembangunan dan rehabilitasi, operasi dan pemeliharaan serta pemanfaatannya ;
  3. Pelaksanaan Pembangunan dan rehabilitasi pengairan/ sumber daya air
  4. Pelaksanaan penyediaan air baku dan eksploitasi pembagian air serta pemeliharaan jaringan pengairan/sumber daya air ;
  5. Pelaksanaan Eksploitasi, pengendalian, penanggulangan  bencana banjir dan kekeringan ;
  6. Pembinaan, bimbingan, dan pemberian perijinan di bidang pengairan.sumber daya air ;
  7. Pemberian dan pelaksanaan perijinan terhadap penetapan, perubahan atau pembongkaran bangunan yang berada di perairan umum;
  8. Pembinaan, Pengawasan, Pengendalian dan Pemeliharaan peralatan/ perbekalan serta pemberdayaannya ;
  9. Pelaksanaan pengawasanan fungsional bidang Pekrjaan Umum pengairan ;
  10. Pelaksanaan ketatausahaan dan rumah tangga dinas ;
  11. Pengendalian pelaksanaan Unit Pelaksana Teknis ;
  12. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Dalam penyelenggaraan tugasnya, Dinas Pekerjaan Umum Pengairan dipimpin oleh seorang Kepala Dinas dengan dibantu oleh 1 (satu) orang Sekretaris dengan membawahi 3 (tiga) orang Kepala Sub Bagian yaitu Kepala Sub Bagian Umum, Kepala Sub Bagian Keuangan dan Kepala Sub Bagian Program. Dengan 3 (tiga) orang Kepala Bidang, yaitu Kepala Bidang Pembangunan dan Rehabilitasi, Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan, dan Kepala Bidang Bina Manfaat.

Kepala Dinas

Adalah     :     Unsur pelaksana Otonomi Daerah yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas, berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Daerah melalui Sekretaris Daerah.

Tugas      :     Melaksanakan kewenangan urusan pemerintahan dan daerah berdasarkan asas Otonomi dan tugas pembantuan di bidang Pekerjaan Umum Pengairan.

Sekretariat       

Adalah     :     Unsur staf yang dipimpin oleh seorang Sekretaris berkedudukan berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

Tugas      :     Menyelenggarakan urusan Administrasi Umum, Perlengkapan,  Kerumahtanggaan, Kelembagaan, Kehumasan, Kepegawaian, Keuangan dan Program.

Di dalam pelaksanaan kegiatan kesekretariatan dibantu oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada sekretaris yang terdiri dari :

 

Sub Bagian Umum     

Adalah   :       Unsur staf yang dipimpin oleh seorang Sub Bagian berkedudukan berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Dinas.

Tugas    :       Menyelenggarakan urusan Administrasi Umum, Perlengkapan,  Kerumahtanggaan, Kelembagaan, Kehumasan, Kepegawaian, dan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Keuangan

Adalah   :   Unsur staf yang dipimpin oleh seorang Sub Bagian berkedudukan berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Dinas.

Tugas        :    Menghimpun data, menyiapkan mengelola, melaporkan mengenai Administrasi Keuangan, dan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.


 

Sub Bagian Program

Adalah       :    Unsur staf yang dipimpin oleh seorang Sub Bagian berkedudukan berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Dinas.

Tugas        :    Menyelenggarakan urusan pengumpulan, pengnventarisir, mensistemasikan, serta pengevaluasian program kegiatan Dinas, dan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Bidang Pembangunan dan Rehabilitasi

Adalah       :    Unsur pelaksana Dinas yang dipimpin oleh seorang Kepala Bidang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab Kepala Dinas.

Tugas        :    Melaksanakan penyiapan perumusan Kebijakan teknis dan strategis, Koordinasi, Pembinaan, Pengendalian dan pemberian bimbingan teknis  di Bidang Pembangunan dan Rehabilitasi.

Di dalam pelaksanaan kegiatan bidang Pembangunan dan Rehabilitasi dibantu oleh seorang Kepala Seksi Pembangunan dan Kepala Seksi Rehabilitasi yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Bidang yang terdiri dari :

Seksi Pembangunan

Adalah       :    Unsur staf yang dipimpin oleh seorang Seksi berkedudukan berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.

Tugas        :    Melakukan survey, penataan, penelitian, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pengawasan, pengendalian, pengevaluasian pembangunan peningkatan sarana pengairan/sumber daya air serta bangunan pelengkapnya, dan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Seksi Rehabilitasi

Adalah       :    Unsur staf yang dipimpin oleh seorang Seksi berkedudukan berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.

Tugas        :    Melakukan survey, inventarisasi, penelitian, perencanaan, pemantauan, pengawasan, pengendalian, pengevaluasian rehabilitasi jaringan irigasi, drainase serta bangunan pelengkapnya, dan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Operasi dan Pemeliharaan

Adalah       :    Unsur pelaksana Dinas yang dipimpin oleh seorang Kepala Bidang, berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

Tugas        :    Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis dan strategis, Koordinasi, Pembinaan, Pengendalian dan Pemberian bimbingan teknis Operaional dan Pemeliharaan jaringan pengairan dan kelengkapannya serta pengelolaan peralatan / perbekalan.

Seksi Operasi

Adalah       :    Unsur staf yang dipimpin oleh seorang Seksi berkedudukan berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.

Tugas        :    Melakukan inventarisasi, penelitian, monitoring, penyusunan, evaluasi,, penyediaan, pengaturan, pembagian, pengawasan, pembinaan pelaksanaan operasi pengendalian, sarana pengairan/sumber daya air serta bangunan pelengkapnya, dan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Seksi Pemeliharaan

Adalah       :    Unsur staf yang dipimpin oleh seorang Seksi berkedudukan berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.

Tugas        :    Melakukan inventarisasi, penyusunan, perencanaan, pembinaan, pelaporan, pengamanan, penertiban, dalam pelaksanaan pemeliharaan sarana pengairan/sumber daya air serta bangunan pelengkapnya, dan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Bina Manfaat

Adalah       :    Unsur pelaksana Dinas yang dipimpin oleh seorang Kepala Bidang, berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala DinaS.

Tugas        :    Melaksanakan Penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis dan strategis, Koordinasi, pembinaan, pengendalian dan pemberian bimbingan teknis bidang pengawasan irigasi tersier, irigasi desa, irigasi air tanah dan penyuluhan serta pengelolaan perijinan di bidang pengairan.

 

 

Seksi Irigasi Pedesaan

Adalah       :    Unsur staf yang dipimpin oleh seorang Seksi berkedudukan berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.

Tugas        :    Melakukan perencanaan, pengawasan, pembinaan, pemantauan, evaluasi, pelaporan, inventarisasi, sarana pengairan/sumber daya air serta bangunan pelengkapnya, dan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Seksi Penyuluhan dan perijinan

Adalah       :    Unsur staf yang dipimpin oleh seorang Seksi berkedudukan berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang.

Tugas        :    Melakukan inventarisasi, pengkajian, pemberian ijin, , pendataan, pembinaan, pelatihan, laporan, evaluasi bagi pemakai sarana pengairan/sumber daya air serta bangunan pelengkapnya, dan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya.

UPT

Adalah       :    Unsur pelaksana teknis Dinas yang dipimpin oleh seorang Kepala UPT yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas.

Tugas        :    Melaksanakan sebagian tugas Dinas yang mempunyai wilayah kerja tertentu, dan secara operasional di wilayah dikoordinasikan oleh Camat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current day month ye@r *