Serah Terima Jabatan

Serah Terima Jabatan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan More »

Selamat dan Sukses atas di raihnya penghargaan Sindo Weekly Goverment Award 2014 Bidang Pendidikan oleh Bupati Lamongan Bapak H. FADELI, SH. MM. More »

Penampilan siswa-siswi SD, SMP, SMA dengan Lagu Oplosan binaan Bapak Rahardjo pada Pembukaan Pameran Pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan More »

 

Verval Data Peserta UN Tahun 2014

Surat pemberitahuan vervalpd untuk UNverval data calon peserta UN 2014 atau Pemberitahuan dari PDSP perihal VerVal Data Calon Peserta UN 2014 ini bisa di unduh di sini

Petunjuk Teknis Penulisan Ijasah SD Tahun 2014

Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah merilis petunjuk teknis penulisan ijazah atau pedoman pengisian blangko ijazah satuan pendidikan dasar tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini diatur dalam surat Balitbang Kemendikbud nomor 7396/H/TU/2014 tanggal 6 Juni 2014.

Ijazah untuk SD hanya diterbitkan oleh satuan pendidikan yang sudah diakreditasi. Beberapa ketentuan penulis ijasah tersebut diantaranya; ijazah dan hasil ujian atau daftar nilai ujian dicetak bolak-balik, ijazah di halaman depan dan daftar nilai ujian halaman belakang. Ijazah SD diisi oleh panitia yang dibentuk kepala sekolah.

Ijazah ditulis tangan dengan tulisan huruf kapital yang baik, benar, jelas, rapi, mudah dibaca, dan bersih dengan menggunakan tinta warna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah dihapus. Jika terjadi kesalahan dalam pengisian, ijazah tidak boleh dicoret, ditimpa, atau di tipe-ex dan harus diganti dengan blangko yang baru.

Satuan pendidikan tidak diperbolehkan untuk menahan atau tidak memberikan ijazah kepada pemilik Ijazah yang sah dengan alasan apapun.

Selengkapnya petunjuk teknis penulisan ijazah atau pedoman pengisian blangko ijazah satuan pendidikan dasar tahun pelajaran 2013/2014 bisa diunduh di sini

SILABUS TEMATIK SD KURIKULUM 2013

Mulai tahun pelajaran 2013/2014 Kurikulum 2013 akan diterapkan di sekolah yang mendapat prioritas dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Untuk silabus Kurikulum 2013 dibuat Kemendikbud. Secara bertahap Kurikulum pengganti KTSP ini diimplementasikan. Tahap awal untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) diterapkan pada kelas 1 dan kelas 4.

Kurikulum 2013 untuk SD menggunakan metode tematik integratif, yaitu dalam pembelajaran menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa materi ajar. Tema akan yang akan menjadi penggerak mata pelajaran yang lain. Pada kurikulum baru SD masing-masing kelas akan disediakan banyak tema. Umumnya tiap tingkatan kelas mempunyai delapan tema berbeda.

Silabus merupakan program pembelajaran yang akan dijadikan dasar untuk membuat rencana pembelajaran. Penyusunan silabus oleh pusat ini dimaksudkan agar pengawasan dan kontrol pendidikan jadi lebih mudah. Sehingga proses pembelajaran tidak menurut cara yang diketahuinya sendiri-sendiri.

Untuk Silabus SD Kelas 1 bisa di download disini
Untuk Silabus SD Kelas 2 bisa di download disini
Untuk Silabus SD Kelas 3 bisa di download disini
Untuk Silabus SD Kelas 4 bisa di download disini
Untuk Silabus SD Kelas 5 bisa di download disini
Untuk Silabus SD Kelas 6 bisa di download disini