NISN

nisn2NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan StatistikĀ  Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional.

Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan.

Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia.

Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN.

Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online

Untuk mengecek NISN dapat diĀ  : http://data.nisn.kemdiknas.go.id atau klik disini

12 Responses to NISN

  1. TONI says:

    mohon ditapilkan nisn dari siswa yang bernama fathoni fachrulazmi

  2. kidul says:

    anak didik saya banyak yang belum punya NISN tolong gmana cara mendaftar NISN bg anak didik kami yg baru???? trims

    • pendidikan pendidikan says:

      Pengajuan NISN baru bisa dilakukan Lembaga masing-masing.
      Format pengajuan dan langkah-langkanya ada di link http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/dyn/4

      • ronald bob says:

        saya Op. Sekolah SD Tanah Harapan mau tanya bagaimana cara mengajukan NISN bagi siswa yg sudah kelas 3 SMP, sedangkan blm memiliki NISN…. padahal NISN itu di berikan ketika masih d SD, apa yang bisa saya lakukan??? mohon petunjuknya sebab kasian mereka sll di tanyakan NISN untuk persiapan ujian nasional nanti
        terimakasih

        • pendidikan pendidikan says:

          Pengajuan NISn sekarang melalui Aplikasi Dapodik
          Atau silahkan coba mengajukan melelui hppt://nisn.data.kemdikbud.go.id di alamat itu ada proses pengajuan NISN bagi yang belum memiliki dan bisa mengecek data NISN.

  3. kusairi kurniawan says:

    saya sudah mengajukan NISN Via Online tapi kenapa sampai sekarang kok belum keluar…!!!

  4. choir roni says:

    sampai saat ini NISN siswa saya kok blm kluar padahal
    da mngajukan lwat dapodik…..

    • pendidikan pendidikan says:

      Untuk sementara pengajuan NISN yang berhasil baru kelas 1 SD tahun pelajaran 2012/2013. Artinya pengajuan NISN d Dapodik tahun ini maka NISN akan keluar tahun depan. Jadi pengajuan yang sekarang masih menungu atau dalam proses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *