MUSRENBANGKEC (MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN KECAMATAN) KEC. PACIRAN TAHUN ANGGARAN 2014

IMG_0595

Musrenbang Kecamatan di Pendopo Kecamatan Paciran

Pada Hari Rabu tanggal 27 Pebruari 2013 pukul 10.00 di Kecamatan Paciran dilaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (MUSRENBANGKEC) yang bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan Paciran. Adapun penjelasan tentang MUSRENBANG PERENCANAAN KECAMATAN adalah sebagai berikut :

A. PENGERTIAN

1. Musrenbang Kecamatan adalah forum musyawarah stakeholders     kecamatan untuk mendapatkan masukan prioritas kegiatan dari Desa/Kelurahan serta menyepakati kegiatan lintas Desa/Kelurahan di Kecamatan tersebut sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten pada tahun berikutnya.

2. Stakeholders Kecamatan adalah pihak yang berkepentingan dengan prioritas kegiatan dari Desa/Kelurahan untuk mengatasi permasalahan di Kecamatan serta pihak-pihak yang berkaitan dengan dan atau terkena dampak hasil musyawarah.

3. SKPD ( Satuan Kerja Perangkat Daerah ) adalah unit kerja Pemerintah Kabupaten yang mempunyai tugas untuk mengelola anggaran dan barang daerah.

4. Renja SKPD adalah Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah.

5. Nara sumber adalah pihak pemberi informasi yang perlu diketahui peserta Musrenbang untuk proses pengambilan keputusan hasil Musrenbang.

6. Peserta adalah pihak yang memiliki hak pengambilan keputusan dalam Musrenbang melalui pembahasan yang disepakati bersama.

7. Musrenbang Kecamatan menghasilkan antara lain :

   1)  Daftar kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan di kecamatan pada tahun berikutnya yang disusun menurut SKPD dan atau gabungan SKPD ;

    2)  Daftar nama delegasi Kecamatan untuk mengikuti Musrenbang Kabupaten.

B. TUJUAN

Musrenbang Kecamatan diselenggarakan untuk :

1. Membahas dan menyepakati hasil – hasil Musrenbang dari tingkat Desa/Kelurahan yang akan menjadi prioritas kegiatan pembangunan di wilayah Kecamatan yang bersangkutan. 

2. Membahas dan menetapkan prioritas kegiatan pembangunan di tingkat kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan Desa/Kelurahan.

3. Melakukan klasifikasi atas prioritas kegiatan pembangunan Kecamatan sesuai dengan fungsi – fungsi Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten.

 

C. MASUKAN

Berbagai hal yang perlu disiapkan untuk penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan antara lain adalah :

1. Dari Desa/Kelurahan

    a.  Dokumen Rencana Kerja Pembangunan Tahunan dari masing – masing Desa/Kelurahan untuk mengikuti Musrenbang Kecamatan.

    b.  Daftar nama anggota delegasi dari Desa/Kelurahan untuk mengikuti Musrenbang Kecamatan.

   c. Daftar nama para wakil kelompok fungsional/asosiasi warga, koperasi, LSM yang bekerja di Kecamatan, atau organisasi tani/nelayan tingkat Kecamatan.

2. Dari Kabupaten

   a.  Kode Kecamatan (dua angka/digit yang sama dengan yang disampaikan di Desa/Kelurahan) untuk memudahkan SKPD dan Bappeda mengetahui Kecamatan yang mengusulkan kegiatan tersebut.

   b.  Prioritas kegiatan pembangunan daerah untuk tahun mendatang, yang dirinci berdasarkan SKPD pelaksananya beserta rencana pendanaannya di Kecamatan tersebut.

   c.  Penjelasan nama dan jumlah Forum SKPD dan Forum Gabungan SKPD sebagaimana telah ditentukan oleh Bappeda.