KANTOR PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH

KANTOR PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH JL. Basuki Rahmat NO. 1 Telp (0322) 313449 LAMONGAN E-mail : kppd@lamongankab.go.id web site : http://lamongankab.go.id/instansi/litbang/ More »

Kerja Bakti

Kerja Bakti Bukan Hanya Untuk Adipura More »

PENELITIAN RESTRIBUSI PENDAPATAN PASAR HEWAN DI KABUPATEN LAMONGAN

Kerjasama; KANTOR PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH (LITBANGDA) KABUPATEN LAMONGAN Dengan LPPM UNISLA LAMONGAN TAHUN 2011 More »

Gerak Jalan Mayangkara

Gerak jalan mayangkara adalah gerak jalan dengan rute sejauh 22 KM yang dimulai dari gedung Mayangkara yang berada di Kecamatan Mantup dan berakhir di depan Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan. More »

 

Kajian Dampak Pembakaran Timah Terhadap Masyarakat

A. Kesimpulan

Berdasarkan hasil pengumpulan data primer dan sekunder serta analisa, dapat disimpulkan beberapa hal terkait dengan kegiatan daur ulang aki bekas di Kecamatan Pucuk yaitu:

  1. Kegiatan peleburan timah yang merupakan daur ulang aki bekas di lokasi penelitian menghasilkan limbah cair. Dari uji laboratorium dapat diketahui bahwa limbah cair tersebut mengandung Timah Hitam (Pb) dan Sulfat dengan kadar yang berbeda-beda pada setiap lokasi. Dari hasil analisa statistik dapat disimpulkan bahwa  terdapat perbedaan signifikan antara kadar Pb di Kecamatan Pucuk  dengan Kecamatan Sekaran. Hal ini berkaitan dengan jarak antara sumber limbah cair dengan lokasi badan air. Keadaan ini menunjukkan bahwa limbah cair yang dihasilkan dari kegiatan daur ulang aki bekas mengakibatkan pencemaran air, terutama di lokasi di dekat lokasi kegiatan.
  2. Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 03 tahun 2010 menunjukkan bahwa kandungan Timbal (Pb) masih memenuhi persyaratan baku mutu. Sedangkan berdasarkan  Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 45 Tahun 2002 tentang Baku Mutu Limbah Cair Bagi Industri atau Kegiatan lainnya di Jawa Timur, air di lokasi tersebut tidak dapat dimasukkan sebagai air kelas satu yaitu air yang peruntukannya dapat digunakan untuk air baku air minum dan atau peruntukan lain yang mempersyaratkan mutu air yang sama dengan kegunaan tersebut. Akan tetapi air tersebut masih dapat digunakan dapat digunakan untuk prasarana / sarana rekreasi, pembudidayaan ikan air tawar, peternakan, air untuk mengairi pertanaman, dan atau peruntukan lain yang mempersyaratkan mutu air yang sama dengan kegunaan tersebut.

Penelitian Penempatan Rambu-rambu Lalu Lintas di Kabupaten Lamongan

A. KESIMPULAN

  1. Program pengendalian dan pengamanan lalu lintas terdiri dari beberapa kegiatan antara lain :  pengadaan rambu-rambu lalu lintas, pengadaan marka jalan, pengadaan warning light dengan solar cell, pengadaan traffic voice rambu lalu lintas.
  2. Penggunaan dana pengendalian dan pengamanan lalu lintas pada tahun 2013 tidak bisa memenuhi target yang telah dicanangkan atau dibawah 100 %. Penggunaan dana rambu-rambu lalu lintas prosentasenya paling rendah dibanding kegiatan lainnya.
  3. Kegiatan penambahan rambu-rambu lalu lintas berjalan tiap tahun. Untuk tahun 2011 terdapat penambahan rambu sebanyak 153 buah, sehingga jumlah keseluruhan sebanyak 865 buah (59,45 %) dari target sebesar 59,24 % sehingga target terpenuhi. Pada tahun 2012 terjadi penambahan rambu sebanyak 151 buah yang pada akhirnya jumlah keseluruhan adalah 1.016 buah (69,83 %) dari target 69,55 %, sehingga lebih 0,28 %. Hal ini disebabkan karena adanya hibah dari Propinsi Jawa Timur sebanyak 88 buah yang terpasang di KM 36 sampai dengan KM 72,3 jalan nasional. Tahun 2013, ada tambahan pengadaan rambu sebanyak 14 buah yang diperoleh dari hibah Pemprov Jawa Timur, sehingga jumlah keseluruhan sebanyak 1.030 buah (70,79 %) dari target 80,54 %. Adanya deviasi 9,75 %, disebabkan pada tahun 2013 Dinas Perhubungan Lamongan tidak melakukan pengadaan rambu, karena anggaran terkonsentrasi pada pengadaan pengecatan marka jalan, peninggian jalan, peningkatan kualitas jalan pengaspalan.

Rapat Kegiatan Penelitian Perluasan Daerah Tanaman Hortikultura

Susunan Acara

  1. Pembukaan.
  2. Sambutan Kepala Kantor Litbangda Oleh, Bapak Drs. SUPARNO, M.S.i
  3. Penyampaian Paparan Penelitian Oleh Bapak Ir. CHOIRUL ANAM, M.S.i
  4. Tanggapan dan Masukan oleh Tim Teknis (Bapeda, Dinas Pertanian dan Kehutanan, Bagian Perekonomian, Bagian Hukum)
  5. Tanggapan dan Penjelasan oleh Peneliti
  6. Do'a dan Penutup.

Rangkuman

Penelitian Perluasan Daerah Tanaman Hortikultura

 

Pengembangan usaha agribisnis hortikultura mempunyai keunggulan dibandingkan dengan komoditas pertanian lainnya. Pertama dalam satuan luas lahan yang kecil dapat memberikan keuntungan relatif besar. Kedua, dapat memberikan jaminan pendapatan yang tinggi, jangka panjang dan berkelanjutan, khususnya pada pengusahaan tanaman buah-buahan. Tujuannya adalah: a). Untuk mengetahui  perkembangan perluasan daerah tanaman hortikultura; b). Untuk mengetahui perkembangan daerah dan jenis tanaman hortikultura di Kabupaten Lamongan. Metode datanya  yaitu data primer dengan melakukan wawancara kepada yang terkait, serta data sekunder yang diperoleh dari dokumen resmi, buku, hasil-hasil penelitian yang berwujud laporan, dan sebagainya. Analisis data ini menggunakan metode kualitatif dan dianalisis secara komprehensif terhadap perkembangan perluasan daerah tanaman hortikultura.