KANTOR PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH

KANTOR PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH JL. Basuki Rahmat NO. 1 Telp (0322) 313449 LAMONGAN E-mail : kppd@lamongankab.go.id web site : http://lamongankab.go.id/instansi/litbang/ More »

PENINGKATAN SDM TERHADAP PJTKI DI KABUPATEN LAMONGAN

Kerjasama; KANTOR PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH (LITBANGDA) KABUPATEN LAMONGAN Dengan LPPM UNISDA LAMONGAN TAHUN 2012 More »

PENELITIAN RESTRIBUSI PENDAPATAN PASAR HEWAN DI KABUPATEN LAMONGAN

Kerjasama; KANTOR PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH (LITBANGDA) KABUPATEN LAMONGAN Dengan LPPM UNISLA LAMONGAN TAHUN 2011 More »

Gerak Jalan Mayangkara

Gerak jalan mayangkara adalah gerak jalan dengan rute sejauh 22 KM yang dimulai dari gedung Mayangkara yang berada di Kecamatan Mantup dan berakhir di depan Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan. More »

 

Rekomendasi dan Hasil Koordinasi Penelitian Potensi Waduk Sebagai Penyimpan Air di Kabupaten Lamongan

  1.  Hasil Rekomendasi :
  1. Perlu segera diadakan normalisasi atau pengerukan waduk sehingga tidak terjadi pendangkalan.
  2. Waduk-waduk yang besar hendaknya dapat dimanfaatkan sebagai penyimpan air dan pengendali banjir.
  3. Perlu adanya sosialisai secara terus menerus bagi warga sekitar waduk tentang penertiban lahan waduk dan rawa sesuai dengan fungsinya dan sanksi hukum  pagi yang melanggar.
  4. Diharapkan adanya program modernisasi pertanian yang melakukan pembangunan jaringan irigasi dan pengerukan embung-embung desa.

 

  1. Hasil Koordinasi dengan Dinas Instansi terkait, sesuai dengan Rekomendasi hasil penelitian, diantaranya sebagai berikut :
  1. Melakukan upaya Normalisasi ( Pengerukan ) bagi waduk – waduk yang kondisinya terjadi pendangkalan, dan akan terus melakukan perbaikan / pembenahan terhadap waduk yang kondisinya masih terjadi pendangkalan / kerusakan secara bertahap menjadi program utama Dinas Pengairan dan partisipasi masyarakat sekitarnya.

Rekomendasi dan Hasil Koordinasi Penelitian Fungsi Kelembagaan Ponkesdes di Tingkat Desa di Kabupaten Lamongan

  1. Hasil Rekomendasi :

    1. Ketersediaan fasilitas layanan kesehatan dasar masyarakat khususnya di pedesaan masih belum merata. Karenanya perlu memberikan prioritas bagi pedesaan di wilayah kecamatan yang jauh dari akses pelayanan kesehatan dasar serta kualitas infrastruktur terutama jalan yang masih belum memadai misalnya pedesaan diwilayah Kecamatan Bluluk yang hanya memiliki 1 (satu) Puskesmas, 3 (tiga) Pustu dan 1 (satu) Ponkesdes.
    2. Perlu peningkatan keahlian kader kesehatan ponkesdes khususnya keahlian dalam menyelenggarakan upaya- upaya kesehatan yang bersifat promotif dan preventif. Di kebanyakan ponkesdes bidan dan tenaga medis yang menjalankan upaya kuratif semata lebih banyak berperan daripada pelaksanaan upaya-upaya kesehatan yang bersifat promotif dan kuratif. Padahal justru ini adalah hal penting untuk mendidik dan membiasakan masyarakat dalam perilaku hidup sehat sebagai sebuah kesadaran kolektif (collective awareness). Pendidikan serta pelatihan pelatihan sangat penting untuk peningkatan kapasitas Sumber daya manusia Ponkesdes.
    3. Perlu berbagai upaya yang bertujuan meningkatkan dan memperluas pemahaman dan kesadaran warga masyarakat mengenai posisi mereka sebagai subyek dan bukannya obyek dalam pembangunan khususnya pembangunan fasilitas layanan kesehatan dasar masyarakat di pedesaan yang berkategori UKBM seperti Ponkesdes. Peningkatan pemahaman dan kesadaran ini sebagai wujud partisipasi dan pemberdayaan masyarakat sebagaimana yang diamanatkan undang-undang juga akan bermanfaat bagi keberlangsungan (sustainability) dari Ponkesdes tersebut sebab rasa memiliki (sense of belonging) dari masyarakat akan terus menjaga dan menumbuhkan Ponkesdes tersebut sebagai kepentingan dan kebutuhan masyarakat.

Rapat Tim Teknis Kegiatan Kelitbangan

SUSUNAN ACARA RAPAT TIM TEKNIS KEGIATAN PENELITIAN TENTANG FUNGSI KELITBANGAN DALAM RANGKA PENGUATAN  KELEMBAGAAN KANTOR PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH KABUPATEN LAMONGAN

  1. Pembukaan (pembacaan al fatihah)
  2. Sambutan kepala Kantor Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Lamongan, Bapak Drs. SUPARNO, M.Si.
  3. Penyampaian paparan oleh Ir. HERUKMI SEPTA RINAWATI, MM (Peneliti dari Balitbang Propinsi Jawa Timur).
  4. Tanggapan dan Masukan dari para Tim Teknis.
  5. Penjelasan dari Peneliti.
  6. Do’a / Penutup

 

Kerja Bakti Bukan Hanya untuk Adipura

 

 

 

 

Kepala Kantor Penelitian dan Pengembangan Daerah Bapak Suparno, M.Si memimpin  seluruh stafnya untuk melaksanakan kerja bakti di ruas-ruas jalan protokol. “kerja bakti ini bertujuan untuk meningkatkan keindahan dan kebersihan lingkungan, karena dalam waktu dekat ini akan ada penilaian Adipura” demikian arahan dari kepala kantor Litbangda sehari sebelum kerja bakti  dilaksanakan.