KANTOR PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH

KANTOR PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH JL. Basuki Rahmat NO. 1 Telp (0322) 313449 LAMONGAN E-mail : kppd@lamongankab.go.id web site : http://lamongankab.go.id/instansi/litbang/ More »

Kerja Bakti

Kerja Bakti Bukan Hanya Untuk Adipura More »

PENELITIAN RESTRIBUSI PENDAPATAN PASAR HEWAN DI KABUPATEN LAMONGAN

Kerjasama; KANTOR PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH (LITBANGDA) KABUPATEN LAMONGAN Dengan LPPM UNISLA LAMONGAN TAHUN 2011 More »

Gerak Jalan Mayangkara

Gerak jalan mayangkara adalah gerak jalan dengan rute sejauh 22 KM yang dimulai dari gedung Mayangkara yang berada di Kecamatan Mantup dan berakhir di depan Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan. More »

 

Nominator Terpilih Lomba INOTEK Tingkat Kabupaten Lamongan Tahun 2016

 

Berdasarkan hasil penilaian Paparan Peserta pada tanggal 21 Juni 2016, maka ditetapkan nominator terpilih yang akan mengikuti tahapan selanjutnya, yaitu kunjungan lapangan.

 

img1a

 

img1b

UNDANGAN FGD

Klik Link dibawah ini untuk melihat undangan FGD

img002 img003 img004 img005

JADWAL ACARA

FGD / Paparan Proposal Inovasi Teknologi Dalam Rangka

Lomba Inovasi Teknologi Tingkat Kabupaten Lamongan Tahun 2016

Selasa, 21 Juni 2016

TABEL

Penelitian Fungsi dan Peran LPM Dalam Pembangunan di Desa di Kabupaten Lamongan tahun 2015

cover LP4A

I. Waktu Pelaksanaan

Waktu pelaksanaan Bulan Juni s/d Bulan November 2015

II. Lokasi Penelitian

Lokasi kegiatan Penelitian Fungsi dan Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ( LPM ) Dalam Pembangunan di Desa adalah Wilayah Kabupaten Lamongan

III. Tujuan Penelitian

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah :

  1. Untuk mengetahui bagaimana kedudukan dan wewenang Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dalam sistem Pemerintahan Desa;
  2. Untuk mengetahui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dalam menjalankan fungsi dan peranannya;
  3. Untuk mengetahui kendala-kendala yang timbul dalam pelaksanaan fungsi dan perannya
  4. Untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam memberikan dukungan dan keberhasilan dalam memberdayakan masyarakat .

IV. Analisa Data

Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah termasuk analisis kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan serta menjelaskan data yang telah diperoleh dan selanjutnya dijabarkan dalam bentuk penjelasan yang sebenarnya. Kemudian pemakaian alat analisis tersebut sesuai dengan tahapan yang dikembangkan Miles dan Huberman (2009:20) seperti yang tergambar sebagai berikut:

Penelitian Potensi Pendapatan Asli Daerah Sektor Perusahaan Daerah Kabupaten Lamongan

cover muk_1

I. KESIMPULAN

Dari hasil penelitian dan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

  1. Berdasarkan Hasil analisis perhitungan kontribusi bahwa Laba BUMD pada tahun 2010 sampai tahun tahun 2014 masih memiliki kotribusi meskipun tidak maksimal. Artinya bahwa Laba BUMD masih berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Lamongan meskipun tidak sepenuhnya.
  2. Berdasarkan perhitungan efektivitasnya menunjukkan bahwa Bagian Laba Penyertaan Modal BUMD di kabupaten Lamongan tahun 2010 sampai tahun 2014 semakin menurun tingkat efektivitasnya, meskipun demikian masih dalam kriteria sangat efektive. Dengan hasil tersebut maka, Penyertaan Modal BUMD adalah satu sumber pendapatan yang potensial terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).
  3. Pada tingkat pertumbuhan dapat diketahui bahwa pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari tahun 2009 ke tahun 2010 mencapai 42,99% dengan kategori sehat dan tahun dari tahun 2010 ke tahun 2011 mencapai 4,52% dengan kategori sangat kurang sehat. Dan tahun 2011 ke tahun 2012 mencapai 29,87 % dengan kategori pertumbuhan yang cukup baik.artinya potensi yang ada pada sumber Pendapatan Asli Daerah yang termasuk di dalamnya adalan Laba Penyertaan Modal BUMD hampir cukup dikelola secara maksimal. Jika dilihat pertumbuhan PAD tahun 2012 ke tahun 2013 sebesar 24,59 %, hal ini berarti terjadi penurunan sebesar 5,28 % dari tahun sebelumnya namun masih dalam kategori cukup baik. Pertumbuhan PAD mengalami kenaikan yang significant ditahun 2014, sebesar 68,97 %, hal ini berarti terjadi kenaikan sebesar 44,38 % yang masuk kategori Sangat Baik. Jadi ditahun 2014 Kabupaten Lamongan telah mengelola Pendapatan Asli Daerah secar optimal dan semakin membaik.
  4. Dapat disimpulkan bahwan dari keempat Perusahaan daerah kab. Lamongan dari tahun 2010-2014 yang bisa dijadikan contoh adalah PD. Bank Daerah Lamongan, karena grafiknya terus meningkat dengan kriteria sangat berkontribusi. Mudah-mudahan untuk tahun berikutnya bisa terus ditingkatkan.
Skip to toolbar