KANTOR PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH

KANTOR PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH JL. Basuki Rahmat NO. 1 Telp (0322) 313449 LAMONGAN E-mail : kppd@lamongankab.go.id web site : http://lamongankab.go.id/instansi/litbang/ More »

Kerja Bakti

Kerja Bakti Bukan Hanya Untuk Adipura More »

PENELITIAN RESTRIBUSI PENDAPATAN PASAR HEWAN DI KABUPATEN LAMONGAN

Kerjasama; KANTOR PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH (LITBANGDA) KABUPATEN LAMONGAN Dengan LPPM UNISLA LAMONGAN TAHUN 2011 More »

Gerak Jalan Mayangkara

Gerak jalan mayangkara adalah gerak jalan dengan rute sejauh 22 KM yang dimulai dari gedung Mayangkara yang berada di Kecamatan Mantup dan berakhir di depan Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan. More »

 

PENELITIAN PENDIRIAN PASAR MODERN (SWALAYAN) TERHADAP KEBERADAAN PASAR TRADISIONAL DI KABUPATEN LAMONGAN

  1. Latar Belakang

Perkembangan  toko modern  di  Indonesia mempengaruhi perkembangan  toko di kota kecil. Kehadiran  toko  modern  di  Kabupaten Lamongan sudah menjamur  di  berbagai  lokasi,  bahkan merambah hingga  ke  permukiman  padat  penduduk. Pertumbuhan  toko  modern  jenis  minimarket  di Kabupaten Lamongan cukup  pesat,  dan  dimungkinkan semakin lama akan semakin memberikan dampak buruk bagi  toko usaha kecil pada umumnya.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan pasar modern dewasa ini menjadi tuntutan dan konsekuensi dari gaya hidup yang berkembang di masyarakat kita. Tidak hanya di kota metropolitan tapi sudah merambah di kota kecil di tanah air. Sangat mudah menjumpai Minimarket, Supermarket, Hypermarket di sekitar tempat tinggal kita. Tempat-tempat tersebut menjanjikan tempat yang nyaman dengan harga yang tidak kalah menariknya. Namun dibalik kesenangan tersebut ternyata membuat peritel kelas menengah dan bawah mengeluh.

Penelitian Perluasan Daerah Tanaman Holtikultura

  1. Kesimpulan

Berdasarkan data dan pembahasan  hasil penelitian didapatkan kesimpulan sebagai berikut:

  1. Luas lahan non sawah atau lahan kering (lahan hortikultura) di Kabupaten Lamongan menunjukkan peningkatan luas dari tahun 2009 (37.132 hektar), ke tahun 2010 (37.988 hektar) sampai tahun 2011 (38.108 hektar), akan tetapi terjadi penurunan luas lahan pada pada tahun 2012 (35.883 hektar).
  2. Tanaman hortikultura sejak tahun 2005 sampai dengan tahun 2012 mempunyai luas daerah sebagai berikut :
  1. Bawang merah mempunyai daerah terluas pada tahun 2012 yaitu 99 hektar dan terendah pada tahun 2008 yaitu 62 hektar. Sedangkan penyebaran daerah tanaman ini sejak tahun 2009 – 2012 telah dibudidayakan di 6 Kecamatan dan daerah terluas yaitu Kecamatan Ngimbang.
  2. Lahan  tanaman bawang daun terluas pada tahun 2006 yaitu 25 hektar dan  terrendah pada tahun 2012 yaitu satu hektar. Sedangkan daerah terluas di Kecamatan Kembangbahu.

Memori Serah Terima Kepala Kantor Litbangda

Ada yang datang.. dan ada yang pergi. Ada masanya memulai tugas, dan akan ada masanya suatu saat nanti untuk mengakhiri semua itu. Begitu juga halnya dengan tampuk kepemimpinan di Kantor Penlitian dan Pengembangan Daerah harus di serahkan dari Drs. Suparno, M.Si sebagai kepala kantor lama Kepada Kepala Kantor yang baru Drs. Miftahul Arifin, M.Si pada tanggal 06 Januari 2015 sebagai proses tindak lanjut pelantikan di Pemerintahan Kabupaten Lamongan.

Bertempat di ruang rapat Kantor Penelitian Dan Pengembangan Daerah yang pada saat itu disulap menjadi aula serah terima jabatan, pada tanggal tersebut dilaksanakan acara Pisah Sambut dan Serahterima Memori Jabatan Kepala Kantor Litbangda  dari pejabat lama kepada pejabat baru. Acara yang dihadiri oleh Kepala Kantor yang baru, Kepala Tata Usaha, Kepala Kasi Pengembangan, Kepala Kasi Penelitian, Kepala Kasi Program dan Pengendalian, staf serta pegawai Dinas Pendidikan dimana pengantar dari Kepala Kantor yang baru.

Evaluasi dan Pemantapan Pengelolaan Web Tahun 2014

Pemanfaatan web site sebagai media penyampaian informasi kepada masyarakat pada saat ini dirasakan semakin strategis dan penting. Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya akses masyarakat dalam hal penggunaan internet dan didukung dengan semakin banyaknya alat komunikasi yang dilengkapi dengan fasilitas koneksi internet dengan harga yang semakin terjangkau.

Di Kabupaten Lamongan sudah memanfaatkan web site sebagai media penyampaian data, informasi dan pengembangan data Penelitian kepada masyarakat. Kebutuhan masyarakat akan informasi Pengembangan daerah juga semakin banyak dibutuhkan masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut pemanfaatan web site sebagai alternatif yang tepat. Operasional web site secara umum sudah berjalan dengan baik, namun masih perlu dilakukan upaya-upaya peningkatan yang lebih baik, utamanya dalam hal peningkatan jumlah upload baik berita, artikel maupun informasi-informasi lainnya.