Workshop Peningkatan Kinerja IMP dan PLKB

ppkb1

Dalam rangka meningkatkan kinerja IMP (Institusi Masyarakat Pedesaan) dan PLKB (Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana) dalam menurunkan Unmeetneed (Pasangan Usia Subur yang belum ikut KB) di Kabupaten Lamongan, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Lamongan menyelenggarakan Workshop yang bertempat di Pendopo Kecamatan Lamongan pada hari Kamis, 13 Nopember 2014. Diikuti oleh 3 Kecamatan yaitu Lamongan, Deket dan Sugio yang mana peserta dari masing-masing Kecamatan adalah dari unsur Kepala UPT Badan PP & KB, Kepala Desa dan Lurah dan PPKBD (Pembantu Pembina KB Desa). Adapun yang bertindak sebagai narasumber adalah Kepala Bidang Keluarga Berencana pada Badab PP & KB Kabupaten Lamongan, Shoumintari.

ppkb2

Di Kecamatan Lamongan, menurut data tahun berjalan Jumlah PUS sebanyak 14.389, Jumlah unmeetneed TIA (Tidak Ingin Anak) sebanyak 459 dan unmeetneed IAT (Ingin Anak Tunda) sebanyak 426. Target PPM PB (Pemenuhan Permintaan Masyarakat Peserta KB Baru) sebanyak 1.039 per tahun nya. Sedangkan pencapaian sampai dengan bulan Oktober 2014 sebanyak 1.154. Target PPM Peserta KB Aktif sebanyak 9.466 dengan pencapaiannya sebanyak 11.347 Peserta KB Aktif.

Kontingen PORKAB 2014 Kecamatan Lamongan Resmi dibubarkan

porkab4

"We Are The Champions". Itulah yang menjadi Kalimat Inti dalam acara Tasyakuran sebagai Juara Umum sekaligus Pembubaran Kontingen PORKAB Kecamatan Lamongan Tahun 2014. Acara yang dikemas secara santai tersebut mengambil tema "One for Me, One for All" yang dikandung maksud bahwa kemenangan yang telah dilaih adalah merupakan usaha dan milik kita bersama. DAlam acara tersebut, Camat Lamongan selaku penasehat PORKAB Kecamatan Lamongan melakukan pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur atas kemenangan yang telah diraih.

porkab5

Selain itu juga diserahkan bonus sesuai janji yang disampaikan oleh Camat Lamongan pada Lounching Kontingen PORKAB Kecamatan Lamongan kepada para atlit dan official peraih medali, baik medali emas, perak maupun perunggu. Bonus tersebut berupa uang pembinaan yang nilainya disesuaikan dengan tingkat resiko dan kerumitan dari cabang olah raga yang diikuti. Adapun besarannya bagi atlit peraih medali mulai dari Rp. 150.000,- s/d Rp. 500.000,- sedangkan bagi official besarannya mulai dari Rp. 500.000,- s/d Rp. 700.000,-

porkab6

Para atlit dan official memberikan apresiasi yang sangat luar biasa terhadap pemberian bonus tersebut. Mereka menilai bukan dari seberapa besar yang diberikan, akan tetapi hal tersebut merupakan bentuk perhatian yang tidak ternilai dari Camat Lamongan.

 

Penilaian Lomba PKK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2014

pkkrancang1

pkkrancang2

PKK Desa Rancangkencono Kecamatan Lamongan terpilih untuk mewakili Kabupaten Lamongan dalam mengikuti Lomba Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2014. Sebelumnya PKK Desa Rancangkencono menjadi juara dalam Lomba Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Kabupaten Lamongan.

Penilaian Lapangan tersebut diadakan pada hari Selasa tanggal 4 Nopember 2014 di Balai Desa Rancangkencono oleh Tim Penilai dari tingkat Provinsi Jawa Timur. Dalam acara ini dihadiri pula oleh Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Lamongan Hj. Mahdumah Fadeli, juga Ketua TP PKK Kecamatan Lamongan Ny. Eryn Yustinah Dianto.

pkkrancang3

 

KEBAKARAN RUMAH DI KELURAHAN SIDOKUMPUL

 

kebakaran2

kebakaran1

Pada hari Senin malam tanggal 3 Nopember 2014 telah terjadi kebakaran rumah warga di RT. 02 RW.05 Lingkungan Dapur Lor Kelurahan Sidokumpul Kecamatan Lamongan. Kebakaran yang menghabiskan 3 rumah warga dan mengenai bagian atap belakang Yayasan Al-Kahfi ini diduga sementara akibat hubungan pendek arus listrik.

Adapun kronologi terjadinya kebakaran adalah sebagai berikut:

Pada pukul 20.15 WIB Sdr. Iin Istiyanah sedang beristirahat melihat acara televisi di rumah bersama keluarga, tiba-tiba melihat asap masuk rumah, kemudian yang bersangkutan ke belakang rumah untuk mengetahui dari mana asap itu berasal. Sesampainya di belakang rumah, Sdr. Iin sudah melihat api berkobar di kandang ayam, seketika itu yang bersangkutan membangunkan suami dan anaknya dan berlari keluar rumah sambil berteriak meminta tolong kepada warga sekitarnya untuk membantu memadamkan api. Pada pukul 20.30 WIB 2 unit Mobil Pemadam Kebakaran Kabupaten Lamongan datang. Proses pemadaman api berlangsung selama 1,5 jam dan pada pukul 22.30 WIB kebakaran sudah dapat dikendalikan bersama.

Rumah yang menjadi Korban kebakaran tersebut antara lain Rumah milik Moch. Syafi'i (52 th), Kariyono/Kacung (47 th), Eko Tamsir (40 th) dan bagian atap belakang rumah milik Yayasan Al-Kahfi dengan total kerugian diperkirakan sebesar Rp. 160.000.000,- (seratus enam puluh juta rupiah)

 

Kontingen Kecamatan Lamongan Tampil Sebagai Juara Umum PORKAB V Tahun 2014

porkab1

Pekan Olah Raga Kabupaten (PORKAB) V Tahun 2014 Kabupaten Lamongan telah selesai digelar. Ditutup secara resmi oleh Bapak Bupati Lamongan H. Fadeli, SH. MM tadi malam, Sabtu 1 Nopember 2014 di Stadion Surajaya Lamongan seusai pertandingan final sepakbola antara Kec. sugio melawan Kec. Lamongan. Pertandingan yang memperebutkan medali emas dan perak ini dimenangkan oleh Kecamatan Lamongan melalui adu pinalti dengan skor 2-3.

Kecamatan Lamongan sebagai Juara Umum berhak mendapatkan Piala Bergilir, Piala Tetap dan Uang Pembinaan sebesar Rp. 25.000.000,-. Juara Kedua adalah Kecamatan Babat dan Juara Ketiga Kecamatan Mantup.

porkab2 porkab3