Laporan Berkala Kondisi Ketahanan Pangan Kab. Lamongan

lap 1Pembangunan Ketahanan Pangan di Kabupaten Lamongan harus dipandang sebagai bagian tidak terlepaskan dari wawasan ketahanan pangan regional / nasional. Keberhasilan Ketahanan Pangan di Kabupaten Lamongan sebagai wilayah yang surplus pangan di Jawa Timur, maka berkewajiban mempertahankan dan memacu pembangunan ketahanan pangan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pembangunan Ketahanan Pangan merupakan suatu proses yang terus menerus dan diupayakan membawa dampak yang luas pada seluruh sektor pembangunan. Harapan ini memang obyektif mengingat aspek yang diamati dalam ketahanan pangan tidak hanya aspek ketersediaan tapi juga aspek – aspek lainnya, seperti distribusi dan akses pangan yang mengarah pada upaya peningkatan pendapatan masyarakat, juga konsumsi / penyerapan pangan yang mengarah pada pembangunan sumberdaya manusia yang sehat dan produktif. Dimensi pembangunan Ketahanan Pangan Kabupaten Lamongan secara menyeluruh di setiap sektor akan dapat terlaksana dengan efektif jika memiliki arah yang jelas dan terukur kinerjanya.

Laporan Berkala Kondisi Ketahanan Pangan merupakan suatu kegiatan dari Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Lamongan yang bertujuan memonitoring dan mengevaluasi data pangan di Kabupaten Lamongan. Untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan kegiatan tersebut dibentuk Tim Teknis Kabupaten yang beranggotakan Badan Pusat Statistik Kabupaten Lamongan, Dinas Pertanian dan kehutanan Kabupaten Lamongan, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Lamongan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan melalui Surat Keputusan Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Lamongan dan bersekretariat di Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Lamongan.

lap 2Tim Teknis Kabupaten mempunyai tugas menyampaikan laporan berkala ( setiap bulan ), semester ( 6 bulan ), tahunan dan insidentil meliputi aspek ketersediaan, distribusi pola konsumsi pangan,  indikator kerawanan pangan serta sistem kewaspadaan pangan dan gizi ke Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Lamongan serta mengkoordinasikannya dengan agenda rapat koordinasi Tim Teknis Kabupaten setiap 3 Bulan sekali yang bertempat di Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Lamongan.

Dengan demikian aktifitas kegiatan monitoring, evaluasi dan pelaporan sebagai hasil dari kegiatan dimaksud dengan berbagai temuan dan permasalahan di bahas dan diupayakan pemecahannya sesuai dengan kewenangan untuk perumusan kebijakan Ketahanan Pangan di Kabupaten Lamongan di bulan dan tahun berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>