SELAMAT HARI PERHUBUNGAN NASIONAL TAHUN 2014

image

KADO SPESIAL MENJELANG HARI PERHUBUNGAN

wtn1 wtn2

Berkat penataan transportasi yang berkelanjutan dan berbasis kepentingan publik serta ramah lingkungan Lamongan tahun ini dipastikan menerima piala Wahana Tata Nugraha (WTN) untuk yang pertama kalinya. Sebelumnya Lamongan hanya menerima plakat WTN.

“Semoga penghargaan ini bisa semakin memacu motivasi kami untuk terus bekerja demi kemajuan dan sejahteranya Lamongan, “ kata Bupati Fadeli seusai menerima penghargaan langsung dari Menteri Perhubungan RI E.E Mangindaan, Rabu (10/9) di Gedung SMESCO Convention Centre, Jakarta Selatan.

Disampaikan Kabag Humas dan Infokom Mohammad Zamroni penghargaan Wahana Tata Nugraha itu adalah kategori lalu lintas untuk kota kecil.

Dikatakan olehnya, berdasarkan SK Menteri Perhubungan RI Nomor KP 747 Tahun 2014 tentang Penerima Penghargaan WTN Tahun 2014, Lamongan menerima penghargaan untuk kategori kota kecil. Selain Lamongan, untuk kategori kota kecil WTN diterimakan diantaranya kepada  Ciamis/Jawa Barat, Karanganyar dan Boyolali di Jawa Tengah, serta Tulungagung dan Situbondo di Jawa Timur.

Selanjutnya diantara penerima WTN kategori kota sedang adalah Banda Aceh, Jambi, Cirebon dan Yogyakarta. Kemudian kategori kota besar penerima adalah Tasikmalaya/Jawa Barat, Malang/Jawa Timur dan Samarinda/Kalimantan Timur. Sedangkan Medan/Sumatera Utara, Tangerang/Banten, dan Surabaya/Jawa Timur menerima WTN Kategori Kota Metropolitan.

Untuk penerima WTN kategori Kencana, diberikan kepada 2 kota di Jawa Timur. Yakni kepada Madiun dan Probolinggo. Dan provinsi penerima WTN Wiratama dalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Sumatera Barat, DI Yogyakarta, Sumatera Selatan dan Riau.

WTN sendiri adalah penghargaan yang diberikan kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik.  Penilaiannya dilakukan untuk kategori kota metropolitan, kota besar, kota sedang dan kota kecil. Sedangkan aspek yang dinilai diantaranya transportasi yang berkelanjutan dan berbasis kepentingan publik serta ramah lingkungan.

LOGO PERHUBUNGAN

http://givicons.files.wordpress.com/2012/11/logo-kementerian-perhubungan.pngLOGO PERHUBUNGAN

Logo Kementerian Perhubungan adalah suatu bentuk simbolis yang menggambarkan keluarga besar Perhubungan

Logo terdiri dari bentuk lingkaran mempunyai unsur-unsur roda bergigi, jangkar, burung Garuda, dan bulatan bumi.

Arti dari unsur Logo ialah :

  • Roda bergigi berarti matra Perhubungan Darat
  • Jangkar berarti matra Perhubungan Laut
  • Burung Garuda berarti matra Perhubungan Udara
  • Bulatan bumi berarti lingkup pelayanan jasa Perhubungan

Warna logo terdiri dari warna biru langit (cerulean blue) berarti kedamaian dan kuning berarti keagungan.

PENYEBAB KECELAKAAN

Faktor yang memengaruhi kecelakaan

Ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadikanya kecelakaan, pertama adalah faktor manusia, kedua adalah faktor kendaraan dan yang terakhir adalah faktor jalan. Kombinasi dari ketiga faktor itu bisa saja terjadi, antara manusia dengan kendaraan misalnya berjalan melebihi batas kecepatan yang ditetapkan kemudian ban pecah yang mengakibatkan kendaraan mengalami kecelakaan. Disamping itu masih ada faktor lingkungan, cuaca yang juga bisa berkontribusi terhadap kecelakaan.

Faktor manusia

Faktor manusia merupakan faktor yang paling domain dalam kecelakaan. Hampir semua kejadian kecelakaan didahului dengan pelanggaran rambu-rambu lalu lintas. Pelanggaran dapat terjadi karena sengaja melanggar, ketidaktahuan terhadap arti aturan yang berlaku ataupun tidak melihat ketentuan yang diberlakukan atau pula pura-pura tidak tahu.Selain itu manusia sebagai pengguna jalan raya sering sekali lalai bahkan ugal ugalan dalam mengendarai kendaraan, tidak sedikit angka kecelakaan lalu lintas diakibatkan karena membawa kendaraan dalam keadaan mabuk, mengantuk, dan mudah terpancing oleh ulah pengguna jalan lainnya yang mungkin dapat memancing gairah untuk balapan.

Faktor kendaraan

Faktor kendaraan yang paling sering adalah kelalaian  perawatan yang dilakukan terhadap kendaraan.

Untuk mengurangi faktor kendaraan perawatan dan perbaikan kendaraan diperlukan, disamping itu adanya kewajiban untuk melakukan pengujian kendaraan bermotor secara regular.

Faktor jalan dan lainnya

Faktor jalan terkait dengan kecepatan, rencana jalan, geometrik jalan, pagar pengaman di daerah pegunungan,ada tidaknya median jalan, jarak pandang dan kondisi permukaan jalan. Jalan yang rusak/berlobang sangat membahayakan pemakai jalan terutama bagi pemakai sepeda dan sepeda terbang.

Faktor Cuaca

Hari hujan juga memengaruhi unjuk kerja kendaraan seperti jarak pengereman menjadi lebih jauh, jalan menjadi lebih licin, jarak pandang juga terpengaruh karena penghapus kaca tidak bisa bekerja secara sempurna atau lebatnya hujan mengakibatkan jarak pandang menjadi lebih pendek. Asap dan kabut juga bisa mengganggu jarak pandang, terutama di daerah pegunungan

 

Dishub Akan Kaji Kenaikan Tarif

BAMBANG HADJAR (KADIN DISHUB LA)Dinas Perhubungan akan mengkaji kenaikan tarif angkutan umum terkait kebijakan pemerintah pusat yang melakukan pembatasan penjualan bahan bakar bersubsidi jenis solar di SPBU. Kenaikan tarif angkutan umum diharapkan tidak melonjak tajam, sehingga masyarakat tidak terbebani atas kebijakan tersebut.
Dinas Perhubungan menghimbau kepada para pengusaha transportasi untuk tidak menaikan tarif angkutan terlalu tinggi. Menurutnya, kenaikan harga BBM Solar dari Rp 6.000 menjadi Rp 10.500 yang menyebabkan tarif transportasi umum naik tentu akan berpengaruh terhadap masyarakat.
Sebagaimana  diketahui setelah kebijakan pembatasan dilakukan di Jakarta per 1 Agustus 2014. Pemerintah akan mulai menerapkan kebijakan serupa di sejumlah daerah pada Senin 4 Agustus 2014 mulai pukul 18.00 WIB. Antaranya Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali.Pembatasan penjualan solar bersubsidi dilakukan karena stok jenis bahan bakar tersebut sudah menipis. Lewat kebijakan tersebut, pemerintah berharap konsumen yang selama ini membeli solar bersubsidi beralih membeli solar non-subsidi yaitu Pertamina Diesel Extra (DEX).

Pemerintah melalui Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengeluarkan kebijakan pembatasan penjualan solar dan premium bersubsidi melalui Surat Edaran BPH Migas No. 937/07/Ka BPH/2014 tertanggal 24 Juli 2014. Sesuai surat edaran tersebut, penjualan solar bersubsidi tidak dilakukan di Jakarta Pusat mulai 1 Agustus 2014.

Selanjutnya, mulai 4 Agustus 2014, penjualan solar bersubsidi di SPBU di wilayah tertentu di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Bali akan dibatasi pukul 08.00-18.00 waktu setempat. Wilayah tertentu tersebut difokuskan kawasan industri, pertambangan, perkebunan, dan sekitar pelabuhan yang rawan penyalahgunaan solar bersubsidi.

Kebijakan pembatasan tersebut dikeluarkan agar kuota BBM subsidi sebesar 46 juta kiloliter bisa cukup sampai dengan akhir 2014.

Namun tidak semua SPBU yang terkena kebijakan tersebut. Hanya SPBU tertentu saja yang terkena kebijakan itu. SPBU yang terkena kebijakan tersebut jika ingin menjual solar di malam hari, harus solar non subsidi.

mudik gratis

mudik

HAL YANG SERING DIABAIKAN PEMUDIK

berikut hal – hal yang sering diabaikan oleh pemudik:

  1. Berkendara Tanpa Istirahat

Banyak orang melakukan perjalanan jauh saat mudik lebaran tanpa beristirahat, hal itu tentu mempengaruhi kondisi pengendara seperti badan lelah, konsentrasi berkurang dan mengantuk. Untuk itu sebaiknya apabila melakukan perjalanan jauh sat mudik beristirahatlah setelah berkendara selama dua jam.

  1. Tidak Mengetahui Rute dan Kondisi Jalan Mudik

Pada umumnya saat mudik seperti ini banyak sekali jalur – jalur alternatif yang mungkin kurang kita kenali, selain itu juga kita mungkin tidak mengetahui kondisi jalan tersebut. Untuk itu selalu berhati – hatilah saat melintasi rute yang tidak kita ketahui kondisi jalannya dan selalu perhatikan petunjuk jalan seta jangan malu bertanya pada orang disekitar apabila kita merasa tersesat.

  1. Mengemudikan Kendaraan Yang Kurang Dikenal

Ini dialami pada para pengendara yang memiliki kendaraan baru atau memakai kendaraan yang tidak biasa mereka kendarai. Diperlukan adaptasi terlebih dahulu agar dapat menguasai dan mengendalikan kendaraan yang mereka kendarai. Sebaiknya kendarai dengan kecepatan awal rendah terlebih dahulu sampai kita merasa terbiasa dan bisa mengendalikan kendaraan sepenuhnya.

  1. Tidak Mengerti & Mematuhi Rambu Lalu Lintas

Banyak pengendara yang kurang memperhatikan atau tidak mengerti rambu – rambu lalu lintas yang mungkin akan membahayakan pengendara lain. Sebaiknya selalu berkonsentrasi saat berkendara dan selalu memperhatikan dengan seksama apabila ada rambu – rambu atau alat petunjuk jalan disekitar kita.

  1. Membawa Muatan Berlebih

Sudah menjadi kebisaan saat mudik mereka membawa banyak barang dan sampai melebihi batas muat kendaraan mereka. Itu sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kestabilan kendaraan mereka berkurang. Lebih baik saat mudik membawa barang seperlunya saja.

MENGATASI NGANTUK BERKENDARA DI SAAT PUASA

Berkendara mobil atau sepeda motor hari biasa dengan di bulan puasa tentunya ada sedikit perbedaan. Ketika puasa, yang banyak dialami oleh pengendara adalah mengantuk, karena jam tidurnya tidak seperti hari biasa.

Nah, bagi Anda yang sering merasa mengantuk saat berkendara mobil atau sepeda motor ada baiknya mengikuti tips ini:

1. Jam tidur harus ditambah

Saat bulan puasa sudah pasti jam tidur Anda berkurang karena harus bangun sahur. Meski begitu, Anda masih bisa menambah jam tidur agar tidak mengantuk saat beraktivitas, terutama saat berkendara mobil atau sepeda motor.

Lalu bagaimana cara menambah jam tidur tersebut? Misalnya, hari biasa Anda tidur jam 21:00 atau jam 22:00, nah ketika bulan puasa Anda harus tidur lebih cepat dari hari biasa karena saat dini harinya Anda harus bangun untuk sahur.

2. Jika sudah mengantuk pinggirkan kendaraan Anda

Saat bulan puasa seperti ini sudah pasti banyak pengendara mobil atau motor yang mengantuk. Nah, saat Anda mengantuk jangan memaksakan diri untuk terus berkendara.

Ada baiknya ketika Anda sudah mulai mengantuk saat berkendara pinggirkan kendaraan dan beristirahatlah. Misalnya, ditengah jalan menuju kantor Anda mengantuk, lebih baik Anda berhenti dan tidur 10 sampai 15 menit.

“Saat Anda mengengantuk itu konsentrasi berkendara jadi menurun. Yang harus dilakukan adalah tidur, meski sebentar itu sudah membantu karena mengantuk itu tidak bisa disembuhkan oleh 1 zat apapun selain kita harus tidur,”

Baik pengendara mobil atau motor ketika Anda mengantuk ada baiknya beristirahat sebentar. Untuk pengguna motor cari tempat senyaman dan seaman mungkin untuk Anda beristirahat.

3. Jam istirahat digunakan untuk tidur

Jika sudah mengantuk saat berkendara, solusinya adalah Anda harus tidur maupun sebentar. Pergunakanlah waktu sebaik-baiknya untuk tidur, karena itu bisa membantu Anda menjaga konsentrasi ketika berkendara.

“Kalau puasa di istirahat jam makan siang kan tidak mungkin makan dan minum, setelah beribadah ada baiknya tidur meski sebentar. Jika sudah tidak mengantuk, Anda akan menjadi lebih produktif dan berkonsentrasi saat berkendara.

marhaban ya ramadhan

gambar website