Pariwisata

Bidang Pariwisata merupakan salah satu faktor andalan di Kabupaten Lamongan yang memiliki daya tarik dari potensi sumber daya alam dan religi, sehingga dapat mendorong kegiatan ekonomi, perdagangan dan dapat menciptakan lapangan kerja yang pada akhirnya dapat memberikan multiplayer effect terhadap peningkatan pendapatan masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).


Sebagaimana diketahui kepariwisataan Kabupaten Lamongan telah berkembang sesuai dengan potensi Wisata yang tersedia dibarengi dengan sentuhan astetika yang menarik dan bernilai global sehingga mampu memenuhi selera konsumen yang berkunjung. Ada 4 (empat) obyek wisata yang telah terkelola dengan baik dan dijadikan obyek/wahana sajian kepariwisataan :
a. Wisata Bahari Lamongan
adalah obyek wisata buatan dengan segala keunikan hasil perpaduan aspek-aspek nature, culture, architecktur (arsitek) yang bernuansa global dan tetap mempertahankan ciri khas lokal ;
b. Obyek Wisata Sunan Drajat
adalah wisata religi Makam Sunan Drajat yang merupakan salah satu Makam Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa ;
c. Obyek Wisata Maharani Zoo dan Goa
adalah wisata alam/buatan berupa Goa yang dilengkapi dengan kebun binatang ;
d. Obyek Wisata Waduk Gondang
Obyek wisata buatan yang memanfaatkan Waduk Gondang dengan wahana wisata air, kebun binatang mini serta areal perkemahan dan permainan anak – anak.
e. Makam Sendang Duwur
Dikenal sebagai penyebar agama Islam di Jawa. Wisata religi yang terletak di Desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran.
f. Museum Drajad
Tempat menyimpan benda-benda sejarah peninggalan Sunan Drajad, terletak satu kompleks dengan obyek wisata Makam Sunan Drajad.

g. Brumbun
Wisata alam berupa mata air panas yang terletak di Dusun Tepanas, Desa Kranji, Kecamatan Paciran.
h. TPI Brondong & Monumen Van Der Wijck
Adalah wisata minat khusus (belanja) karena wisatawan dapat berbelanja ikan yang segar di tempat wisata tersebut, dan disitu pula terdapat Monumen Van Der Wijck sebagai peringatan tenggelamnya kapal Van Der Wijck.

Selain obyek / wahana wisata yang telah terkelola dengan baik, di Kabupaten Lamongan masih menyimpan potensi untuk dikembangkan guna memperkaya obyek wisata serta membangun citra Kabupaten Lamongan di kancah regional, nasional maupun internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

eighteen + 9 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>