PELAKSANAAN KELAS IBU HAMIL

clip_image002Program pembangunan kesehatan di Indonesia dewasa ini masih diprioritaskan pada upaya peningkatan derajat kesehatan Ibu dan anak, terutama pada kelompok yang paling rentan kesehatan yaitu ibu hamil, bersalin dan bayi pada masa perinatal. Hal ini ditandai dengan tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

Kelas Ibu Hamil merupakan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu mengenai kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi baru lahir, mitos, penyakit menular dan akte kelahiran. Kelas Ibu Hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu s/d 36 minggu (menjelang persalinan) dengan jumlah peserta maksimal 10 orang. Di kelas ini ibu-ibu hamil akan belajar bersama, diskusi dan tukar pengalaman tentang kesehatan Ibu dan anak (KIA) secara menyeluruh dan sistimatis serta dapat dilaksanakan secara terjadwal dan berkesinambungan. Kelas ibu hamil difasilitasi oleh bidan/tenaga kesehatan dengan menggunakan paket Kelas Ibu Hamil yaitu Buku KIA, Flip chart (lembar balik), Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil, Pegangan Fasilitator Kelas Ibu Hamil dan Buku senam Ibu Hamil.

 

clip_image002[4]Di Kabupaten Lamongan direncanakan pada Tahun 2014 seluruh bidan desa yang ada yaitu sejumlah 474 bidan sudah terlatih sebagai fasilitator kelas ibu hamil dan sudah melaksanakan kelas ibu hamil di desanya. Adapun kegiatan pelatihan fasilitator kelas ibu hamil ini sudah dilaksanakan mulai Tahun 2011 seperti yang terlihat pada tabel berikut ini :

Tahun

Jumlah Angkatan Klasmil yg sudah dilaksanakan

Rencana pelatihan dalam 1 Th

Keterangan

2011 2 2 Dana APBN
2012 2 2 Dana APBD
2013 5 15 2 angkatan dana APBD dan 13 angkatan mandiri

Pelaksanaan kegiatan pelatihan fasilitator kelas ibu hamil ini sangat memerlukan dukungan dari seluruh lintas program dan lintas sector terkait, terutama dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan, sehingga diharapkan pada Tahun 2014 seluruh Bidan desa sudah terlatih kelas ibu hamil dan dapat melaksanakan program ini dengan baik di desanya masing masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *