KANKER adalah pertumbuhan sel yang tidak terkendali, sifatnya ganas (penyebarannya cepat), sedangkan TUMOR adalah pertumbuhan sel yang tidak terkendali, sifatnya jinak (penyebarannya lambat). Semua organ dapat terserang kanker (otak, tulang, hati, usus, paru, jantung, ginjal, organ reproduksi wanita dll) Kanker mulut rahim adalah kanker yang terjadi pada leher rahim. Penyakit ini disebabkan oleh virus HPV 16 Selengkapnya »

DALAM beberapa pekan terakhir, media kerap memberitakan sejumlah tindak kriminalitas sadis. Di antaranya, seorang pelajar SMA tega memerkosa dan membunuh dua gadis SMP yang masih di bawah umur. Kemudian, ada juga seorang cucu yang membunuh kakeknya. Kasus itu adalah contoh penyakit yang berkaitan dengan kesehatan jiwa. Selengkapnya »

Pada hari Rabu, 12 November 2014 dalam suasana pagi yang cerah, bertempat di alun-alun Kabupaten Lamongan diselenggarakan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-50. Upacara yang berlangsung khidmat itu dimulai pada pukul 07.00 – 10.00 WIB. Peserta upacara terdiri dari jajaran Pemkab Lamongan dan instansi kesehatan baik dari Puskesmas maupun Rumah Sakit. Selengkapnya »

Penyakit Hansen atau Penyakit Morbus Hansen yang dahulu dikenal sebagai penyakit kusta atau lepra adalah sebuah penyakit infeksi kronis yang sebelumnya, diketahui hanya disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae, hingga ditemukan bakteri Mycobacterium lepromatosis oleh Universitas Texas pada tahun 2008, yang menyebabkan endemik sejenis kusta di Meksiko dan Karibia, yang dikenal lebih khusus dengan sebutan diffuse lepromatous leprosy. Selengkapnya »

Pada tanggal 18 Nopember 2014, bertempat di Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan, 15 orang dokter dengan didampingi beberapa petugas dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur, diterima oleh Kepala Dinas Kabupaten Lamongan, Mereka adalah peserta Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) Angkatan ke-IV tahun 2014, Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia. Selengkapnya »

Kadarzi adalah keluarga yang seluruh anggota keluarganya melakukan gizi seimbang, mampu mengenali masalah kesehatan dan gizi bagi setiap anggota keluarganya, dan mampu mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah gizi yang dijumpai oleh anggota keluarganya. Suatu keluarga disebut KADARZI apabila telah berperilaku gizi yang baik secara terus menerus. Selengkapnya »

Setiap tahun, Pada tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. Kenapa tanggal itu dipilih? Selengkapnya »

 

1 Desember, Hari AIDS Sedunia

Setiap tahun, Pada tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia. 

Kenapa tanggal itu dipilih?

HIVAIDS-00Agustus 1987, Thomas Netter dan James Bunn yang bekerja di bagian informasi Program Global untuk AIDS Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO)di Jenewa, Swiss, mencetuskan ide untuk menetapkan satu hari untuk meningkatkan kesadaran atas pandemik AIDS. Mereka mengajukan ide ini kepada Jonathan Mann, Direktur Program Global yang kini dikenal sebagai UNAIDS. Mann menyetujui ide itu dan kemudian memutuskan 1 Desember 1988 sebagai awal peringatan tahunan atas AIDS. 

Ada beberapa pertimbangan memilih tanggal tersebut, sebagian besar berkaitan dengan budaya negara-negara Barat. Pertama, Dunn yang seorang jurnalis berpendapat kalau pemilihan tanggal 1 Desember dapat memaksimalkan peliputan oleh media massa. Hal itu berkaitan dengan pemilu Amerika Serikat (AS) yang biasanya digelar pada November. Ketika media sudah jenuh dengan berita pemilu, mereka butuh berita yang segar. 

Keluarga Sadar Gizi (KADARZI)

Apa itu keluarga sadar gizi ?

logoKadarzi adalah keluarga yang seluruh anggota keluarganya melakukan gizi seimbang, mampu mengenali masalah kesehatan dan gizi bagi setiap anggota keluarganya, dan mampu mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah gizi yang dijumpai oleh anggota keluarganya. Suatu keluarga disebut KADARZI apabila telah berperilaku gizi yang baik secara terus menerus.

Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) di Kabupaten Lamongan

DSC05145Pada tanggal 18 Nopember 2014, bertempat di Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan,  15 orang dokter dengan didampingi beberapa petugas dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur, diterima oleh Kepala Dinas Kabupaten Lamongan, 
Mereka adalah peserta Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) Angkatan ke-IV tahun 2014, Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia.

Penyakit Morbus Hansen (KUSTA)

img_0534Penyakit Hansen atau Penyakit Morbus Hansen yang dahulu dikenal sebagai penyakit kusta atau lepra adalah sebuah penyakit infeksi kronis yang sebelumnya, diketahui hanya disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae, hingga ditemukan bakteri Mycobacterium lepromatosis oleh Universitas Texas pada tahun 2008, yang menyebabkan endemik sejenis kusta di Meksiko dan Karibia, yang dikenal lebih khusus dengan sebutan diffuse lepromatous leprosy. Sedangkan bakteri Mycobacterium leprae ditemukan oleh seorang ilmuwan Norwegia bernama Gerhard Henrik Armauer Hansen pada tahun 1873 sebagai patogen yang menyebabkan penyakit yang telah lama dikenal sebagai lepra. Saat ini penyakit lepra lebih disebut sebagai penyakit Hansen, bukan hanya untuk menghargai jerih payah penemunya, melainkan juga karena kata leprosy dan leper mempunyai konotasi yang begitu negatif, sehingga penamaan yang netral lebih diterapkan untuk mengurangi stigma sosial yang tak seharusnya diderita oleh pasien kusta.