Rokok mengandung 4.000 zat kimia berbahaya bagi tubuh. Dengan demikian, merokok sama saja dengan membeli racun dan memasukkannya ke dalam tubuh. Hal itu menjadikan merokok sebagai faktor risiko bagi enam dari delapan penyakit penyebab utama kematian. Meski amat berbahaya bagi kesehatan, jumlah perokok di Tanah Air justru terus meningkat. Selengkapnya »

Mulai tanggal 24 Juni 2014, Peringatan Kesehatan Bergambar (PHW) akan ada di bungkus rokok. Sebelumnya PHW sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No 109 Tahun 2012 tentang Pengemasan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif berupa Produk Tembakau. Selengkapnya »

Meski demikian, hingga kini Pemerintah Indonesia belum memberlakukan peringatan perjalanan atau travel warning ke negara-negara endemic Ebola di Afrika Barat seperti Guinea, Liberia dan Sierra Leone. Padahal, beberapa negara seperti Amerika Serikat (AS) telah mengeluarkan travel warning untuk menghindari perjalanan ke tiga negara itu. “Memang belum ada, karenanya kita minta masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke sana untuk selalu wapada,” ujar Wakil Menteri KEsehatan Ali Ghufron Mukti kemarin (01/08). Selengkapnya »

Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan melaksanakan Halal Bihalal pada tanggal 11 Agustus 2014 bertempat di gedung pertemuan Dinas Kesehatan,dengan tauziah oleh Ustad Jalil dari Mantup. Acara yang dihadiri segenap karyawan Dinas Kesehatan tersebut berlangsung meriah dengan suasana yang penuh kekeluargaan. Selengkapnya »

Bipolar Disorder jadi istilah yang menyita perhatian belakangan ini. Penyakit gangguan jiwa ini memang jadi momok bagi sebagian orang. Semua orang bisa mengidap penyakit ini, tak terkecuali para pesohor dunia. Jean Calude Van Damme, Catherine Zetta-Jones, dan Sinead O’Connor adalah sedikit contohnya. Selengkapnya »

Virus Corona Middle East Respiratory Syndrome (MERS) adalah merupakan salah satu jenis virus yang menyerang organ pernafasan orang yang mengidapnya yang merupakan jenis penyakit saluran pernafasan yang bisa mengakibatkan kematian. MERS – Cov adalah merupakan singkatan dari Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus. Virus ini merupakan jenis baru dari kelompok Corona virus (Novel Corona Virus). Selengkapnya »

 

Alami Depresi Selama Hamil Berisiko Lahirkan Bayi Prematur

20140911_075324_bayi-prematur-premature-baby

ilustrasi

Kelahiran bayi prematur tentu tak diharapkan para ibu. Bayi prematur lahir ketika usia kandungan ibu kurang dari 37 minggu dengan berat badan di bawah normal yaitu kurang dari 2,5 kilogram. Hal ini menyebabkan organ-organ tubuh bayi tidak berfungsi dengan baik dan berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan.

Dokter spesialis anak, Esther H Situmeang mengatakan banyak faktor yang menyebabkan bayi lahir prematur. Faktor terbesar ternyata berasal dari sang ibu itu sendiri.

Pendengaran Berdengung, Keluar Cairan, Ini Beberapa Kemungkinan Penyebabnya

20140909_122616_telinga-berdengung

Telinga berdengung

Telinga merupakan salah satu organ tubuh yang sering kali diabaikan kebersihannya, sampai kemudian muncul keluhan. Padahal setelah muncul keluhan, itu berpotensi menjadi infeksi kronis.

Indra pendengaran ini bisa mengalami beberapa gangguan yang disebabkan oleh beberapa hal. Antara lain gangguan kongenital alias bawaan sejak lahir, trauma, degeneratif, infeksi, dan juga tumor.

* Gangguan kongenital:  Bisa berupa hearing loss dan total deafness yang sudah terjadi pada seseorang sejak ia lahir.

Perempuan Lebih Rentan Terdampak Asap Rokok

20140903_110515_rokok-perempuanDalam urusan bahaya kesehatan, perempuan ternyata jauh lebih rentan daripada laki-laki. Hal ini bisa dipahami karena secara alami, fisik perempuan memang berbeda dari laki-laki. Perempuan mengalami siklus hormonal yang menyebabkan mereka mengalami menstruasi, mengandung, dan menyusui. Sementara laki-laki, tidak. Perempuan punya payudara dan rahim yang tidak dimiliki laki-laki.

Untuk urusan merokok, perempuan pun lebih rentan dan harus mendapat perhatian medis yang ekstra. Berikut adalah tujuh bahaya rokok bagi perempuan.

Mendeteksi Penyakit yang Hinggap di Badan Berdasar Tekstur dan Warna Kotoran

20140828_165328_toiletSetelah buang air besar, sebaiknya jangan buru-buru menyiram kotoran di kloset. Melalui kotoran, ternyata kita bisa melihat status kesehatan, mulai dari pola makan, kecukupan air, atau apakah kita beresiko terhadap suatu penyakit.

Kotoran atau tinja adalah 'sampah' dari makanan yang nutrisinya sudah diserap tubuh. Kotoran mengandung makanan yang tidak tercerna, bakteri, lendir, dan sel mati, hal inilah yang menyebabkan kotoran berbau. Meski dirasa menjijikkan, tak ada salahnya memerhatikan kondisi kotoran di toilet sebelum disiram.