Pada tanggal 3 Juni 2015, bertempat di Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan, diadakan acara pelepasan peserta Program Internsip Dokter Indonesia Angkatan ke-3, mereka terdiri dari 15 orang dokter dengan didampingi Wakil Direktur Rumah Sakit dr. Soegiri, 3 orang dokter pendamping, dan ketua Ikatan Dokter Indonesia. Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia. Selengkapnya »

Timbulnya karang pada gigi memang dianggap sebagai hal yang sepele bagi sebagian orang. Bahkan kebanyakan orang cenderung mengabaikannya. Padahal jika karang gigi dibiarkan terus menerus maka akan semakin lebar dan jika tidak segera di atasi maka gigi anda akan semakin keropos. Selengkapnya »

Merebaknya kembali Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri di Sumatera Barat dan Aceh pada penghujung 2014 lalu hingga menimbulkan kematian dua orang anak yang tak mendapat imunisasi sama sekali dan membuat puluhan pasien dirawat dalam ruang isolasi Difteri, membuka mata kita bahwa ada masalah dengan persepsi masyarakat terhadap imunisasi saat ini. Selengkapnya »

Pada hari Kamis, 27 Agustus 2015, Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan menerima rombongan tamu anggota Komisi D DPRD Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Rombongan yang terdiri dari anggota Komisi D DPRD Kabupaten Grobogan, Perwakilan dari RSUD dr. R. Soedjati Soemodiardjo, dan perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan datang pada pukul 10.00 WIB, dan disambut dengan meriah oleh jajaran pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan. Selengkapnya »

 

Kunjungan Komisi D DPRD Kabupaten Grobogan di Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan

SONY DSC

Kadinkes Lamongan dan Ketua Komisi D  DPRD Grobogan

Pada hari Kamis, 27 Agustus 2015, Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan menerima rombongan tamu anggota Komisi D DPRD Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Rombongan yang terdiri dari anggota Komisi D DPRD Kabupaten Grobogan, Perwakilan dari RSUD dr. R. Soedjati Soemodiardjo, dan perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan datang pada pukul 10.00 WIB, dan disambut dengan meriah oleh jajaran pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan.

 

E-HEALTH DINAS KESEHATAN KABUPATEN LAMONGAN

Tampilan SIKDA Generik Puskesmas

Tampilan SIKDA Generik Puskesmas

Dewasa ini istilah E-Health masih belum banyak terdengar di Indonesia termasuk di Kabupaten Lamongan. EHealth adalah istilah yang relatif baru untuk bidang pelayanan kesehatan yang didukung oleh proses elektronik dan komunikasi. Penggunaan istilah bervariasi:. sebagian orang akan berpendapat itu dipertukarkan dengan informatika kesehatan dengan definisi yang luas meliputi proses elektronik / digital dalam kesehatan, sementara yang lain menggunakannya dalam arti sempit system informasi kesehatan menggunakan Internet.

Demi Perkembangan Otak dan Tubuh, Anak Harus Banyak Bergerak

Anak gerak

ilustrasi

Belakangan ini anak-anak makin jarang bergerak,  belajar di usia yang lebih muda dan lebih lama, lebih sering duduk bermain alat elektronik serta ke mana-mana naik kendaraan. Padahal duduk terlalu lama cenderung mendatangkan masalah kesehatan untuk anak.

Menyoroti Kontroversi Imunisasi

imagesMerebaknya kembali Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri di Sumatera Barat dan Aceh pada penghujung 2014 lalu hingga menimbulkan kematian dua orang anak yang tak mendapat imunisasi sama sekali dan membuat puluhan pasien dirawat dalam ruang isolasi Difteri, membuka mata kita bahwa ada masalah dengan persepsi masyarakat terhadap imunisasi saat ini. Hal tersebut tak lepas dari gencarnya isu yang dilontarkan kelompok antivaksin di Indonesia yang menebar pendapatnya melalui berbagai tulisan baik di buku-buku, tabloid, media sosial, maupun dari seminar dan ceramah keagamaan di masjid-masjid dan majelis taklim. Pendekatan yang dilakukan kelompok ini adalah pendekatan ideologis dengan basis agama Islam. Isu yang diusung biasanya menyangkut kehalalan dan keamanan vaksin dan isu konspirasi Yahudi di balik program vaksinasi.