KEJADIAN LUAR BIASA ( KLB) ditetapkan hari senin tanggal 26 Januari 2015 setelah terjadi peningkatan kasus 2 kali lipat pada periode yang sama yakni dari 23 kasus bulan Januari 2014 meningkat 49 kasus pada bulan Januari 2015 , jumlah kasus terus menigkat dan sampai hari sabtu tanggal 31 Januari 2015 laporan ditutup dengan jumlah kasus 86 penderita yang tersebar 19 Kecamatan/ 19 Puskesmas. Selengkapnya »

Meski sakit, penderita gangguan jiwa/ODS (Orang Dengan Skizofrenia) tetaplah manusia, makhluk Tuhan yang paling mulia. Sayang, banyak anggota masyarakat yang masih memperlakukan mereka secara tidak adil. Di Indonesia, data Riskesdas 2013 menunjukkan angka rata-rata gangguan jiwa berat seperti skizofrenia sebesar 0,17 persen atau sekitar 400.000 orang. Selengkapnya »

Kebisingan adalah salah satu bentuk pencemaran udara yang dapat mengganggu dan merusak pendengaran manusia. Berdasarkan keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 48/MENLH/11/1996 tentang baku mutu kebisingan; Kebisingan adalah suara yang tidak diinginkan dari usaha atau kegiatan dalam tingkat dan waktu tertentu yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan manusia dan kenyamanan lingkungan. Selengkapnya »

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian. Kanker sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor adalah segala benjolan tidak normal atau abnormal. Tumor dibagi dalam 2 golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kanker adalah istilah umum untuk semua jenis tumor ganas. Selengkapnya »

Kadarzi Adalah Keluarga yang mampu mengenali masalah gizi setiap anggota keluarganya dan mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah gizi anggota keluarganya, serta berperilaku makan yang beraneka ragam. Keluarga juga harus mampu mengenal, mencegah, dan mengatasi masalah gizi setiap anggota keluarganya. Ciri-ciri perilaku gizi yang baik : Selengkapnya »

Demam berdarah dengue (DBD) merupakan ancaman bagi keluarga di Indonesia, di mana anak-anak sangat rentan sekali terkena penyakit ini. DBD telah menyerang jutaan orang dewasa serta anak-anak hingga membuat Indonesia sebagai negara kedua dengan kasus DBD tertinggi di dunia. Selengkapnya »

Berdasarkan siaran pers Badan POM Indonesia tanggal 26 November 2014, mengenai hasil pengawasan di seluruh Indonesia dari bulan November 2013 sampai dengan Agustus 2014 telah ditemukan Obat Tradisional (OT) yang tidak memenuhi persyaratan keamanan, manfaat, dan mutu. Badan POM juga secara rutin melakukan pengawasan peredaran obat tradisional untuk mengantisipasi kemungkinan dicampurnya Obat Tradisional dengan Bahan Kimia Obat (OT-BKO). Selengkapnya »

 

Hasil Pengawasan Obat Tradisional Mengandung Bahan Kimia Obat

ot bko 2Berdasarkan siaran pers Badan POM Indonesia tanggal 26 November 2014, mengenai hasil pengawasan di seluruh Indonesia dari bulan November 2013 sampai dengan Agustus 2014 telah ditemukan Obat Tradisional (OT) yang tidak memenuhi persyaratan keamanan, manfaat, dan mutu. Badan POM juga secara rutin melakukan pengawasan peredaran obat tradisional untuk mengantisipasi kemungkinan dicampurnya Obat Tradisional dengan Bahan Kimia Obat (OT-BKO).

Penanggulangan Demam Berdarah dengan Metode Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)

3mplusDemam berdarah dengue (DBD) merupakan ancaman bagi keluarga di Indonesia, di mana anak-anak sangat rentan sekali terkena penyakit ini. DBD telah menyerang jutaan orang dewasa serta anak-anak hingga membuat Indonesia sebagai negara kedua dengan kasus DBD tertinggi di dunia.

Oleh karena itu, berbagai pihak pun selalu berusaha untuk menekankan pentingnya upaya pencegahan demi menghindari anak dan keluarga terkena DBD. Meski DBD dianggap penyakit mematikan yang mudah untuk disembuhkan, tindakan preventif adalah fokus utama demi ‘menghapus’ DBD di Indonesia.

Selama ini, fogging juga dikenal sebagai salah satu cara untuk mencegah DBD, tapi ternyata ada cara yang lebih baik dan tidak mencemarkan lingkungan, yaitu Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Seperti apakah PSN?

Keluarga Sadar Gizi

kadarziKadarzi Adalah Keluarga yang mampu mengenali masalah gizi setiap anggota keluarganya dan mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah gizi anggota keluarganya, serta berperilaku makan yang beraneka ragam. Keluarga juga harus mampu mengenal, mencegah, dan mengatasi masalah gizi setiap anggota keluarganya.

Ciri-ciri perilaku gizi yang baik :

  1. Menimbang berat badan secara teratur.
  2. Memberikan Air Susu Ibu (ASI) saja kepada bayi sejak lahir sampai usia 6 bulan à ASI eksklusif.
  3. Makan beraneka ragam.
  4. Menggunakan garam beryodium.
  5. Minum suplementasi gizi (Tablet Tambah Darah (TTD), Kapsul Vitamin A dosis tinggi).

Surat Edaran Tugas Belajar

Menindaklanjuti Surat Kepala Badan PPSDM Kesehatan Nomor DM.01/03/V.3/001369/2015 tanggal 2 Pebruari 2015 perihal Surat Edaran Tugas Belajar (dapat di download di www.bppsdmk.depkes.go.id/pustanserdik), dengan ini kami memberitahukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Kami mohon Saudara menginformasikan dan mengirim calon peserta tugas belajar SDM Kesehatan Program S-3,S-2,S-1 dan Profesi Tahun 2015 di lingkungan instansi Saudara.
  2. Pendaftaran calon peserta tubel dilaksanakan secara online paling lambat tanggal 15 Maret 2015 di : www.bppsdmk.depkes.go.id/tubel
  3. Berkas pendaftaran paling lambat tanggal 20 Maret 2015 sudah diserahkan ke:

Seksi P3SDMK

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur

Jalan A Yani No. 118 Surabaya (Telp./Fax. 0318273305)

Contact person      : Roselin Sarlote,Amd,KL      HP 08123178303

Dra. Retnowati,Apt,M.Kes  HP 081330628364

Tembusan              : Seksi PPSDMK Dinkes Kab.Lamongan (CP Bu Siti Nurkasanah 081357244456)

  1. Calon peserta tubel yang masuk akan dirangking sesuai prioritas dan harus diterima paling lambat tanggal 6 April 2015 di Pusat Standarisasi Sertifikasi dan Pendidikan Berkelanjutan SDMK.

Demikian untuk menjadikan periksa dan atas kerjasama Saudara kami mengucapkan terima kasih.