Penyelenggaraan haji tahun 2014 M/ 1435 mendapat perhatian khusus dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Fokus yang menjadi perhatian WHO diantaranya adalah bagaimana membangun jejaring koordinasi antara Misi Kesehatan (Medical Mission) negara-negara pengirim jemaah haji dengan pemerintah Arab Saudi khususnya dalam menghadapi virus MERS CoV dan Ebola. Selengkapnya »

Demensia, khususnya Alzheimer masih menjadi penyakit yang kerap menyerang para Lansia. Sayangnya, belum banyak yang mengenal penyakit alzheimer, apalagi gejalanya. Sesungguhnya gejala Alzheimer bisa dikenali sejak dini. Setidaknya ada 10 gejala yang bisa diperhatikan. Jika salah satu atau lebih dari gejala ini ditemukan pada diri kita arau keluarga, jangan lagi berkata maklum. Segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter Selengkapnya »

Program Imunisasi bertujuan untuk Menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit-2 yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). Selengkapnya »

Menilik kembali ke belakang pada era 50-an, penyakit malaria merupakan penyakit rakyat yang terbanyak penderitanya dan berjangkit di seluruh Indonesia. Ratusan ribu jiwa mati akibat malaria yang sebenarnya, melalui penyelidikan dan pengalaman penyakit malaria di Indonesia dapat dieliminasi. Selengkapnya »

Kebijakan publik yang berwawasan kesehatan. Sebuah kabar baik bagi kita jika undang-undang atau peraturan di tingkat nasional telah berpihak pada kesehatan masyarakat. PP No.109 Tahun 2012 tentang ‘Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan’ menjadi salah satu kebijakan publik yang akan membawa dampak bagi perilaku Selengkapnya »

Hidup Sehat dimulai sejak dalam kandungan sampai lansia. Hidup Sehat itu sangat bermanfaat bagi seluruh anggota keluarga, masyarakat, bahkan juga lingkungan tempat kita hidup. Hidup Sehat itu mudah dilakukan, menguntungkan, dan menjamin masa tua tetap aktif dan menyenangkan, karena tidak sakit-sakitan. Selengkapnya »

 

Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Hari Kesehatan Nasional Ke-50 Tahun 2014 Kabupaten Lamongan

balihoDalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50 yang jatuh pada tanggal 12 Nopember, Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan mengeluarkan jadwal kegiatan.

Rangkaian kegiatan peringatan HKN diawali pada tanggal 13-16 Oktober 2014 dengan mengadakan lomba Tenaga Kesehatan Teladan, dengan puncaknya pada tanggal 12 Nopember 2014 diadakan upacara di alun alun Kabupaten Lamongan.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

hidup sehat dari kandungan sampai lansiaHidup Sehat dimulai sejak dalam kandungan sampai lansia.

Hidup Sehat itu sangat bermanfaat bagi seluruh anggota keluarga, masyarakat, bahkan juga lingkungan tempat kita hidup.

Hidup Sehat itu mudah dilakukan, menguntungkan, dan menjamin masa tua tetap aktif dan menyenangkan, karena tidak sakit-sakitan.

Pencapaian Pembangunan Kesehatan dalam 50 Tahun

keren tanpa rokokKebijakan publik yang berwawasan kesehatan.
Sebuah kabar baik bagi kita jika undang-undang atau peraturan di tingkat nasional telah berpihak pada kesehatan masyarakat. PP No.109 Tahun 2012 tentang ‘Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan’ menjadi salah satu kebijakan publik yang akan membawa dampak bagi perilaku 
merokok termasuk peraturan turunannya yaitu Permenkes no.28 tahun 2013 yang mewajibkan Pencantuman Peringatan Kesehatan Bergambar pada kemasan rokok.

PP. Kemenkeu 62 tahun 2014 mensyaratkan industri rokok untuk mencatumkan peringatan kesehatan bergambar jika membeli pita cukai. Demikian juga dengan PP No.33 Tahun 2012 yang mensyaratkan seluruh elemen masyarakat mendukung Ibu memberikan ASI saja sampai usia 6 bulan dan meneruskannya hingga 2 tahun dengan makanan tambahan.
Permenkes No.30 tahun 2013 mewajibkan pengusaha gerai makanan memberi informasi akurat pada label mengenai kandungan gula, garam dan lemak. Hal ini dilakukan untuk melindungi masyarakat dari penyakit Tidak Menular. 

PP No.61 Tahun 2014 hadir untuk melengkapi kebijakan negara dalam mensikapi arti pentingnya kesehatan reproduksi bagi perempuan. 

50 tahun Hari Kesehatan Nasional

bung karno semprot malariaMenilik kembali ke belakang pada era 50-an, penyakit malaria merupakan penyakit rakyat yang terbanyak penderitanya dan berjangkit di seluruh Indonesia. Ratusan ribu jiwa mati akibat malaria yang sebenarnya, melalui penyelidikan dan pengalaman penyakit malaria di Indonesia dapat dieliminasi. Oleh karena itu pemerintah melakukan usaha pembasmian malaria (malaria eradication) yang berarti melenyapkan malaria dari penjuru tanah air. Untuk mencapai hal tersebut, pada tahun 1959 dibentulah Dinas Pembasmian Malaria yang pada bulan Januari 1963 dirubah menjadi Komando Operasi Pembasmian Malaria (KOPEM). Pembasmian malaria ditangani secara bersama oleh pemerintah, WHO, USAID dan direncanakan pada tahun 1970 malaria akan hilang dari bumi Indonesia. Pembasmian malaria dilakukan dengan menggunakan obat baru yaitu DDT, dengan penyemprotan secara masal rumah-rumah di seluruh Jawa, Bali dan Lampung.