1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia, setiap tahun angka korban penderita HIV/AIDS di dunia semakin meningkat. Diperkirakan jumlah orang dengan HIV / AIDS (ODHA) di Indonesia mencapai 400,000 orang dan 100,000 orang akan meninggal karena AIDS. Pada tahun 2015 jumlah ODHA di Indonesia akan meningkat menjadi 1 juta penderita dan diperkirakan pula akan ada 350,000 kematian akibat AIDS pada tahun yang sama Selengkapnya »

Stroke atau cerebrovascular accident (CVA) adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian pada otak tiba-tiba menjadi terganggu. Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi biokimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel saraf pada otak. Sehingga jika terjadi kematian jaringan otak, akan dapat menyebabkan hilangnya fungsi yang dapat dikendalikan oleh jaringan itu. Stroke terjadi karenacabangpada pembuluh darah terhambat oleh bekuan darah (emboli) Selengkapnya »

Jamu merupakan warisan turun-temurun yang bersumber pada kekayaan alam. Bukti empirik menunjukkan bahwa jamu dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat, utamanya dalam upaya promotif dan preventif. Selengkapnya »

VIRUS ZIKA merupakan sejenis virus dari keluarga flaviviridae dan genus flavivirus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes. Virus ini pertama kali diisolasi pada 1948 dari monyet di Hutan Zika Uganda. Selengkapnya »

 

Virus Zika

nyamuk aedes aegypti

Nyamuk Aedes aegepty, vektor demam berdarah dengue dan virus zika

VIRUS ZIKA merupakan sejenis virus dari keluarga flaviviridae dan genus flavivirus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes. Virus ini pertama kali diisolasi pada 1948 dari monyet di Hutan Zika Uganda. Selanjutnya, beberapa negara Afrika, Asia (khususnya Asia tenggara), Mikronesia, Amerika Latin, dan Karibia telah melaporkan penemuan virus Zika ini. Virus ini dapat menyebabkan sakit yang ringan kepada manusia yang dikenal sebagai demam Zika atau penyakit Zika. Penyakit Zika sendiri mulai diketahui terjadi di daerah khatulistiwa Afrika dan Asia sejak 1950-an. Kesakitan tersebut adalah satu bentuk penyakit ringan dari demam dengue, dimana ia dirawat melalui istirahat dan tidak bisa dicegah melalui obat-obatan atau vaksin. Penyakit Zika memiliki kaitan dengan demam kuning dan virus Nil Barat yang dibawa oleh flavivirus bawaan artropoda yang lain.

Memilih Jamu Yang Baik dan Benar

jamu gendongJamu merupakan warisan turun-temurun yang bersumber pada kekayaan alam. Bukti empirik menunjukkan bahwa jamu dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan masyarakat, utamanya dalam upaya promotif dan preventif.
Indonesia mempunyai produk jamu yang aman, bermutu dan bermanfaat yang diproduksi oleh industri dan usaha yang telah berizin dan memenuhi persyaratan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang baik (CPOTB). Akan tetapi, masyarakat perlu memahami cara memilih dan menggunakan obat tradisional terutama jamu secara aman agar dapat melindungi diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya dari jamu yang tidak memenuhi syarat mutu, diantaranya produk yang ditambahkan BKO, kadaluarsa, tidak ada izin edar dan lain-lain.
Pelaku UJG (Usaha Jamu Gendong) dan UJR (Usaha Jamu Racikan) sebagai ujung tombak dalam melestarikan budaya minum jamu diharapkan dapat memahami cara memilih jamu bungkusan yang baik dan benar.
Diharapkan masyarakat menjadi lebih cinta jamu, sehingga jamu bisa kembali menjadi bagian dari budaya hidup bangsa Indonesia.

Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue

dbd (1)Pencegahan penyakit demam berdarah mencakup

  •  Terhadap nyamuk perantara yaitu
    – pemberantasan nyamuk Aedes aegypti induk dan telurnya
  •  Terhadap diri kita
    – memperkuat daya tahan tubuh
    – melindungi dari gigitan yamuk
  • Terhadap lingkungan dengan tujuan mengubah perilaku hidup sehat terutama kesehatan lingkungan

Penyuluhan Bagi Masyarakat
Seperti diuraikan di atas bahwa sampai sekarang belum ada obat yang dapat membunuh virus dengue ataupun vaksin demam berdarah, maka upaya untuk pencegahan demam berdarah ditujukan pada pemberantasan nyamuk beserta tempat perindukannya. Oleh karena itu, dasar pencegahan demam berdarah adalah memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat bagaimana cara memberantasan nyamuk dewasa dan sarang nyamuk yang dikenal sebagai pembasmian sarang nyamuk atau PSN. Demi keberhasilan pencegahan demam berdarah, PSN harus dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh lapisan masyarakat, baik di rumah, di sekolah, rumah sakit, dan tempat-tempat umum seperti tempat ibadah, makam, dan lain-lain. Dengan demikian masyarakat harus dapat mengubah perilaku hidup sehat terutama meningkatkan kebersihan lingkungan.

Pertolongan Pertama pada Penderita Demam Berdarah Dengue

pertolongan pertama dbdSeorang yang menderita penyakit demam berdarah pada awalnya akan menderita demam tinggi. Dalam keadaan demam ini tubuh banyak kekurangan cairan oleh karena terjadi penguapan yang lebih banyak daripada biasa. Cairan tubuh makin berkurang bila anak terus menerus muntah atau tidak mau minum. Maka pertolongan pertama yang terpenting adalah memberikan minum sebanyak-banyaknya.

Berikanlah minum kira-kira 2 liter (8 gelas) dalam satu hari atau 3 sendok makan setiap 15 menit. Minuman yang diberikan sesuai selera anak misalnya air putih, air teh manis, sirup, sari buah, susu, oralit, softdrink, dapat juga diberikan nutricious diet yang banyak beredar saat ini. Dengan memberikan minum banyak diharapkan cairan dalam tubuh tetap stabil. Untuk memantau bahwa cairan tidak kurang, perhatikan jumlah kencing anak. Apabila anak banyak buang air kecil, minimal 6 kali dalam satu hari berarti jumlah cairan yang diminum anak mencukupi.

Skip to toolbar