Menilik kembali ke belakang pada era 50-an, penyakit malaria merupakan penyakit rakyat yang terbanyak penderitanya dan berjangkit di seluruh Indonesia. Ratusan ribu jiwa mati akibat malaria yang sebenarnya, melalui penyelidikan dan pengalaman penyakit malaria di Indonesia dapat dieliminasi. Selengkapnya »

Kebijakan publik yang berwawasan kesehatan. Sebuah kabar baik bagi kita jika undang-undang atau peraturan di tingkat nasional telah berpihak pada kesehatan masyarakat. PP No.109 Tahun 2012 tentang ‘Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan’ menjadi salah satu kebijakan publik yang akan membawa dampak bagi perilaku Selengkapnya »

Hidup Sehat dimulai sejak dalam kandungan sampai lansia. Hidup Sehat itu sangat bermanfaat bagi seluruh anggota keluarga, masyarakat, bahkan juga lingkungan tempat kita hidup. Hidup Sehat itu mudah dilakukan, menguntungkan, dan menjamin masa tua tetap aktif dan menyenangkan, karena tidak sakit-sakitan. Selengkapnya »

Prosedur Tetap Surat Terdaftar Pengobat Tradisional (STPT) Dasar Hukum Kepmenkes RI No. 1076 / Menkes / SK / VII/ 2003, tentang penyelenggaraan Pengobatan Tradisional. Persyaratan yang harus dipenuhi Selengkapnya »

Pada tanggal 24 Oktober 2014, di Puskesmas Babat, Lamongan telah dilaksanakan sertifikasi ISO 9001:2008. Dan setelah melalui proses audit yang sangat ketat, Puskesmas Babat dinyatakan layak meraih sertifikat ISO 9001:2008. Selengkapnya »

Dalam kehidupan sehari-hari , manusia membutuhkan makanan untuk tumbuh dan bertahan hidup. Masalah gizi , baik yang kekurangan atau kelebihan gizi, dapat diminimalisir dengan pola makan dan pemenuhan gizi seimbang. Menu seimbang dapat diartikan sebagai menu yang terdiri dari beragam makanan dalam jumlah dan proporsi yang sesuai sehingga memenuhi kebutuhan seseorang. Gizi yang seimbang juga berguna dalam pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh dan proses kehidupan serta pertumbuhan dan perkembangan. Pemenuhan gizi seimbang dengan pola 4 sehat lima sempurna kini dikembangkan dalam Pedoman Umum Gizi Seimbang. Selengkapnya »

Pada tanggal 21 dan 22 Oktober 2014, bertempat di Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan, telah diadakan pelatihan e-Health (Sikda Generik) . Adapun pesertanya antara lain petugas Loket dan Balai Pengobatan yang sehari-hari bertugas menjalankan aplikasi ini. Selengkapnya »

 

Pelatihan e-health di Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan

SSeiring dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, diharapkam dapat memberikan manfaat bagi setiap organisasi dalam ewujudkan tujuannya dalam era teknologi internet. Karena dengan penerapan teknologi informasi secara tepat mampu meningkatkan kinerja, efektifitas dan efisiensi bagi setiap instansi dan organisasi yang mengimplementasikannya. Khususnya pada bidang kesehatan, dalam hal ini puskesmas sudah sewajarnya memanfaatkan teknologi informasi dalam menjalankan tugas sehari-harinya. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan 

publik.

Kegiatan Sosialisasi Lamongan Sehat Bergizi Seimbang

3Dalam kehidupan sehari-hari , manusia membutuhkan makanan untuk tumbuh dan bertahan hidup. Masalah gizi , baik yang kekurangan atau kelebihan gizi, dapat diminimalisir dengan pola makan dan pemenuhan gizi seimbang. Menu seimbang dapat diartikan sebagai menu yang terdiri dari beragam makanan dalam jumlah dan proporsi yang sesuai sehingga memenuhi kebutuhan seseorang. Gizi yang seimbang juga berguna dalam pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh dan proses kehidupan serta pertumbuhan dan perkembangan. Pemenuhan gizi seimbang dengan pola 4 sehat lima sempurna kini dikembangkan dalam Pedoman Umum Gizi Seimbang.

Puskesmas Babat Meraih Sertifikat ISO 9001:2008

SISO 9001:2008 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen Mutu/kualitas. ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan – persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu.
ISO 9001:2008 bukan merupakan standar produk, karena tidak menyatakan persyaratan – persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah produk (barang atau jasa). ISO 9001:2008 hanya merupakan standar sistem manajemen kualitas. Namun, bagaimanapun juga diharapkan bahwa produk yang dihasilkan dari suatu sistem manajemen kualitas internasional, akan berkualitas baik (standar).

Prosedur Tetap Surat Terdaftar dan Surat Ijin Pengobat Tradisional

 

battraProsedur Tetap Surat Terdaftar Pengobat Tradisional (STPT)

  1. Dasar Hukum

Kepmenkes RI No. 1076 / Menkes / SK / VII/ 2003, tentang penyelenggaraan Pengobatan Tradisional.

  1. Persyaratan yang harus dipenuhi pemohon.
  1. Pemohon Baru
  1. Pengobat Tradisional ( Battra ) mengajukan permohonan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan melalui bagian Pessat ( Pelayanan Satu  Atap ) dengan dilengkapi persyaratan :