VIRUS ZIKA merupakan sejenis virus dari keluarga flaviviridae dan genus flavivirus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes. Virus ini pertama kali diisolasi pada 1948 dari monyet di Hutan Zika Uganda. Selengkapnya »

Polio merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistem saraf sehingga penderita menderita kelumpuhan. Penyakit yang pada umumnya menyerang anak umur 0-3 tahun ini ditandai dengan munculnya demam, lelah, sakit kepala, mual, kaku di leher dan sakit di tungkai dan lengan. Penyakit polio disebabkan oleh virus yang umumnya masuk melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi dengan tinja dan virus polio Selengkapnya »

Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Pada usia berapa pun, semua wanita bisa menderita kanker serviks. Tapi penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual antara usia 30-45 tahun. Kanker serviks sangat jarang terjadi pada wanita berusia di bawah 25 tahun. Selengkapnya »

Dirumah kita hampir pasti tersedia kotak obat yang berisi persediaan obat-obatan untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan ringan, sakit panas, batuk, pilek, sakit kepala, dan keadaan darurat lainnya. Tentunya kita memeriksa persediaan obat tersebut secara berkala, adakah yang habis, adakah yang masih bisa digunakan, adakah yang kemasannya rusak, dan tentunya yang terutama adalah memastikan apakah obat tersebut sudah habis masa kadaluarsanya atau belum. Selengkapnya »

Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang berlangsung di Kecamatan Kembangbahu, Selasa (8/3/2016) berlangsung meriah. Ibu-ibu dan bayinya tampak bersemangat dan hadir sejak pagi hari memadati tenda-tenda di halaman kantor kecamatan yang telah disulap menjadi posko PIN. Bupati beserta jajaran Muspida hadir pula dalam acara tersebut. Selengkapnya »

 

Jangan Abaikan Gejala Asam Urat Ini

2240543ThinkstockPhotos-527780125780x390

Asam urat kini bukan lagi milik orang-orang lanjut usia. Di usia muda pun, asam urat bisa menyerang siapa saja yang menganut gaya hidup kurang sehat, terutama pola makan yang tak seimbang.

Walau asam urat lebih banyak menyerang pria, wanita juga memiliki kesempatan yang sama, terlebih setelah menopause. Orang dengan obesitas, hipertensi, diabetes, serta penyakit ginjal, dinilai lebih rentan terkena asam urat.

Pentingnya Citra Diri Positif pada Anak Pra-remaja

2212402ThinkstockPhotos-467348377780x390

Memasuki usia remaja, seorang anak akan mengalami banyak perubahan pada tubuhnya akibat masa pubertas. Di usia ini, penampilan fisik seperti berat badan atau penampilan kulit, menjadi hal yang dianggap penting untuk diterima dalam pergaulan. Orangtua perlu membekali anak-anaknya agar mereka memiliki body image positif.

Anak yang memiliki citra diri atau body image positif biasanya memiliki rasa percaya diri yang baik, lebih berprestasi, dan mampu menghargai kelebihan dirinya yang tak terkait dengan penampilan luar.

Inilah Tiga Ibu Sigap Berantas DBD

2303765

Peran masyarakat dalam mengatasi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sangat penting di lingkungan rumah.

Ini adalah kunci, untuk keberhasilan pemberantasan DBD. Salah satunya melalui peran ibu – ibu PKK. Dari sekitar 227 orang ibu yang mengikuti kompetisi ibu sigap DBD yang diadakan di tiga kota besar di Indonesia, Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya, terpililah tiga ibu yang sangat banyak memberikan edukasi kepada para ibu – ibu PKK lainnya tentang seluk beluk DBD.

Ketiga ibu tersebut yaitu, Titik Linarti yang berasal dari Surabaya, Agustina Sri Waningsih yang berasal dari Yogyakarta, dan Endang Suryani yang berasal dari Jakarta.

“Mereka diberikan sekitar 2 minggu untuk menyebarluaskan pengetahuan mereka tentang DBD. Hasilnya, sangat memuaskan karena yang diharapkan tidak hanya para ibu – ibu PKK yang dapat mengetahui tentang DBD, tapi dapat juga menyebarluaskan kepada tetangga, keluarga, dan orang lain,” kata Ferawati Lie selaku Medical Advisor salah satu pelaku dunia usaha di Jakarta, baru – baru ini.

Dengan mengangkat tema “Bersama Melawan Demam Berdarah” dalam program yang bertajuk Train the Trainers, terdapat sekitar 5.000 ibu – ibu yang berhasil teredukasi melalui kompetisi ibu sigap DBD di tiga kota tersebut. Mereka patut dijuluki sebagai “dengue warrior” dalam gerakan “Bersama Melawan Dewam Berdarah”.

Tidak mudah menyebarkan informasi tentang kesehatan terkait penyakit DBD. Bahkan, tantangan dari teman sendiri, kerap dirasakan para ibu sigap DBD tersebut.

“Tantangannya, ya namanya memberikan penyuluhan dan pengetahuan, terkadang banyak ibu – ibu yang asik dan ngobrol dengan teman yang lain di pojokkan. Setelah saya memberikan informasi tentang DBD, malah teman saya yang tadi ngobrol minta diulangi lagi informasinya,” kata Agustina Sri Waningsih, pemenang ibu sigap DBD yang berasal dari Yogyakarta.

Kerja keras dari para ibu – ibu PKK tersebut berbuah hasil. Untuk daerah Yogyakarta, Surabaya, dan Jakarta, yang menjadi kota sasaran penyuluhan DBD, menghasilkan penurunan penyakit DBD yang sangat signifikan.

“Setelah adanya penyuluhan edukasi DBD, di lingkungan rumah saya daerah Kapuk, Cengkareng, sudah mulai menurun penderita DBD. Jadi, pengetahuan ini sangat penting dan berpengaruh untuk masyarakat,” ungkap Endang Suryani salah satu pemenang ibu sigap yang berasal dari Jakarta.

– See more at: http://gayahidup.inilah.com/…/inilah-tiga-ibu-sigap-beranta…

Studi: Tekanan Darah yang Berubah-ubah Juga Bisa Ganggu Fungsi Otak

50ac3aa2-c374-401d-8c80-2d6a8efce1b9_169

Bukan rahasia lagi jika tekanan darah yang terlalu tinggi atau rendah dapat berujung pada berbagai risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit lainnya. Tapi, ada pula kriteria tekanan darah yang juga berpengaruh buruk bagi tubuh.

Baru-baru ini studi dari Rustger Cancer Institute di Amerika Serikat menemukan tekanan darah yang cenderung berubah-ubah juga tidak baik bagi tubuh. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal American Heart Association ini menemukan bahwa ada kaitan antara orang dengan tekanan darah yang berubah-ubah dengan penurunan fungsi kognitif dan kemampuan memori verbal.

Skip to toolbar