Lingkungan bersih merupakan dambaan semua orang. Namun tidak mudah untuk menciptakan lingkungan kita bisa terlihat bersih dan rapi sehingga nyaman untuk dilihat. Tidak jarang karena kesibukan dan berbagai alasan lain, kita kurang memperhatikan masalah kebersihan lingkungan di sekitar kita, terutama lingkungan rumah. Selengkapnya »

Vitamin adalah senyawa organik yang diperlukan oleh tubuh kita untuk mengatur metabolime tubuh agar tetap sehat dan membantu proses pertumbuhan. Tubuh kita tidak dapat memproduksi Vitamin sendiri, oleh karena itu kita perlu mendapatkan Vitamin dari berbagai makanan dan Supplemen agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga. Pada dasarnya tubuh kita hanya memerlukan Vitamin dalam jumlah atau kadar yang sedikit, tetapi jika jumlah atau kadar yang diperlukan tersebut tidak mencukupi maka metabolisme tubuh akan terganggu sehingga menimbulkan penyakit. Gangguan kesehatan atau Penyakit yang timbul akibat kekurangan Vitamin disebut dengan istilah Avitaminosis. Selengkapnya »

Influenza, yang lebih dikenal dengan sebutan flu, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA darifamilia Orthomyxoviridae (virus influenza), yang menyerang unggas dan mamalia. Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah menggigil, demam, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala berat, batuk, kelemahan, dan rasa tidak nyaman secara umum. Selengkapnya »

Kelahiran buah hati tentunya menjadi momen berbahagia bagi setiap pasangan. Saat bayi baru terlahir di dunia, maka perlu perawatan khusus agar bisa berkembang dengan baik. Mungkin bagi Anda pasangan yang baru memiliki anak, pemahaman untuk perawatan bayi masih minim. Supaya Anda bisa merawat bayi lebih baik, beberapa tips cara merawat bayi baru lahir yang baik dan benar, berikut ini bisa Anda terapkan. Selengkapnya »

Mungkin anda merasa takut ketika berada di tempat yang tinggi? Atau rasa takut terhadap badut? Atau tempat yang penuh sesak dengan manusia? Beberapa di antara Anda pasti ada yang mengalami ketakutan yang berlebihan yang disebut dengan fobia. Istilah fobia dapat diartikan sebagai rasa takut yang berlebihan dan tidak wajar terhadap suatu benda, situasi, atau kejadian tertentu, yang ditandai dengan keinginan untuk selalu menghindari sesuatu yang ditakuti itu. Perbedaan fobia dengan rasa takut biasa adalah sesuatu yang ditakuti oleh penderita fobia biasanya bukanlah obyek yang menakutkan bagi sebagian besar orang normal. Sehingga bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap fobia sulit dimengerti. Selengkapnya »

Seperti di tahun tahun sebelumnya, tahun 2015 Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan melaksanakan Penilaian Kinerja Puskesmas. Kegiatan ini merupakan upaya untuk melakukan penilaian hasil kerja/ prestasi Puskesmas. Selengkapnya »

Mungkin sepuluh tahun lalu, tidak ada yang akan mengira bahwa internet akan sangat mudah diakses oleh siapa saja, termasuk anak anak. Namun sekarang, berkat koneksi yang murah dan jaringan yang sudah menyebar kemana mana, internet sudah menjadi bagian integral dari keluarga, dan anak anak, adalah pemakai yang paling setia, entah itu untuk bermain game, chatting, browsing, ataupun mengakses media sosial (facebook, twitter, instagram, dll). Selengkapnya »

 

Cyberbullying : Amankah Buah Hati Anda?

SONY DSC

Anak anak dan Internet

Mungkin sepuluh tahun lalu, tidak ada yang akan mengira bahwa internet akan sangat mudah diakses oleh siapa saja, termasuk anak anak. Namun sekarang, berkat koneksi yang murah dan jaringan yang sudah menyebar kemana mana, internet sudah menjadi bagian integral dari keluarga, dan anak anak, adalah pemakai yang paling setia, entah itu untuk bermain game, chatting, browsing, ataupun mengakses media sosial (facebook, twitter, instagram, dll).

Manfaatnya memang banyak, mulai dari mempermudah pencarian data untuk tugas sekolah, bersosialisasi dengan teman, hingga untuk hiburan, tapi sisi negatifnya juga tidak kalah menyeramkan, salah satunya adalah cyberbullying.

Penilaian Kinerja Puskesmas 2015

DSCI4894_resultSeperti di tahun tahun sebelumnya, tahun 2015 Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan melaksanakan Penilaian Kinerja Puskesmas. Kegiatan ini merupakan upaya untuk melakukan penilaian hasil kerja/ prestasi Puskesmas.

Pelaksanaan penilaian dimulai dari tingkat Puskesmas sebagai instrumen mawas diri karena setiap Puskesmas melakukan penilaian kinerjanya secara mandiri, kemudian Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota melakukan verifikasi hasilnya. Adapun aspek penilaian meliputi hasil pencapaian cakupan dan manajemen kegiatan termasuk mutu pelayanan ( khusus bagi Puskesmas yang telah mengembangkan mutu pelayanan ) atas perhitungan seluruh Puskesmas. Berdasarkan hasil verifikasi, dinas kesehatan kabupaten / kota bersama Puskesmas dapat menetapkan Puskesmas kedalam kelompok (I,II,III) sesuai dengan pencapaian kinerjanya.Pada setiap kelompok tersebut, dinas kesehatan kabupaten/kota dapat melakukan analisa tingkat kinerja Puskesmas berdasarkan rincian nilainya, sehingga urutan pencapian kinerjanya dapat diketahui, serta dapat dilakukan pembinaan secara lebih mendalam dan terfokus.

Fobia, Jenis dan Cara Mengatasinya

social_phobiaBMungkin anda merasa takut ketika berada di tempat yang tinggi? Atau rasa takut terhadap badut? Atau tempat yang penuh sesak dengan manusia? Beberapa di antara Anda pasti ada yang mengalami ketakutan yang berlebihan yang disebut dengan fobia. Istilah fobia dapat diartikan sebagai rasa takut yang berlebihan dan tidak wajar terhadap suatu benda, situasi, atau kejadian tertentu, yang ditandai dengan keinginan untuk selalu menghindari sesuatu yang ditakuti itu. Perbedaan fobia dengan rasa takut biasa adalah sesuatu yang ditakuti oleh penderita fobia biasanya bukanlah obyek yang menakutkan bagi sebagian besar orang normal. Sehingga bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap fobia sulit dimengerti.

Tips Cara Perawatan Bayi yang Baru Lahir

bayi tertawaKelahiran buah hati tentunya menjadi momen berbahagia bagi setiap pasangan. Saat bayi baru terlahir di dunia, maka perlu perawatan khusus agar bisa berkembang dengan baik. Mungkin bagi Anda pasangan yang baru memiliki anak, pemahaman untuk perawatan bayi masih minim. Supaya Anda bisa merawat bayi lebih baik, beberapa tips cara merawat bayi baru lahir yang baik dan benar, berikut ini bisa Anda terapkan.