Prosedur Operasional Standar (SOP) Pengajuan Permohonan Bantuan Sosial

 

Standart Operasional Prosedur yang selanjutnya dikenal dengan istilah SOP adalah penetapan tertulis mengenai apa yang harus dilakukan, kapan, dimana dan oleh siapa. SOP dimaksudkan untuk menghindari terjadinya bias/variasi yang ekstrim dalam proses pelaksanaan kegiatan yang apabila terjadi akan dapat mengganggu kinerja organisasi secara keseluruhan. Jadi dapat dikatakan bahwa SOP adalah perangkat atau instrumen sebagai penggerak organisasi / lembaga agar dapat berjalan dan berfungsi secara efektif dan efisien.

Dalam Organisasi Pemerintah, SOP biasanya diperlukan untuk pedoman penyelenggaraan kinerja pelayanan kepada publik/masyarakat. Pelayanan Publik dalam suatu organisasi dapat dilaksanakan secara optimal, apabila ketentuan administrasi terencana dengan baik yang didukung dengan pelaksanaan kegiatan sesuai ketentuan serta adanya kemampuan pelaksana-pelaksana kegiatan yang memadahi, sehingga dapat menarik simpati masyarakat sekaligus mendapat kepercayaan masyarakat tidak lain karena adanya motivasi dan partisipasi masyarakat pada kegiatan tersebut.

Saat ini Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Kabupaten Lamongan memandang bahwa SOP dapat memberikan kepastian gerak langkah/tindakan dan transparansi bagi stekholder, disamping itu internal organisasi SOP akan lebih memperjelas persyaratan dan target pekerjaan dalam format yang siap diimplementasikan pada pekerjaan, serta memberikan informasi dengan detail apa yang diharapkan oleh organisasi dalam upaya mewujudkan visi dan misi yang harus dilakukan oleh pegawai dalam menghadapi situasi kondisi yang dihadapi.

untuk selengkapnya bisa diklik di link SOP Bagian Kesmasy ini,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

20 − 18 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>